5 Tahapan Skincare yang Simpel Namun Wajib untuk Remaja, Anti Ribet!

Yuk, rawat wajah dengan baik dan benar sejak usia muda

2 Desember 2021

5 Tahapan Skincare Simpel Namun Wajib Remaja, Anti Ribet
Freepik/benzoix

Dalam rangkaian merawat diri, memerhatikan perawatan wajah adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang. Meski merawat wajah bukan hal yang harus untuk anak usia remaja lakukan, namun tak ada salahnya melakukannya sejak dini, kan?

Saat ini, ada banyak produk perawatan wajah yang sudah dikhususkan untuk anak usia remaja. Sehingga diharapkan, anak remaja pun bisa memulai perawatan diri sejak dini.

Sebagai informasi, wajah yang dirawat dengan tepat dan rutin nantinya akan menghasilkan wajah yang glowing serta lembab meskipun sedang tidak menggunakan make up.

Meski memberikan hasil yang bikin kulit menawan, namun banyak anak remaja yang masih berpikiran bahwa tahapan skincare terlalu merepotkan dan membuang waktu.

Tenang! Untuk anak remaja mama yang ingin memulai perawatan wajah namun tak mau ribet, berikutPopmama.com rangkum lima tahapan yang wajib dan mudah diikuti.

1. Cleansing oil

1. Cleansing oil
Freepik

Anak remaja umumnya memiliki waktu lebih banyak di luar rumah. Hal ini membuat wajah anak sering kali terpapar debu dan kotoran yang ada di luar ruangan. Untuk itu, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah membersihkan wajah dengan cleansing oil

Fungsi dari cleansing oil sendiri adalah sebagai pembersih wajah dari residu, debu dan keringat yang hinggap di wajah seharian. Jika anak membiarkan wajah dalam keadaan kotor, ini yang menjadi penyebab berbagai masalah kulit muncul. Seperti komedo, jerawat dan kulit jadi kusam.

Jika masih sulit menemukan produk satu ini, cobalah untuk membersihkan menggunakan pembersih wajah seperti micellar water atau facial lotion yang mampu mengangkat kotoran pada wajah. 

Editors' Picks

2. Face wash

2. Face wash
Pexels/Ron Lach

Setelah membersihkan wajah menggunakan cleansing oil, selanjutnya adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dengan face wash. Mengapa harus dua kali membersihkan? Sebab penggunaan sabun wajah ini bisa membantu membersihkan sisa kotoran yang masih menempel di wajah.

Nggak hanya membersihkan wajah dari kotoran yang menempel, mencuci wajah secara rutin dengan sabun juga akan membuat wajah menjadi lebih segar dan lembab. Gunakan minimal dua kali sehari di pagi dan malam hari. Pastikan juga menggunakan produk sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit ya!

3. Moisturizer

3. Moisturizer
Pexels/Linda Prebreza

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, penting memastikan kelembaban kulit sejak remaja. Salah satunya adalah dengan tidak mengabaikan penggunaan moisturizer

Tahapan satu ini akan membantu mencegah kulit anak menjadi kering setelah mencuci wajah. Pengaplikasian moisturizer secara tepat akan akan memberikan nutrisi yang menjaga kulit agar tetap lembab. 

4. Sunscreen

4. Sunscreen
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Selain moisturizer, sunscreen menjadi tahapan perawatan wajah yang wajib digunakan oleh setiap orang, termasuk anak usia remaja. Tujuannya adalah untuk mencegah bahaya sinar ultraviolet yang ada pada matahari.

Setelah penggunaan moisturizer, pastikan untuk mengakhirinya dengan sunscreen setiap sebelum beraktivitas. Bahkan saat cuaca mendung dan di dalam ruangan sekalipun, penggunaan sunscreen juga tetap perlu dilakukan untuk menjaga kulit wajah.

5. Lipbalm

5. Lipbalm
Pexels/Burst

Lipbalm masuk dalam tahapan skincare yang tak kalah wajib dilakukan. Nggak hanya wajah, bibir pun butuh perawatan agar tetap cerah dan lembab. Terlebih bagi anak remaja mama yang memiliki bibir super kering, jangan sampai melewatkan tahap satu ini ya!

Cobalah menggunakan produk lipbalm yang mengandung shea butter dan bebas mineral oil untuk membantu menjaga kelembaban pada bibir. Ketika bibir terawat dengan baik, maka rasa percaya diri pun semakin meningkat.

Itulah kelima tahapan skincare yang wajib dan anti ribet untuk remaja. Semoga bermanfaat dan bisa anak ikuti sebagai langkah awal merawat kulitnya sejak usia dini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.