Tips Membuat Konten Edukasi Menarik a la Top Kreator TikTok

Agar remaja lebih produktif, yuk ajak buat kontne edukasi menarik

22 Oktober 2021

Tips Membuat Konten Edukasi Menarik a la Top Kreator TikTok
Freepik

TikTok sampai saat ini masih menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai belah dunia. Tak terkecuali para remaja Indonesia.

Selain membuat konten menghibur, konten edukasi atau berbasis skill menjadi salah satu konten yang dengan pertumbuhan paling cepat di platform TikTok itu sendiri.

Hal ini lantaran konten edukasi yang dibuat oleh para konten kreator ini dapat memberikan inspirasi dan informasi bermanfaat, serta mendorong pengguna lainnya untuk berkarya secara positif di TikTok.

Tak seperti konten menghibur, membuat konten edukasi bagi remaja mungkin terdengar sulit, namun sejumlah kreator membagikan tips dan inspirasi agar bisa konsisten menghasilkan konten yang informatif dan edukatif, sehingga bisa memberikan manfaat bagi pengguna dan masyarakat umum.

Kira-kira tips apa saja yang bisa anak remaja mama coba? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips yang dikumpulkan dari para top kreator TikTok di bidang edukasi:

Editors' Picks

1. Tentukan ciri khas konten sesuai dengan passion dan skill

1. Tentukan ciri khas konten sesuai passion skill
Freepik/drobotdean

Sebelum para remaja dapat memengerahui dunia dengan konten edukasi yang mereka berikan, tips pertama yang bisa dilakukan menurut para kreator adalah untuk mengasah passion dan skill yang dimiliki.

Dengan mengasah kemampuan dan kegemaran yang anak miliki, maka konten yang mereka hasilkan nantinya pun menjadi lebih akurat dan bermanfaat bagi banyak orang yang menyaksikan.

Seperti kata Erika Richardo, salah seorang kreator TikTok yang konsisten mengunggah konten dengan hobinya yakni melukis. Menurutnya, "Menghasilkan konten sesuai skill juga akan membantu kita untuk tidak kehabisan ide, karena masih seputar apa yang kita sukai atau yang kita jalani sehari-hari."

2. Konsistensi untuk terus meningkatkan kualitas konten

2. Konsistensi terus meningkatkan kualitas konten
Pexels/cottonbro

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, konsistensi menjadi hal penting yang harus dilakukan para pembuat konten untuk meningkatkan kualitas konten yang dibuatnya.

Jangan sampai banyak views dan likes justru membuat anak remaja mama nantinya terlena untuk fokus kepada dua hal tersebut. Tetapi, perhatikan konsistennya dulu yuk!

Hal ini juga yang disampaikan oleh Urrofi, salah seorang kreator foto dan videografi yang berhasil membangun bisnis Urro Films sejak aktif di TikTok.

Ia membagikan tips berupa, "Sebaiknya kita tidak overthinking terhadap konten yang ingin kita unggah. Semakin konsisten kita mengunggah konten, jam terbang untuk membuat konten pun semakin tinggi, dan kita bisa melihat kualitas mana yang perlu ditingkatkan."

3. Mulai dulu dan mencoba berbagai jenis gaya

3. Mulai dulu mencoba berbagai jenis gaya
Pexels/cottonbro

Saat anak remaja ingin menjadi seorang kreator ternama yang banyak menghibur dan memberikan inspirasi, terkadang niat tersebut akan dihalangi oleh rasa takut dan tidak percaya diri mereka.

Hal ini wajar terjadi, terlebih bagi mereka anak usia remaja yang baru akan memulai berkarya dengan membuat konten. Namun, sebaiknya rasa takut itu harus dikalahkan ya!

Seperti kata Vina Muliana, pegawai di sebuah BUMN yang juga aktif sebagai kreator motivasi karir di TikTok menyampaikan, yang terpenting kita bisa memulai dulu dengan menghasilkan konten yang ringan.

Selain Vina, dr Farhan Zubedi, kreator TikTok yang juga seorang dokter, serta Pak Win yang terkenal dengan konten seputar bisnis di akun Asahpolapikir pun menyarankan hal yang sama dan mencoba berbagai gaya dalam membuat konten, sampai akhirnya menemukan gaya yang bisa menjadi ciri khas untuk jangka panjang.

Jadi, jangan takut untuk mulai mencoba dan temukan berbagai jenis gaya yang anak suka dan kuasai ya! Setelah itu, barulah anak remaja mama akan lebih mudah mengasah skill mereka untuk tetap konsisten dalam berkarya.

Itulah tips dari para kreator yang dapat digunakan remaja dalam membuat konten edukasi menarik di TikTok.

Bagi remaja mama yang baru mulai aktif atau ingin konsisten membuat konten edukasi, saat ini sedang berlangsung kompetisi #SamaSamaBerkarya dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Kompetisi ini dimulai dari tanggal 18 hingga 28 Oktober 2021 dengan hadiah yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari hadiah uang tunai, menjadi top kreator edukasi, dan juga akun yang terverifikasi.

Adapun kompetisi ini mengajak kreator dan pengguna TikTok untuk membagikan video edukatif dengan beberapa pilihan topik, yakni perangkat lunak (software), sains, fotografi, kerajinan, karya seni, keuangan dan bisnis, life hacks, kesehatan, materi pembelajaran sekolah, teknologi, informasi menarik berbasis fakta, personal development, motivasi dan saran.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.