Top Grup Kpop Generasi ke-4 yang Disukai Remaja, Ada Idol Indonesia!

Berbakat di usia muda, ini deretan idol Kpop gen ke-4 yang jadi idola para remaja

20 Oktober 2021

Top Grup Kpop Generasi ke-4 Disukai Remaja, Ada Idol Indonesia
Twitter.com/Stray_Kids/5ecretNumber

Bagi remaja yang mengikuti perkembangan musik pop asal Korea Selatan atau Kpop, tentu sudah tak asing dengan pembagian generasi dalam dunia Kpop.

Mulai dari generasi terdahulu, hingga kini masuk ke dalam idol generasi ke-4, semuanya sudah banyak memberikan inspirasi bagi banyak orang, tak terkecuali para remaja.

Adapun idol Kpop yang masuk dalam generasi ke-4 ini adalah mereka yang debut pada tahun 2018 hingga 2020. Sebut saja Stray Kids, aespa, Itzy, sampai Secret Number yang memiliki anggota keturunan asal Indonesia.

Bagi anak remaja mama yang mengikuti para idol0idol berikut ini, tentu sudah tak asing dengan julukan '4th gen idol'. Kira-kira ada siapa saja ya? Yuk, kita kenalan dengan grup Kpop gen-4 yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Stray Kids

1. Stray Kids
Twitter.com/Stray_Kids

Nama grup Stray Kids bukan nama yang asing bagi para penggemar Kpop. Boygroup jebolan JYP Entertainment ini melakukan debutnya pada tahun 2018 dan disebut sebagai salah satu grup pembuka generasi ke-4.

Nama Stray Kids bahkan diketahui sudah cukup terkenal dikalangan penggemar jauh sebelum mereka memulai debutnya. Hal ini karena single pre debut bertajuk Hellevator berhasil mencuri perhatian penggemar dan sangat dinanti debutnya pada tahun 2018 silam.

Berkat penampilan memukau dan bakat yang diperlihatkan oleh semua anggota, nggak heran deh jika Chan CS ini mendapat beberapa best rookie di tahun 2018.

2. Itzy

2. Itzy
Twitter.com/ITZYofficial

Masih dari grup naungan JYP, selanjutnya mereka juga mengeluarkan girlgroup yang debut setahun setelah Stray Kids. Adapun girlgroup baru dari JYP adalah Itzy.

Idol generasi ke-4 ini bahkan disebut berhasil menjadi idola para penggemar, termasuk remaja di berbagai belah dunia karena selalu memuncaki tangga lagu setiap kali comeback mereka.

Itzy debut dengan album bertajuk It'z Different dan mega hits mereka yang berjudul Dalla Dalla. Lewat vokal, penampilan tari yang enerjik, serta visual yang begitu menawan, musik video dari lagu debut mereka berhasil memecahkan rekor dengan penonton terbanyak dalam 24 jam pertama, yakni lebih dari 17 juta penayangan.

Setelah 8 hari dari tanggal debutnya, Itzy yang tampil dalam musik show M Countdown untuk pertama kalinya berhasil membawa pulang piala pertama mereka. Nggak heran jika mereka jadi idola para remaja ya!

3. IZ*ONE

3. IZ*ONE
Twitter.com/official_izone

Selanjutnya ada grup jebolan survival Produce 48 yakni IZ*ONE. Meski hanya menapatkan masa promosi yang singkat, namun grup yang masuk dalam generasi ke-4 Kpop ini berhasil menyandang gelar sebagai grup perempuan dengan penjualan album terbanyak.

Menjadi grup Korea-Jepang pertama dengan berisikan 12 anggota yang menawan, IZ*ONE debut pada 29 Oktober 2018 dengan album bertajuk Color*Iz. Album tersebut berhasil menduduki penjualan tertinggi untuk kategori grup perempuan.

Bahkan, lagu utama mereka yang bertajuk La Vie en Rose juga berhasil memuncaki tangga lagu Korea Selatan, dan iTunes di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia.

Memiliki rentang masa promosi yang singkat yakni sejak Oktober 2018 sampai dengan Juli 2020, IZ*ONE sudah berhasil merilis enam album yang terdiri dari tiga album Korea dan tiga album Jepang. Kini, para anggotanya pun sudah sukses dengan karir masing-masing sebagai grup maupun soloist.

4. ATEEZ

4. ATEEZ
Twitter.com/ATEEZofficial

Sempat dipandang sebelah mata karena debut dari agensi kecil, namun kesuksesan yang diperlihatkan grup ATEEZ berhasil membuat nama mereka dikenal oleh para penggemar di berbagai belah dunia, termasuk Indonesia.

Grup yang dipimpin oleh Hongjoong CS ini membuktikan bahwa agensi kecil bukan masalah untuk mereka meraih kesuksesan dan bersinar bersama deretan idol lainnya. Grup naungan KQ Entertainment ini berhasil memperlihatkan kerja sama tim yang apik dan menghadirkan penampilan panggung yang begitu memukau.

Debut pada 24 Oktober 2018 silam, ATEEZ berhasil memenangkan penghargaan 2019 MTV Europe Music Award untuk kategori Best Korean Act. Mereka pun sudah banyak melakukan tour keliling dunia untuk menjumpai para penggemar mereka.

Editors' Picks

5. (G)I-DLE

5. (G)I-DLE
Youtube.com/(G)I-DLE Official YouTube Channel

Girlgroup naungan Cube Entertainment, (G)I-DLE masuk ke dalam jejeran idol generasi ke-4 yang namanya berhasil memukau para penggemar remaja. 

Hal ini berkat lagu dan penampilan mereka yang begitu ciri khas dan nyentrik. Bahkan, lagu debut mereka yang bertajuk Latata berhasil masuk top 100 tangga lagu. Lagu ini juga menjadi karya dari sang leader yakni Soyeon.

Selain sebagai idol, mereka pun banyak memproduseri lagu-lagu mereka. Nggak heran jika kemampuan membuat lagu yang mumpuni ini membuat namanya berhasil menjadi idola yang menginspirasi banyak orang.

Setiap kali comeback yang mereka keluarkan, para penggemar selalu dibuat kagum lantaran konsep yang berani tampil beda dan stage presence yang tak main-main. Selalu bikin kagum, nggak heran jika namanya berhasil mencuri perhatian para remaja.

6. Tomorrow X Tomorrow (TXT)

6. Tomorrow X Tomorrow (TXT)
Twitter.com/TXT_bighit

Bersanding dengan grup Itzy, TXT rupanya berhasil memperoleh gelar Rookie Grand Slam 2019 sejak awal debutnya. Idol yang dikenal sebagai adik dari grup Kpop ternama, BTS ini berhasil membuktikan kemampuan mereka yang begitu memukau.

Debut pada 4 Maret 2019 lalu, grup dibawah naungan Big Hit Entertaiment ini berhasil menarik perhatian banyak penggemar dengan talenta dan karya-karya yang mereka tampilkan.

Bahkan, nama TXT pernah dijuluki sebagai Global Super Rookie karena album debut mereka berhasil menduduki posisi puncak Gaon Album Chart dan Billboard World Album, serta menduduk posisi ke-140 di Billboard 200 AS.

Sama seperti Itzy, TXT pun tak mau kalah turut memenangkan acara muski show pertamanya tepat 8 hari setelah tanggal debut mereka. Nggak heran jika mereka juga masuk dalam rookie terbaik yang banyak digemari.

7. AB6IX

7. AB6IX
Twitter.com/AB6IX

Debut pada 22 Mei 2019 silam, AB6IX berhasil memenangkan kategori Next Generation Award dalam ajang Golden Disc Award. Grup naungan Brand New Music ini sudah terkenal sejak sebelum mereka debut.

Hal ini karena keempat anggota AB6IX merupakan jebolan dari ajang survival Produce 101 season 2. Sebelum debut bersama AB6IX, dua anggota mereka yakni Daehwi dan Woojin telah lebih dulu debut bersama Wanna One, yang sempat dijuluki sebagai rookie monster pada tahun 2017 silam.

Sementara dua anggota lainya yakni Donghyun dan Youngmin juga sempat debut dalam sub unit MXM. Barulah di tahun 2019, Brand New Music memperkenalkan anggota kelima mereka yakni Woong yang akhirnya debut dalam grup AB6IX bersama Daehwi, Woojin, Donghyun, dan Youngmin.

AB6IX debut dengan album bertajuk B:Complete, dan berhasil masuk beberapa nominasi dan memenangkan beberapa penghargaan dalam berbagai kategori. Namun kini, AB6IX hanya menyisakan empat anggota lantaran leader sekaligus anggota tertua yakni Youngmin memutuskan untuk keluar dari grup setelah terlibat kasus DUI atau menyetir dalam keadaan mabuk. 

Meski harus melanjutkan perjuangan mereka sebagai empat anggota, AB6IX tetap berhasil membuktikan kepada para penggemar dengan memberikan lagu dan penampilan memukau dalam setiap comeback mereka.

8. CIX

8. CIX
Twitter.com/CIX_Official

Sama seperti grup AB6IX, grup CIX juga sebelumnya sudah dikenal karena salah satu anggotanya yakni Bae Jinyoung yang pernah mengikuti survival Produce 101 dan debut bersama Wanna One.

Selain Bae Jinyoung, dua anggota lainnya yakni BX dan Seunghun juga sudah berhasil mencuri perhatian penggemar setelah namanya muncul dalam ajang survival YG Entertaiment Treasure Box, yang mana keduanya adalah mantan trainee dari YG Entertaiment.

Pada 23 Juli 2019, CIX pun akhirnya debut di bawah naungan C9 Entertainment dengan dua anggota lainnya yakni Yonghee dan Hyunsuk. Debut dengan lagu hits mereka bertajuk Movie Star, CIX sempat dijuluki best rookie karena berhasil meraih piala pertama mereka dalam salah satu musik show setelah 6 hari debutnya.

9. Treasure

9. Treasure
Twitter.com/ygtreasuremaker

Grup yang baru saja memulai debutnya pada 7 Agustus 2020 tahun lalu ini merupakan grup hasil survival show YG Treasure Box dari agensi YG Entertainment. Memiliki nama yang bermakna harta karun, Treasure berisikan 12 anggota yang penuh dengan harta karun berbakat.

Mulai dari vocal, dance, dan juga rapp yang begitu mumpuni. Tepat di tahun mereka debut, Treasure berhasil membuktikan kepada para penggemar bahwa mereka bisa mendominasi dengan peraihan penjualan album tertinggi untuk rookie tahun 2020.

Mengikuti jejak para senior mereka di YG seperti BigBang, 2NE1, Blackpink, dan lainnya, Treasure membuktikan bahwa nama mereka bisa menduduki idola generasi ke-4 yang begitu dicintai dan memberikan inspirasi banyak orang, termasuk para remaja.

10. Secret Number

10. Secret Number
Twitter.com/5ecretNumber

Grup dengan member multinasional salah satunya Dita Karang yang berasal dari Indonesia, '4th Gen Idol' SECRET NUMBER berhasil merebut perhatian pencinta KPop di seluruh dunia!

Grup dengan lima anggota ini debut pada 19 Mei 2020 lalu. Tak hanya penampilan memukau yang mereka perlihatkan, grup Secret Number berhasil menyita perhatian penggemar Indonesia lantaran salah satu anggotanya yang merupakan keturunan asal Yogyakarta, Indonesia yakni Dita Karang.

Secret Number bahkan mendapati julukan grup populer karena memiliki banyak anggota dari luar Korea Selatan. Bahkan, beberapa anggotanya seperti Danise sudah dikenal banyak orang karena sempat tampil dalam ajang pencarian bakat. Begitu pula dengan Jinny yang merupakan mantan trainee YG Entertaiment yang seblumnya diperkenalkan sebagai future 2NE1.

Musik video debut mereka bertajuk Who Dis? berhasil menduduki trending no.1 YouTube di Indonesia. Hal ini lantaran banyak penggemar Indonesia yang antusias dengan salah satu idol asal Indonesia yang berhasil debut sebagai idol Korea.

11. aespa

11. aespa
Twitter.com/aespa_official

aespa merupakan girl group naungan SM Entertainment yang baru saja debut pada 17 November 2020 lalu dengan digital singel bertajuk Black Mamba. Menjadi idol Kpop generasi ke-4, nama aespa pun ramai dibicarakan kalangan penggemar, termasuk remaja di Indonesia.

Bertaburan visual keempat anggota yang masih sangat muda yakni Karina, Giselle, Winter, dan Ningning, aespa kini ramai dibicarakan karena berhasil mendapat julukan rookie monster karena kesuksesan yang belum ada satu tahun dari debut mereka.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, konsep yang diusung girl group terbaru SM ini adalah Avatar x Experience, di mana keempat anggota ini memiliki versi AR-nya masing-masing yang futuristik. 

Berhasil dikenal dengan lagu-lagu hits mereka seperti Black Mamba dan Next Level, aespa baru-baru ini mengeluarkan mini album perdana mereka bertajuk Savage. Berkat mini album ini, aespa berhasil dijuluki rookie monster lantaran lagunya berhasil mencatat all kill di posisi pertama.

Itulah deretan idol Kpop generasi ke-4 yang banyak disukai oleh para remaja, termasuk remaja Indonesia. Selain memberikan hiburan disaat masa seperti sekarang ini, deretan idol ini juga menjadi penyemangat bagi remaja agar tetap termotivsi untuk berkarya di usia muda seperti para idolanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.