Viral Semut Curi Emas, Bagaimana Penjelasannya?

Netizen minta pemilik kalung emas untuk periksa kesehatan

26 Januari 2022

Viral Semut Curi Emas, Bagaimana Penjelasannya
Tiktok.com/nayakanaya51430

Baru-baru ini, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan aksi pencurian emas. Bukan dicuri oleh manusia, netizen dihebohkan dengan pencurian emas yang dilakukan oleh segerombolan semut.

Kabar viral semut curi emas ini kemudian menjadi sorotan. Jika umumnya kita melihat segerombolan semut membawa sisa-sisa makanan manis, namun video yang diunggah oleh akun @nayakanaya51430 di media sosial TikTok pada Senin (24/1/22) ini justru menimbulkan tanda tanya bagi banyak orang.

Mengapa bisa segerombolan semut membawa emas tersebut?

Mengulas lebih dalam video viral semut mencuri emas, berikut Popmama.com rangkumkan ulasan selengkapnya. Benarkah memengaruhi kesehatan pemilik emas?

Editors' Picks

1. Membuat heran pemilik emas

1. Membuat heran pemilik emas
Tiktok.com/@nayakanaya51430

Pemilik akun yang membagikan video tersebut nampak kebingungan ketika melihat segerombolan semut tengah membawa sejumlah perhiasan emas miliknya.

"Nggak bisa berkata apa-apa lagi, tapi serius gue heran mau dibawa kemana itu kalung sama si semut," tulisnya dalam video tersebut seperti dikutip Popmama.com pada Rabu (26/1/2022).

Meski sempat membuat heran, pemilik emas tersebut mengaku bersyukur mengetahui bahwa kalung emas miliknya dibawa oleh segerombolan semut. Jika tidak, mungkin hilangnya perhiasan secara tiba-tiba tentu bisa saja menimbulkan fitnah di antara keluarganya

"Andai kalau gue enggak tahu, bakalan jadi fitnah ini," sambungnya menambahkan.

2. Benarkah memengaruhi kesehatan pemilik emas?

2. Benarkah memengaruhi kesehatan pemilik emas
Freepik/jcomp

Dari video viral yang kini telah ditonton sebanyak 1,9 juta penonton, tak sedikit netizen yang berkomentar mengingatkan kepada pemilik emas untuk memeriksa kondisi kesehatannya.

Mengapa demikian?

Pasalnya, beberapa netizen menyangkut pautkan fenomena ini dengan dugaan gula darah tinggi atau pun diabetes. Di mana keringat manis yang tertempel pada kalung emas tersebut menjadi pemicu segerombolan semut untuk mendekat.

"Hati-hati diabetes kak, keringat di lehernya kakak bisa jadi dideteksi semut sebagai makanan," tulis salah seorang netizen pada video tersebut.

"Wah bisa jadi itu yang make  kalung diabetes karena kena keringat, coba dicek gulanya," timpal netizen lainnya memperingati.

"Gula darahnya tinggi, jaga asupan gizi ya," tambah netizen lain yang menghimbau pemilik emas untuk menjaga kesehatannya.

3. Mengapa semut suka dengan sesuatu yang manis?

3. Mengapa semut suka sesuatu manis
Youtube.com/Funny and Beautiful

Jika melihat dari beberapa komentar netizen yang menghubungkan penyakit gula darah dengan kerumunan semut pada kalung emas yang viral itu, berikut penjelasan yang bisa anak mama ketahui antara semut dan sesuatu yang manis.

Dilansir dari laman Huffintonpost, diketahui bahwa radar semut didesain cukup sensitif untuk menemukan sumber glukosa dan fruktosa dari makanan atau benda-benda di sekitarnya.

Sama seperti manusia yang membutuhkan energi untuk aktivitas hariannya, semut pun demikian. Dikenal sebagai hewan yang sangat aktif serta memiliki strategi yang mumpuni dalam mencari makan dan melawan musuh, mereka akan membutuhkan kandungan gula yang kemudian diubah menjadi sumber energi.

Sehingga jika dikaitkan dengan video viral semut mencuri semut di atas, bisa jadi dugaan netizen akan kesehatan pemilik semut benar adanya. Hal ini sebagaimana disebutkan bahwa memang semut memiliki radar yang kuat untuk menemukan sumber glukosa dan fruktosa dari hal-hal yang ada di sekitarnya.

Kendati demikian, kebenaran fenomena ini masih belum bisa dipastikan apa penyebabnya. Tetapi pemahaman tentang ketertarikan semut dan gula mungkin bisa jadi wawasan baru bagi anak mama di rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk