10 Aplikasi Belajar E-learning untuk Membantu Sekolah Online Anak

Di tengah pandemik seperti ini aplikasi belajar e-learning sangat berguna lho, Ma

7 Oktober 2020

10 Aplikasi Belajar E-learning Membantu Sekolah Online Anak
Freepik

School from home (SFH) yang dijalani seluruh siswa Indonesia di masa pandemi Virus Corona (Covid-19) memang penuh tantangan. Anak yang terbiasa belajar sambil bertatap muka dengan guru atau tidak terbiasa memakai teknologi, pasti akan mengalami lebih banyak kesulitan. Tetapi, mau tidak mau, kali ini, belajar harus dilakukan dari rumah. 

Agar belajar tetap maksimal, anak tetap mengerti pelajaran yang diberikan oleh guru dari sekolah. Mama juga bisa lho menambahkan beberapa aplikasi belajar agar anak makin mengerti. Apalagi jika sang Anak ingin menghadapi ujian.

Popmama.com akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi belajar online atau e-learning yang dapat membantu anak selama sekolah online. 

1. Ruangguru

1. Ruangguru
privatq.co.id

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi belajar satu ini? Yap, aplikasi Ruang guru. Sesuai taglinenya, aplikasi belajar nomor 1, memang ruangguru sangat diminati banyak orangtua untuk media belajar sang Anak. Selain mudah diakses, sistem belajarnya pun mudah.

Selama pandemik Covid-19 Ruangguru membuka program sekolah gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat.

Sekolah online bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru. Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru.Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Aplikasi Ruangguru bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Dalam rating di PlayStore dan App Store aplikasi Ruangguru mencapai 4,8 lho, Ma! 

2. Sekolahmu

2. Sekolahmu
playstore/sekolahmu

Sekolahmu adalah aplikasi sekolah online pertama di Indonesia yang menggunakan sistem blended learning, sebagai solusi atas kebutuhan pendidikan yang lebih fleksibel dan personal. Sekolahmu menyediakan beragam materi pembelajaran yang bisa diakses melalui situs resmi maupun aplikasi, tentunya materi pembelajaran yang disediakan telah disusun sedemikian rupa dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan yang kredibel.

Semenjak pemerintah memberlakukan program belajar di rumah untuk mengurangi dampak COVID 19, Sekolahmu menyediakan berbagai kelas yang bisa diakses gratis oleh para siswa jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Dalam situs Sekolahmu, siswa juga mendapatkan berbagai materi pembelajaran dengan format live streaming melalui Youtube dan dipandu guru dari berbagai sekolah.

Rumah belajar tersedia hanya di Play Store saja ya Ma, tapi jika Mama pengguna IOS bisa langsung mengunjungi websitenya Sekolahmu ya, Mama.

Rating Sekolahmu di Play Store mencapai 4,8 lho Ma! 

3. Cakap

3. Cakap
playstore/cakap

Cakap, sebagai salah satu pemain ​ed-tech di Indonesia, menyediakan online platform sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Dengan menggunakan metode interaksi dua-arah, yang didukung oleh teknologi, Cakap mengembangkan solusi layanan untuk pendidikan, atau biasa disebut ​Education As A Service (EAAS).

Tersedia di Google Play dan App Store, Cakap berbeda dari platform aplikasi lainnya, karena Cakap hanya fokus pada pembelajaran bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin dan Jepang, yang menawarkan berbagai metode pembelajaran.

Pengguna dapat menghadiri kelas yang diinginkan dan memilih mentor/guru favorit dan melakukan interaksi dua arah secara langsung melalui video call di dalam platform.

Cakap cukup banyak diakses lho Ma karena rate di Play Store mencapai 4,9! 

4. Kipin School

4. Kipin School
playstore/kipinschool

Kipin School 4.0 hadir dalam aplikasi yang berisi ebook, video, latihan soal dan bacaan literasi, yang bisa diunduh gratis lewat smartphone dan tablet berbasis android dan iOS, juga PC yang berbasis Windows 10.

Isi app Kipin School 4.0 disebut sesuai dengan kurikulum yang diajarkan disekolah-sekolah saat ini, yakni 2500 buku pelajaran sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK. Semua buku-buku tersebut diterbitkan oleh Kemendikbud.

Selain itu, ada lebih dari 1000 video pembelajaran kelas yang dibawakan oleh guru-guru di sekolah dan dibawakan di kelas-kelas secara sesungguhnya, sehingga anak-anak yang menonton video di app seolah hadir sendiri di kelas. Ada pula puluhan ribu latihan soal dari semua pelajaran. 

Siswa setelah belajar bisa mencoba sendiri evaluasi belajar dan nilainya akan muncul langsung di gadget yang digunakan. Tersedia pula ratusan buku bacaan untuk menambah kemampuan literasi siswa, dan menariknya berupa komik berisi tentang pendidikan moral-budi pekerti, kesehatan dan sejarah.

Rating Kipin School mencapai 4,9 lho Ma! 

Editors' Picks

5. Zenius

5. Zenius
playstore/zenius

Aplikasi Zenius juga menjadi salah satu rekomendasi buat Mama yang menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pengguna Zenius bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Aplikasi Zenius bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

Selain itu siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Konten-konten yang disediakan pada program ini dapat diakses secara gratis lho, Ma! 

Rating Zenius dalam Play Store maupun App Store mencapai 4,8 lho, Mama! 

6. Kelas Pintar

6. Kelas Pintar
playstore/kelaspintar

Aplikasi satu ini, Kelas Pintar memberikan akses gratis selama sebulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Kelas pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa. Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online.

Kemudian, fitur tanya yang bisa digunakan siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai materi ajar atau soal.

"Kami menambahkan jam operasional fitur tanya menjadi dua sesi pada pukul 09.00-12.00 dan 18.00-21.00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran tetap berlanjut, kapan dan dari manapun," kata Founder Kelas Pintar Fernando Uffie melalui keterangan persnya.

Kelas Pintar tersedia di Play Store ya, Mama. Dan rating untuk aplikasi Kelas Pintar ini 3,9 lho! 

7. Quipper School

7. Quipper School
playstore/quipperschool

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah.

Quipper School menggunakan teknologi manajemen kelas digital (Learning Management System/LMS).

Siswa pun dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas secara online melalui perangkat digital.

Melalui kemudahan penggunaan aplikasi yang dapat diakses melalui website utama Quipper, diharapkan layanan Quipper School yang tersedia secara gratis dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak dari wabah COVID-19 di sektor pendidikan.

Quipper School bisa diunduh hanya melalui Play Store ya Ma, jika Mama pengguna IOS bisa langsung mengunjungi websitenya QuipperSchool ya, Mama! Rating Quipper School di Play Store mencapai 3,8 lho Ma! 

8. Rumah Belajar

8. Rumah Belajar
playstore/rumahbelajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kemendikbud dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi.

Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis lho, Ma!

Rumah Belajar tersedia hanya di Play Store saja ya Ma, tapi bagi Mama pengguna IOS bisa langsung diakses melalui website Rumahbelajar ya, Mama. Rating Rumah Belajar 3,7 lho, Ma! 
 

9. MejaKita

9. MejaKita
website/mejakita

Mejakita juga salah satu media belajar secara online, penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk tanya jawab. MejaKita menyediakan materi pembelajaran dari SD-SMA yang gratis dan cukup lengkap, serta ribuan catatan yang sudah diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia.

MejaKita mendukung siswa yang harus belajar di rumah untuk tetap dapat berdiskusi PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya. Mama bisa mengakses website Mejakita.com langsung tanpa ribet! 

10. Aku Pintar

10. Aku Pintar
Akupintar

Aplikasi yang sudah beroperasi sejak Februari 2018 ini memang mengkhususkan diri untuk memenuhi kebutuhan pendidikan kalangan pelajar dan kaum muda. Aku Pintar menyajikan materi pelajaran dan soal latihan untuk siswa SMP, SMA dan SMK. 

Termasuk juga ada simulasi try out untuk ujian nasional, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau tes kedinasan lainnya. Ini masih ditambah fitur APlive, yakni fitur pembelajaran secara online untuk membahas soal ujian.

Aplikasi Aku Pintar bisa diundah melalui Play Store atau App Store ya Mama. Dan rating Aku Pintar mencapai 4,3 lho, Ma!

Itu dia Mama 10 rekomendasi aplikasi belajar online atau e-learning untuk membantu snak selama menjalani sekolah online di rumah. Mama tinggal pilih sesuai kebutuhan Mama saja, ya.

Semoga bermanfaat! 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.