Eksklusif: Cara Ampuh Menghilangkan Bosan di Rumah untuk Remaja a la Lifia Laeticia

Pandemi tak membuat Lifia menyerah untuk bekreasi di rumah saja!

15 Juli 2021

Eksklusif Cara Ampuh Menghilangkan Bosan Rumah Remaja a la Lifia Laeticia
Instagram.com/lifia_laeticia

Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang harus di rumah saja. Rencana yang sudah disusun matang hingga pekerjaan penting di luar rumah terpaksa harus ditunda karena adanya situasi ini.

Berlama-lama di rumah pasti menyisakan rasa bosan. Apalagi untuk anak dan remaja yang energinya biasa dihabiskan untuk bereksplorasi di luar rumah. Baik bersekolah, bersosialisasi, bermain dan banyak aktivitas lain.

Rasa bosan itu tak dipungkiri juga dialami penyanyi cilik, Lifia Laeticia. Kondisi memaksa Lifia untuk bisa melalukan segala kegiatannya di rumah saja. Mulai dari sekolah, membuat konten hingga bermain dan bersosialisasi dengan temannya via online. 

Diungkapkan remaja kelahiran 2008 ini, ia sangat merindukan masa-masa sekolah. Lewat wawancara khusus dengan Popmama.com, ia menceritakan kenangannya dulu saat bersekolah sebelum ada pandemi. Satu hal yang paling dirindukan Lifia dari sekolah adalah jajan bebas di kantin.

"Dulu pas masih sekolah aku paling kangen jajan bareng di kantin. Aku punya sahabat di sekolah yang beda kelas jadi kalau ketemu dan ngobrol bareng ya pas jam istirahat di kantin," pungkas Lifia.

Karena banyak hal yang berubah selama pandemi, membuatnya harus memutar otak agar tidak bosan terus di dalam rumah. Penyanyi beprestasi yang terpilih menjadi Popmama Little Star 2021 ini pun menemukan beberapa cara tersendiri.

Tentunya cara menghilangkan bosan di rumah a la Lifia Laeticia ini bisa juga dicontoh oleh remaja lain lho. Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya!

1. Membuat konten yang menghimbur untuk diupload di media sosial

1. Membuat konten menghimbur diupload media sosial
Dok. Popmama.com

Pandemi Covid-19 ini juga membuat Lifia dan keluarga memutar otak menyajikan hal baru di kanal Youtubenya. Lifia dan Mama Diah pun mencoba berbagai eksperimen agar bisa tetap menghibur meski hanya di rumah saja.

Sebelum pandemi datang dan dibatasinya kegiatan massal, Lifia dan keluarga sudah merencanakan beberapa konten. Dari traveling, social experimetn hingg prank. 

"Diubah menjadi konten-konten di rumah seperti masak. Pokoknya apa yang bisa kerjakan di rumah bener-bener kita lakukan. Kayak cover lagu gitu-gitu juga kita rajin upload," tutur Lifia dan Mama Diah. 

Editors' Picks

2. Video call hingga main game bersama teman secara online

2. Video call hingga main game bersama teman secara online
Dok. Popmama.com

Cara menghilangkan bosan di rumah a la Lifia Laeticia selanjutnya adalah bercengkrama dengan teman sekolah melalui video call. Diungkapkan remaja nominasi Indonesian Idol Junior ini, ia melakukan kegiatan video call secara rutin setiap hari.

Banyak hal yang ia lakukan dan perbincangkan dengan teman-temannya. Hal dasar mulai dari tugas sekolah, diskusi kelompok hingga cerita dan curhat-curhatan masalah pribadi.

"Misalnya kalau sehari nggak telfonan atau video call ada yang kosong. Kadang main game juga. Biasanya aku cerita-cerita ke mereka, zoom bareng. Kadang tugas kelompok, terus juga kadang curhat-curhat masalah pribadi," tutur Lifia.

3. Melakukan kegiatan bersih-bersih sambil ditemani musik

3. Melakukan kegiatan bersih-bersih sambil ditemani musik
Dok. Popmama.com

Uniknya, ketika Lifia merasa sangat bosan di rumah ia memilih membersihkan ruangan. Lifia memilih hal ini karena ia bisa bergerak aktif untuk menyalurkan energinya.

Lifia mengaku ia sering menyapu dan mengepel ditemani iringan musik ketika sangat bosan. Atau jika sudah tidak ada kegiatan lain, ia hanya akan sekedar membuka kulkas untuk melihat isi di dalamnya lalu pergi lagi.

"Aku kalau bosen paling nyalain musik sambil nyapu, ngepel, bersih-bersih rumah. Kadang kalau bosen banget ngecek dan buka kulkas, ada makanan apa, terus udah tutup lagi, diulangi terus kayak gitu," pungkasnya.

Tak bisa sekolah offline, banyak ekspektasi Lifia yang tidak terlaksana

Tak bisa sekolah offline, banyak ekspektasi Lifia tidak terlaksana
Instagram.com/lifia_laeticia

Pandemi Covid-19 membuat semua orang harus pause beberapa aktivitas atau memindahkan aktivitasnya ke dalam rumah. Bagi anak dan remaja yang biasanya pergi ke sekolah, kini harus belajar melalui laptop atau ponsel di rumah saja.

Awalnya Lifia menyambut senang, tapi lama-lama rasa bosan itu pun datang. Setelah satu tahun lebih sekolah online, Lifia merasa bahwa masa sekolah meski harus bangun pagi dan siap-siap sangat ia rindukan.

Belum lagi, di tahun 2021 ini ia pertama kali masuk SMP. Ketika masih SD dulu ada berbagai ekspektasi yang ia bayangkan ketika pergi dan bersekolah bersama temannya, tapi harus pupus karena pandemi Covid-19.

"Karena pas SMP, kakak pernah cerita study tour ke jogja. Karena pandemi ini masalahnya aku nggak bisa ngerasain hal itu. Makanya pengen cepet seleai pandemi ini, sayang banget soalnya," tutur Lifia.

Pandemi Covid-19 mengajarkan ke Lifia berharganya waktu yang ia lalui

Pandemi Covid-19 mengajarkan ke Lifia berharga waktu ia lalui
Instagram.com/lifia_laeticia

Pandemi Covid-19 di Indonesia tak tahu kapan berujung. Selama setahun banyak berkegiatan di rumah membuat Lifia sadar banyak hal.

Sebagai remaja, ia kini tak bisa lagi berkumpul dan berkegiatan dengan bebas. Padahal ia tipikal anak yang menyukai kegiatan di luar ruangan, seperti berkumpul dan cerita dengan teman sebayanya.

Pandem ini membuat Lifia menyadari bahwa waktu sangat berharga untuk digunakan sebaik mungkin dan dihabiskan tanpa kesia-siaan.

"Salah satunya nggak bisa kumpul bareng teman. Jadi, waktu kumpul bareng itu sangat berharga," tutur Lifia.

Setiap orang punya caranya sendiri mengatasi kebosanan di rumah. Namun, kadang remaja yang energinya masih aktif ini perlu orangtua bimbing agar bisa tersalurkan dengan baik.

Seperti Lifia, selama di rumah saja ia rajin membuat konten menghibur bersama keluarganya. Tak lupa, ia juga tetap menjaga hubungan baik dengan teman dengan berkomunikasi secara online.

Paling unik, Lifia kalau bosen banget lebih memilih untuk bersih-bersih rumah. Wah, pasti Mama Diah terbantu sekali dengan penyaluran kebosanan Lifia yang ketiga nih!

Spesial Hari Anak: #Popmama Little Star 2021 – Nyimas Bunga Cinta, Muzakki Ramdhan dan Lifia Laeticia

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Intern Writer - Muhammad Fria Fachrama Sumitro, Samantha Elisa Gracia, Annita Rahmawati Dewi & Natalia Adinda Putri Danumulyo

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Popmama Little Star
Millennial Mama

Popmama Little Star

Anak Indonesia harus bahagia!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.