TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ivan Gunawan dkk Ajak Orangtua Edukasi Anak Soal Sikat Gigi Sejak Dini

Jaga kesehatan mulut dan gigi mulai dari kebiasaan kecil yang baik!

12 September 2022

Ivan Gunawan dkk Ajak Orangtua Edukasi Anak Soal Sikat Gigi Sejak Dini
Popmama.com/Putri Syifa N

Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional, peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 di Gelora Bung Karno, Senin (12/9/2022) berlangsung meriah. Kerja sama antara PT Unilever Indonesia, Tbk. 

melalui Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini menyoroti isu pentingnya memulihkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam hari, serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi, yang mengalami penurunan selama pandemi. 

Selama masa pandemi, kebiasaan masyarakat untuk ke dokter gigi menurun drastis. Belum lagi, dari survei terlihat bahwa di masa pandemi kebiasaan orangtua menyikat gigi pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur telah menurun sebesar 5 persen. 

Bahkan pada anak penurunannya dua kali lebih besar, yaitu 11 persen.  Meski pandemi sudah mereda, kebiasaan yang Ini yang dikhawatirkan ke depannya, karena baik anak dan orang dewasa bisa memiliki masalah gigi yang berkelanjutan. Padahal bisa dicegah dengan kebiasaan sehat menyikat gigi secara rutin setiap hari.

Untuk menyambut BKGN 2022, sejumlah artis papan atas Indonesia dari Ivan Gunawan, Yuni Shara, Angel Karamoy, Omesh dan istri mengimbau agar orangtua kembali menerapkan kebiasaan baik menyikat gigi.

Jangan lupa, libatkan anak agar kebiasaan ini bisa dilakukan si Kecil secara terus-menerus tanpa perlu diingatkan lagi.

Berikut Popmama.com rangkum sejumlah informasi selengkapnya.

1. Risiko yang timbul akibat kebiasaan tidak menyikat gigi

1. Risiko timbul akibat kebiasaan tidak menyikat gigi
Popmama.com/Putri Syifa N

drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar PDGI menyebutkan ada beberapa risiko yang dapat timbul di balik kebiasaan buruk tidak menyikat gigi secara rutin. Mulai dari masalah gigi berlubang, infeksi hingga karies.

"Infeksi gusi hingga rasa sakit yang sangat mengganggu kenyamanan dan produktivitas. Bahkan di masa pandemi 60 persen dari orang yang mengalami sakit gigi tetap menghindari berkunjung ke dokter gigi. Untuk itu, diperlukan intervensi segera untuk memulihkan kebiasaan masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka," tuturnya.

Memulihkan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan tanggung jawab bersama. Misalnya, dari orangtua harus mencotohkan terlebih dahulu agar bisa diikuti anak.

"Memulihkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut ini tentunya berawal dari orangtua lalu kepada anak. Di tahun 2022 ini ingin ‘unjuk gigi’ kembali yang sehat. Menggosok gigi yang benar, waktu yang tepat, lakukan kontrol rutin ke dokter gigi," pungkas drg. R. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp. Pros., selaku Ketua AFDOKGI.

2. Ananda Omesh dan istri berbagi kisahnya memberikan contoh kepada anak untuk sikat gigi rutin

2. Ananda Omesh istri berbagi kisah memberikan contoh kepada anak sikat gigi rutin
Popmama.com/Putri Syifa N

Ananda Omesh dan Dian Ayu Lestari merupakan pasangan selebriti dengan tiga orang anak ikut berbagi cerita mengenai kebiasaan menyikat gigi di rumah mereka. Sebagai orangtua, pasangan ini selalu memberikan contoh dan menjadikan menyikat gigi pagi dan malam hari sebagai kebiasaan yang menyenangkan. 

"Kalau sebagai ibu, sekarang banyak sekali kemudahan dari tontonan kartun soal kesehatan gigi. Mulai dari situ, ngajak mereka yuk sikat gigi bareng, memilih pasta gigi yang mereka suka, memilih warna sikat gigi yang mereka mau, dibiasakannya dengan itu dulu, dari pemahaman itu mulailah dikenalkan," tutur Dian Ayu.

Selama pandemi Covid-19, Dian mengaku rutinitas berkonsultasi ke dokter gigi secara langsung memang jadi terkendala. Oleh karenanya dirinya sendang sekali saat ini kondisi pandami sudah mulai mereda, sehingga bisa mengajak keluarga Indonesia untuk kembali berani periksa ke dokter gigi.

3. Ivan Gunawan, Yuni Shara dan Angel Karamoy ajak keluarga Indonesia rajin sikat gigi rutin

3. Ivan Gunawan, Yuni Shara Angel Karamoy ajak keluarga Indonesia rajin sikat gigi rutin
Popmama.com/Putri Syifa N

Pada kesempatan yang sama, sejumlah public figure terlihat menghadiri acara kick off BKGN 2022 di GBK. Dalam acara pembukaan itu, desainer Ivan Gunawan dan penyanyi Yuni Shara tampak berkeliling mengajarkan anak-anak yang hadir menyikat gigi dengan benar agar bersih.

"Peran orangtua penting sekali untuk edukasi anak soal membiasakan menyikat gigi di rumah. Jadi jangan lupa dibentuk kebiasaan baiknya sejak dini," ujar Ivan Gunawan.

Begitupun dengan artis Angel Karamoy yang membagikan ceritanya mengajari si Kecil untuk rajin sikat gigi. Mama dua orang anak ini menyebutkan sudah membentuk kebiasaan baik menyikat gigi sejak anaknya umur 4 tahun.

"Aku sudah mulai edukasi dari anak umur 4-5 tahun sampai sekarang, apalagi makin besar makanannya juga makin beragam jadi penting banget orangtua edukasi ke anak soal menyikat gigi yang benar. Awalnya dari melihat aku, karena aku pun melakukan perawatan gigi jadi anak melihat dari sana agar punya gigi sehat dan putih," pungkasnya.

Itulah tadi informasi mengenai BKGN 2022 yang pembukaannya dilakukan di Gelora Bung Karno, Senin (12/9/2022). Masa depan Indonesia sehat tentunya juga didukung dengan kesehatan gigi yang baik, dimulai dari memiliki kebiasaan menyikat gigi secara rutin!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk