Kisah dan Profil Chef Renatta Moeloek yang Bisa Jadi Inspirasi Remaja

Suka dunia memasak sejak remaja, banyak tantangan yang dihadapi chef ini hingga bisa sukses

13 Mei 2022

Kisah Profil Chef Renatta Moeloek Bisa Jadi Inspirasi Remaja
Instagram.com/renattamoeloek

Banyak orang mengenal nama Renatta Moeloek karena menjadi juri MarterhChef Indonesia mulai dari Season 5 tahun 2019 lalu. Ia saat itu menjadi juri ketiga bersama Chef Juna Rorimpandey dan Chef Arnold Poernomo.

Chef perempuan Indonesia satu ini menempuh pendidikan kuliner di Perancis, tepatnya di Le Cordon Bleu. Chef Renatta khusus mempelajari masakan Indonesia dan Perancis secara mendalam. 

Kisah hidupnya sebagai chef profesional bukan tanpa halangan. Mulai dari terluka saat di dapur yang konon membuatnya sempat ingin berhenti. Meski begitu, ia memutuskan tetap kembali ke dunia memasak saat itu.

Kisah hidupnya yang menginspirasi bisa menjadi contoh untuk remaja Indonesia. Sebab, Chef Renatta menjadi salah satu orang yang gigih dan bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya.

Berikut Popmama.com rangkum kisah dan profil Chef Renatta Moeloek yang bisa jadi inspirasi remaja.

1. Profil Chef Renatta Moeloek

1. Profil Chef Renatta Moeloek
Instagram.com/renattamoeloek

Nama Lengkap: Puti Renatta Ratnasari Moeloek
Tempat, tanggal lahir: Bengkulu, 17 Maret 1994
Pendidikan: Le Cordon Blue Culinary Art, Diploma Superior Cuisine, Spesialis Makanan Asia dan Eropa
Agama: Islam
Pekerjaan: Jurutama masak, celebrity chef
Orangtua: Nudie Moeloek, Radianti Ratnasari
Saudara: Kareyca Moeloek

2. Suka memasak sejak remaja, mengambil sekolah profesional di Perancis

2. Suka memasak sejak remaja, mengambil sekolah profesional Perancis
Instagram.com/renattamoeloek

Dari beberapa sumber dan pengakuan Chef Renatta saat wawancara, ketertarikannya di dunia dunia memasak sudah ada sejak masih remaja.

Dalam salah satu wawancara, chef kelahiran 1994 ini mengaku sangat senang menikmati proses dan menyajikan menu untuk keluarganya. Bahkan, ketika umurnya masih belia ia seolah sudah menjadi koki andalan keluarganya.

Karena ketertarikannya sejak remaja itu, ia pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya dengan peminatan memasak.  Chef Renatta lalu memilih untuk melanjutkan sekolah masak di Le Cordon Bleu Culinary Art, Paris Perancis.

Chef satu ini mengambil spesialisasi masakan Asia dan Eropa. Ia menyelesaikan sekolahnya pada tahun 2018 dengan gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry.

3. Pernah tampil di acara TV Perancis

3. Pernah tampil acara TV Perancis
Instagram.com/renattamoeloek

Salah satu hal yang membanggakan dan patut ditiru oleh remaja Indonesia dari sosok satu ini karena kegigihan dan kerja kerasnya. Ia sadar, masyarakat dunia tidak begitu mengenal masakan Indonesia.

Oleh karenanya meski berkarier di Eropa saat itu, Chef Renatta memilih untuk memasak makanan khas Indonesia. Karena spesialisasinya ini, ia sampai diundang menjadi bintang tamu salah satu TV Prancis.

Hal ini terungkap dalam sebuah video yang sempat viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat Chef Renatta tengah menyajikan makanan khas Indonesia, yaitu opor.

Editors' Picks

4. Mengenalkan masakan Indonesia kepada dunia

4. Mengenalkan masakan Indonesia kepada dunia
Instagram.com/renattamoeloek

Lulus dari salah satu akademi memasak terbaik dunia, kini Chef Renatta fokus berkarier di bidang kuliner. Ia sibuk mengelola beberapa usaha seperti restoran, catering dan juga konsultan menu.

Usaha kuliner paling terkenal miliknya adalah private dinner ‘Rumadining’ yang merupakan jasa catering untuk perusahaan, grup, kedutaan besar dan pop-up kitchen di sejumlah restoran.

Meski pekerjaannya sebagai chef mengharuskan banyak di dapur, adik dari Kareyca Moeloek ini juga cukup aktif sebagai influencer. Citra yang dibangunnya masih seputar ahli kuliner yang mengenalkan masakan Indonesia di dunia, khususnya di benua Eropa.

5. Namanya terkenal karena menjadi juri MasterChef Indonesia

5. Nama terkenal karena menjadi juri MasterChef Indonesia
Instagram.com/renattamoeloek

Nama Chef Renatta makin dikenal masyarakat Indonesia karena bergabung sebagai juri MasterChef Indonesia Season 5 pada tahun 2019 lalu. Dalam acara tersebut ia memberikan penilaian terhadap masakan peserta bersama Chef Arnold dan juga Chef Juna.

Saat tampil di depan televisi ia dikenal nyentrik penampilannya. Ini yang membuat warganet dan masyarakat Indonesia penasaran dengan sosok Chef Renatta.

Tak hanya secara tampilan yang menawan, Chef Renatta juga dekat dan berteman bersama Chef Arnold dan juga Chef Juna. Buktinya setelah mereka bertemu di acara itu ia berkolaborasi dengan Chef Juna dan Chef Arnold untuk menciptakan menu di salah satu restoran Indonesia.

6. Bersahabat dengan para artis papan atas Indonesia

6. Bersahabat para artis papan atas Indonesia
Instagram.com/renattamoeloek

Sebelum menjadi celebrity chef, Renatta  sudah bersahabat dengan banyak public figure. Di akun Instagramnya, ia membagikan momen kebersamaan dengan beberapa artis, seperti Tara Basro, Vidi Aldiano dan masih banyak lain.

Setelah tampil di TV, rekan artis dan relasi selebriti Chef Renatta pun makin banyak. Ia kini dikenal sebagai salah satu celebrity chef yang punya teman dekat banyak artis papan atas.

7. Chef Renatta juga pecinta binatang

7. Chef Renatta juga pecinta binatang
Instagram.com/renattamoeloek

Selain memasak, ternyata Chef Renatta juga memiliki kecintaan terhadap binatang terutama anjing lho. Dalam akun Instagram-nya ia sering sekali mengungah momen bersama hewan peliharaannya.

Sebagai informasi, memeliha binatang peliharaan bisa melatih rasa empati dan kasih sayang anak ke mahluk hidup lain. Dikutip dari US News, hewan peliharaan ternyata bisa membantu remaja untuk menangani gejolak emosinya lho. 

Sebab, banyak remaja mungkin tidak memiliki keterampilan mengatasi emosi sebaik diperlukan. Banyak remaja di dunia menghadapi hal ini sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih baik secara emosional dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan dapat memberi mereka tujuan tambahan dan memaksanya untuk berinteraksi, bahkan ketika mereka mungkin tidak ingin bersosialisasi.

Remaja yang merawat hewan memiliki hubungan sosial yang lebih kuat. Studi dari Tufts University, Amerika Serikat melaporkan merawat hewan peliharaan dapat meningkatkan koneksi remaja ke lingkungan mereka.

Studi ini juga menemukan bahwa tingkat keterikatan yang tinggi pada hewan peliharaan pada akhir masa remaja terkait dengan perasaan terhubung dengan orang lain. Mereka cenderung merasakan empati dan lebih banyak memiliki kepercayaan diri.

8. Jadi sosok pekerja keras dan gigih, banyak tantangan untuk bisa sampai di titik ini

8. Jadi sosok pekerja keras gigih, banyak tantangan bisa sampai titik ini
Instagram.com/renattamoeloek

Perjuangan Chef Renatta hingga ada di titik sekarang tentu tak mudah. Banyak rintangan dan tantangan yang perlu ia hadapi.

Sebelum meraih kesuksesan dan popularitas seperti saat ini, mantan kekasih Dikta vokalis band Yovie & Nuno ini banyak mengalami hal-hal pahit dalam hidup. Ia pernah mendapatkan luka bakar di bagian perut hingga ditolak kerja di restoran impiannya.

Dalam sebuah wawancara, Chef Renatta mengaku tak pernah menyangka dirinya akan meraih popularitas seperti sekarang. Pasalnya, dulu cita-citanya hanya ingin membuka restoran ternama di Indonesia.

Namun, karirnya justru bersinar di dunia pertelevisian. Meskipun sempat ragu menerima tawaran menjadi juri MasterChef Indonesia saat itu, ia membuktikannya dengan baik. 

Chef Renatta menjadi pengingat untuk kamu untuk bisa tetap gigih dan tekun dalam meraih impian. Karena pada akhirnya buah dari kerja kerasnya itu akan sangat manis di kemudiana hari.

Itulah tadi kisah dan profil Chef Renatta Moeleok, jadi inspirasi remaja. Wah, menginspirasi sekali ya Chef Renatta Moeleok!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk