Perjalanan Artis Cilik Ciccio Hingga Jadi Aktor: Anak Berhak Memilih

Ciccio berbagi ceritanya dari mengenang Papa T Bob hingga transformasi dirinya menjadi aktor!

24 Juli 2020

Perjalanan Artis Cilik Ciccio Hingga Jadi Aktor Anak Berhak Memilih
Instagram.com/ciomanassero

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2020, Popmama.com pada Kamis (23/7/2020) menyelenggarakan rangkaian Live Instagram dengan beberapa artis cilik yang sempat populer pada zamannya.

Salah satunya adalah artis cilik yang menyanyikan lagu anak 'Kebelet Pipis', yaitu Ciccio Manassero.

Kini, di umurnya yang telah menginjak 24 tahun, Ciccio sudah tidak menyanyi lagi. Namun, ia masih tetap berada di dunia hiburan sebagai seorang aktor.

Proyek akting terakhir yang Ciccio lakukan adalah memerankan Alex dalam film 'Dreadout' pada tahun 2019 lalu.

Selain berakting di film, Ciccio juga sempat membintangi beberapa sinetron seperti 'Tendangan dari Langit The Series' dan 'Ganteng Ganteng Serigala'.

Bagaimana perjalanan Ciccio yang bertransformasi dari artis cilik hingga menjadi seorang aktor?

Berikut Popmama.com rangkum cerita lengkapnya.

1. Ditinggal Papa T Bob, Ciccio merasa sangat kehilangan

1. Ditinggal Papa T Bob, Ciccio merasa sangat kehilangan
Instagram.com/ciomanassero

Dalam Instagram Live Popmama.com bareng Ciccio kali ini, ia menceritakan kalau dirinya sangat merasa kehilangan selepas Papa T Bob meninggal beberapa waktu lalu. Ketika mendengar kabar tersebut, Ciccio merasa sangat kaget.

Laki-laki blasteran Indonesia-Italia ini juga mengaku kalau tanpa Om Bob, begitu sapaan akrabnya, Ciccio tidak akan bisa seperti saat ini.

“Kalau melihat sosok pas aku kecil agak susah tentunya untuk diinget, tapi yang pasti tanpa Om Bob aku nggak bisa ada di sini sekarang. Who I am today ya karena Om Bob sih, yang pasti Om Bob itu pencipta lagu anak yang hebat banget," ucap Ciccio.

"Aku diceritakan sama Papa waktu kecil dulu aku rekaman, namanya anak masih kecil tuh moody, tapi Om Bob tuh selalu bisa ngajak biar mood-nya enak lagi, biar bisa have fun bareng berkarya bikin lagu, nyanyi bareng. Om Bob is a great guy dan sama anak-anak lain juga his really good,” kenang Ciccio.

Ketika Papa T Bob meninggal, Ciccio merasa sangat kehilangan. Apalagi ia ingin bertemu pada awalnya tapi belum sempat terlaksana hingga akhirnya Papa T Bob berpulang.

“(Kehilangan) banget sih. Aku dapat berita dari temanku, aku baca itu aku kaget banget. Merasa kehilangan memang beda dan nggak sama kayak ditinggal sama Mama dan Papa juga, tapi my life complete change karena nggak ada Om Bob ya nggak ada aku seperti saat ini. (Sebelum meninggal) Mama yang kontak aku titip pesan dari Mama aja,” kata Ciccio.

2. Momen rekaman video klip justru jadi hal yang paling mengesankan bagi Ciccio

2. Momen rekaman video klip justru jadi hal paling mengesankan bagi Ciccio
Instagram.com/ciomanassero

Ciccio menceritakan awal mula bagaimana perjalanannya selama menjadi penyanyi cilik hingga bisa meluncurkan dua buah album.

Saat itu, awal mula bertemu dengan Papa T Bob karena ia dan keluarga sedang liburan dan tiba-tiba Papa T Bob menghampiri ia dan keluarganya. Dari sana terjalinlah komunikasi untuk mengarahkan bakat Ciccio di dunia tarik suara.

Ciccio juga menceritakan momen yang paling dikenangnya ketika menjadi artis cilik.

Ia mengungkapkan ternyata momen rekaman video klip adalah yang cukup terpatri di memorinya hingga kini.

Bagaimana proses syuting video klipnya kala itu masih jelas dan nyata ada dalam ingatannya.

“Pas syuting video klip, itu paling seru. Dan kalau nggak salah, aku masih tinggal di Surabaya dan syutingnya itu di Jakarta di sebuah apartemen. Kalau nonton video klipnya ada scene di mobil lip sync, somehow masih ada di memoriku jelas bnaget (kenangan ini),” tuturnya.

Editors' Picks

3. Beralih menjadi aktor, Ciccio sempat nggak mau syuting ketika remaja

3. Beralih menjadi aktor, Ciccio sempat nggak mau syuting ketika remaja
Instagram.com/ciomanassero

Dikenal karena kiprahnya sebagai penyanyi cilik membuat masa kecil Ciccio disibukkan dengan berbagai syuting dan manggung. Namun, hal ini tidak jadi masalah karena Ciccio sendiri yang menginginkannya.

Ciccio juga menceritakan bagaimana keseruannya bisa berakting setelah ia dulunya hanya menyanyi.

“Akutu habis nyanyi 'Kebelet Pipis' ada album kedua tapi momentumnya hilang. Terus habis itu dulu main FTV. Aku inget banget FTV yang pertama aku main jadi anaknya Doni Damara. Dari situ langsung akting terus sampai sekarang,” jelas Ciccio.

Ketika ia kecil, Ciccio tak pernah bermain film. Ia hanya syuting FTV hingga umur 12-13 tahun, setelah itu ia memilih berhenti sejenak dari dunia akting dan memilih fokus di pendidikannya.

“Aku syuting sampai umur 12-13 tahunan, aku banyaknya di TV dan sempet nge-host juga. Mungkin karena dari kecil aku syuting terus, jadi kurang bisa main sama temen-temenku. Terus kalau syutingnya sampai malam kadang aku masuk sekolahnya juga agak siang. Terus kadang juga pulangnya duluan jadi nggak pernah spend time dengan teman. Terus waktu umur 12 tahun aku cukup nggak mau syuting lagi waktu itu, aku mau fokus di sekolah dan main bola,” tutur Ciccio.

Dari sana, Ciccio cukup mengerti mana hal yang disuka dan tidak disukai untuk ia lakukan. Ciccio sebagai anak bisa bebas memilih kegiatan yang ingin dilakukannya.

Termasuk kapan akan berhenti syuting dan melanjutkannya lagi. Ia pun mendapat dukungan dari orangtua atas keputusannya tersebut.

“Sampai umur 16-17 tahun itu baru ada tawaran yang aku mau lagi. Itu aku ditawarin sinetron banyak. Aku nerima pertama kali sinetron tentang bola, aku mau karena waktu itu aku lagi senang-senangnya banget sama bola. Jadi ok, why not toh syutingnya main bola juga,” jelasnya.

4. Penting untuk mengetahui apa yang diminati dan fokus apa yang dikerjakan

Ketika Ciccio memutuskan berhenti di dunia hiburan, saat ia remaja maka itu menjadi waktu bagi dirinya untuk hidup seperti anak pada umumnya. Ia bisa fokus belajar dan melakukan hal yang ia minati.

Lalu ketika ia beranjak semakin besar, memulai kembali di dunia seni peran maka ia juga tidak main-main dengan apa yang dilakukannya. Ciccio selalu berusaha fokus pada apa yang dikerjakannya.

Semua tidak luput dari dukungan orangtua, khususnya sang Mama yang sudah banyak membantunya selama perjalanan kariernya hingga ia menjadi seorang aktor. Ciccio juga mensyukuri kebersamaannya bersama sang Mama.

"Dari kecil Mama aku yang manage aku. Sampai sekarang aku sudah 24 tahun manegernya masih Mama, kalau waktu aku kecil sering ngisi acara sampai ke luar kota jadi hal yang memorable ya travelingnya. Biasanya dijagain mama, diarahin juga," ungkap Ciccio.

5. Ciccio merasa masa kecilnya menyenangkan, tapi pekerja hiburan perlu simak pesan yang satu ini

5. Ciccio merasa masa kecil menyenangkan, tapi pekerja hiburan perlu simak pesan satu ini
Instagram.com/ciomanassero

Laki-laki yang mengidolakan Al Pacino dan Robert De Niro mengaku senang ngobrol bareng dengan tim Popmama di Hari Anak Nasional kali ini. Ia juga bercerita bahwa pilihannya dulu menjadi artis cilik maupun aktor saat ini adalah keputusannya penuh.

Sayangnya dulu sebagian orang menganggap seperti eksploitasi anak. Padahal menurut Ciccio ini bisa jadi cara mengekspresikan bakat anak di dunia hiburan.

“Jadi aku have fun aja, nyanyi gitu, yang seru tuh misalnya aku manggung di mana terus pulangnya itu dibeliin mobil-mobilan. Dan yang aku appreciate dari keluargaku dan Om Bob juga nggak ada yang maksa aku. Eksploitasi anak itu nggak ada. Karena memang aku suka dan sampai sekarang juga,” pungkas Ciccio.

Lalu, kalau bisa mengulang ke momen dirinya kecil. Ciccio atau akrab disapa Cio ini menitipkan pesan, seandainya jadwal syuting bisa lebih ramah untuk anak-anak. Karena dulu ia merasakan harus pulang larut. Tak menampik, ia tetap suka dengan pengalaman itu.

“Ini pengalamanku kecil, dulu, syutingnya itu nggak child friendly sementara menurutku harusnya syutingnya bisa lebih dibatasi break-nya lebih awal. Mungkin itu sih kalau aku looking back apa yang bisa diubah, (pengalaman syuting) aku nggak menyesal sih,” jelas Cio.

Itulah tadi bagaimana transformasi Ciccio dari artis cilik hingga menjadi aktor dewasa. Hayo, siapa yang dulu ngefans dan gemas banget lihat tingkah lucu Ciccio? Nggak kerasa sekarang Ciccio sudah menjadi aktor papan atas dan sudah tampil di berbagai FTV, film, dan web series. Jangan lupa ditunggu karya-karya dari Cio selanjutnya ya, Ma!

Baca juga:

6. Motivasi untuk anak-anak Indonesia dalam menghadapi masa pandemi

Masa pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan bisa mereda. Anak-anak masih belajar dari rumah secara online. Mereka beradaptasi dengan kebiasaan baru saat ini.

Demotivasi bisa saja terjadi. Ciccio juga memberikan motivasi agar anak-anak Indonesia bisa terus semangat dalam melewati situasi sulit saat ini. 

"We are all in this together, bukan cuma sebagai orang Indonesia tapi the whole world is going to the same things right know, and this will pass. Pokoknya kalau kalian punya hobi atau kalian punya cita-cita just fight for it because this pandemic won’t last forever. Keep doing what you love! Setelah ini berakhir aku yakin hidup kita akan balik normal bahkan lebih baik lagi karena orang-orang bisa adaptasi pelajaran masing-masing dari waktu berbulan-bulan diam di rumah." - Ciccio Manassero (23/7/2020)

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.