TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Review Film 'The Sea Beast' yang Ajarkan Anak Mencintai Hewan Laut

Jalan cerita yang menarik dengan visual yang memanjakan mata nih!

20 Juli 2022

Review Film 'The Sea Beast' Ajarkan Anak Mencintai Hewan Laut
imdb.com

Film animasi terbaru Netflix 'The Sea Beast' sudah bisa disaksikan sejak 8 Juli 2022 lalu. Film ini disutradarai oleh Chris William yang sebelumnya menggarap film animasi 'Frozen' (2013), 'Big Hero 6' (2014), hingga 'Moana' (2016). 

Bersama Nell Benjamin, sang Sutradara menggarap naskah film soal persahabatan monster dan anak-anak ini. Bagi kamu yang menyukai film animasi petualang, 'The Sea Beast' bisa menjadi tontonan yang seru untuk akhir pekan!

Tak hanya tampilannya yang menarik, pesan dan makna yang terkandung dalam film ini juga begitu bagus. Yup, film 'The Sea Beast' bisa menjadi pintu agar kita bisa lebih paham soal isu menjaga bumi dan mencintai hewan laut nih.

Berikut Popmama.com rangkum review film 'The Sea Beast' yang ajarkan anak mencintai hewan laut.

1. Dua tokoh utama dalam film, Jacob dan Maisie yang membawa alur cerita bagus

1. Dua tokoh utama dalam film, Jacob Maisie membawa alur cerita bagus
imdb.com

Film 'The Sea Beast' dibukan dengan momen saat zaman nenek moyang tokoh di film ini yang ratusan tahun lalu mengetahui keberadaan monster laut. Saat kemunculan monster-monster itu mulai muncul dan menyebabkan malapetaka yang merenggut banyak nyawa.

Dekade pertama monster laut muncul, tidak sedikit orang terdahulu yang siap mati secara heroik demi membunuh binatang buas tersebut.

Ketakutan penduduk akan monster laut ini yang menyebabkan para pemburu menjelajah ke laut lepas untuk ‘membersihkan’ lautan dari ancaman para monster.

Jacob Hollan (Karl Urban) adalah anggota pemburu monster laut handal The Inevitable yang terkenal. Sosok Jacob begitu sempurna sebagai tokoh yang kuat, cerdik, cepat tanggap, yang bisa diandalkan oleh sang Kapten, Crow (Jared Harris).

Ada seorang anak yatim piatu bernama Maisie Brumble (Zaris-Angel Hator) kagum dengan kelompok The Inevitable. Orangtua Maisie meninggal saat berburu monster laut yang buas.

Karakter Maisie digambarkan sebagai gadis cilik yang berapi-api jika membahas soal monster laut. Karakter Maisie ini yang membuat perubahan besar sifat Jacob yang protagonis di alur cerita film tersebut.

Editors' Picks

2. Monster laut tak sejahat yang diceritakan, justru menyelamatkan Maise dan Jacob

2. Monster laut tak sejahat diceritakan, justru menyelamatkan Maise Jacob
imdb.com

Jacob dan Maisie akhirnya bersama untuk memburu monster laut. Namun, ada satu insiden yang membuat keduanya seolah tersadar karena monster laut tak sejahat yang dibayangkan.

Insiden itu adalah saat Jacob dan Maisie diselamatkan oleh Red Bluster. Keduanya sempat diancam sambil ditodong  senjata oleh sang Kapten. 

Dari sana, Maisie mulai mencari lebih dalam soal monster laut. Gadis cilik ini percaya bahwa monster-monster tadi bukanlah musuh sebenarnya. 

Ia percaya bahwa Red Bluster adalah monster yang mampu memahami dirinya. Hingga keduanya melewati banyak petualangan dan terdampar di sebuah pulau yang penuh dengan monster asing.

Pemikiran Jacob tentang monster laut berubah saat mereka bertiga melewati petualangan yang mengasyikan bersama. Dari sana Jacob berjanji tak ingin lagi melakukan perburuan di laut lepas.

Sayangnya, hal tersebut bertolak belakang dengan keinginan dan dendam kerajaan serta para pemburu yang sejak lama ingin membunuh Red. Sang Kapten, Crow berhasil menaklukan Red dan membawanya pada Raja dan Ratu sesuai janji.

Maisie bertekad untuk menyelamatkan dan meloloskan Red dari aksi pembunuhan para pemburu. Ia berhasil melakukannya

Keberanian dan pengakuan Maisie pun membawa perubahan besar di kerajaan tersebut. Ternyata tak perlu senjata dan badan besar, sosok gadis cilik seperti Maisie yang justru bisa mengubah pandangan secara luas masyarakat pulau tersebut.

3. Mengajarkan anak soal isu menjaga bumi, terutama mencintai hewan laut

3. Mengajarkan anak soal isu menjaga bumi, terutama mencintai hewan laut
imdb.com

'The Sea Beast' cerita mengenai relasi manusia dan hewan laut yang dalam hal ini diceritakan sebagai monster. Dengan menonton ini anak-anak akan banyak belajar soal relasi manusia dan alam secara tidak langsung.

Film dengan ekologi atau lingkungan dengan visual menarik yang bisa ditonton anak-anak. Di film 'The Sea Beast' ini anak-anak akan lebih mudah memahami soal menjaga lingkungan yang dibuktikan dengan hubungan Maisie, Jacob dan Red Bluster.

Awalnya Jacob dan Maisie punya pikiran semua monster laut jahat karena dianggap sering menyerang manusia. Namun, setelah mengetahui lebih dalam dan menggali banyak informasi pikiran mereka ternyata salah.

Ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak, di laut lepas banyak hewan-hewan yang seolah seram dan menakutkan. Namun, keberadaannya justru penting bagi ekosistem laut di bumi itu sendiri. 

Anak-anak bisa memahami bahwa penampilan dan rupa hewan laut yang seram tidak harus dimusnahkan. Atau ketika mendengar kasus soal penyerangan hewan laut kita bisa memahami dari sisi binatang tersebut. Mereka juga punya perasaan kok, hanya saja bahasanya berbeda dan tidak dimengerti manusia.

4. Ceritanya menarik, film ini dapat banyak pujian dari kritikus

4. Cerita menarik, film ini dapat banyak pujian dari kritikus
imdb.com

Cerita yang dibangun oleh film 'The Sea Beast' sangat solid dan menyenangkan. Tak hanya bisa ditonton oleh anak-anak, orang dewasa juga bisa menonton film ini dengan penuh keseruan.

Dari situs IMDB, film ini mendapatkan skor 7,1/10 dari perolehan lebih dari 4.500 suara. Sementara di Rotten Tomatoes film ini mendapatkan 94% dari 60 lebih ulasan kritikus yang positif. 

Pembuatan film 'The Sea Beast' ini sebenarnya dimulai pada tahun 2018. Perlu waktu sekitar 5 tahun hingga film ini selesai dan bisa disaksikan oleh penonton di tahun ini yaitu sejak 8 Juli 2022 di Netflix.

Itulah tadi review film 'The Sea Beast' yang ajarkan anak mencintai hewan laut. Yuk, bisa jadi tontonan seru bareng adik dan orangtua di weekend ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk