Anak Sering Tidur Larut Malam? Ini Dampak Buruknya, Ma!

Ternyata ada bahaya anak sering tidur larut malam, Ma!

23 Desember 2018

Anak Sering Tidur Larut Malam Ini Dampak Buruknya, Ma
Freepik

Menerapkan kedisiplinan pada anak memang harus Mama lakukan, termasuk dalam hal tidur malam. Sebab, anak memerlukan istirahat yang cukup demi tubuh yang bugar dan mood yang baik.

Sayangnya, terkadang ada beberapa dari Mama yang kurang disiplin dalam menerapkan jam tidur kepada anak. Akibatnya anak keasikan menonton TV atau bermain game dan akhirnya ia tidur larut malam pun.

Nah, bagi Mama yang sering membiarkan anak tidur larut malam, nampaknya harus menerapkan kedisiplinan terkait jam tidur anak. Sebab dilansir dari Step to Health, ada beberapa dampak buruk dari tidur larut malam pada anak.

Berikut beberapa diantaranya.

1. Anak tampak lelah

1. Anak tampak lelah
Freepik

Anak mama terlihat lemah dan lelah? Coba cek pola tidurnya. Anak yang sering tidur larut malam dan memiliki kualitas tidur yang buruk tampak terlihat lemah dan lelah lho, Ma!

Jadi jika anak terlihat tidak bersemangat dalam menjalani aktivitasnya, koreksi waktu tidur anak kembali ya!

2. Terlihat sering mengantuk

2. Terlihat sering mengantuk
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Akibat tidur larut malam, anak jadi kurang istirahat. Hal ini menyebabkan anak menjadi mudah atau sering mengantuk sepanjang hari.

Tak hanya mengantuk sepanjang hari saja efeknya, suasana hati anak juga cenderung kurang baik. Mereka tampak kurang semangat dalam menjalani aktivitas.

3. Sulit berkonsentrasi

3. Sulit berkonsentrasi
Freepik

Kurang tidur atau sering tidur larut malam bisa memengaruhi psikis anak, lho. Tidur yang kurang bisa menyebabkan anak menjadi kurang fokus dan sulit berkonsentrasi.

Nah, anak yang terbiasa tidur larut malam cenderung lebih malas dan mudah mengantuk di siang harinya. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kemampuan menyerap pelajaran juga, Ma!

Editors' Picks

4. Mengalami obesitas

4. Mengalami obesitas
newkidscenter.com

Anak mama rentan untuk mengalami obesitas ljika sering tidur larut malam. Sebab ada penelitian yang mengungkap bahwa pola tidur yang buruk bisa meningkatkan risiko alami obesitas, termasuk pada anak.

5. Pertumbuhan terhambat

5. Pertumbuhan terhambat
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Kurang tidur pada anak  biasa memengaruhi perkembangannya juga. Dilansir dari Psychcentral, tingkat hormon pertumbuhan akan dilepas ke aliran darah saat sedang tertidur nyenyak.

Nah, kurang tidur pada anak bisa menyebabkan penurunan pelepasan hormon pertumbuhan, termasuk yang menunjang tinggi badan.

6. Imunitas yang menurun

6. Imunitas menurun
Freepik/Rawpixel.com

Ternyata kurang tidur juga dapat memengaruhi kekebalan tubuh anak Ma. Kekebalan tubuh anak dapat menurun jika anak mengalami kurang tidur atau tidur larut malam dalam beberapa waktu.

Itulah dampak buruk dari kebiasaan tidur larut malam pada anak Ma. Mama harus bersikap tegas saat anak sudah mulai terbiasa mengabaikan waktu tidurnya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!