Ternyata, Mengajak Anak Bermain di Alam Membawa Banyak Manfaat Ma!

Tak hanya mengurangi stres, ada ragam manfaat mengajak anak bermain di alam

22 November 2018

Ternyata, Mengajak Anak Bermain Alam Membawa Banyak Manfaat Ma
Freepik/Senivpetro

Ruang bermain anak kini memang semakin terbatas Ma, namun bukan menjadi alasan untuk Mama tidak mengajak anak bermain keluar. Sebab, kini banyak tempat wisata yang menawarkan permainan anak yang mendekatkan anak dengan alam mulai dari menanam padi, memandikan kerbau atau sekedar menikmati deburan obak di pantai dan juga sejuknya udara di daerah pegunungan.

Tak hanya membuat pikiran jadi fresh saja Ma, ada banyak manfaat mengajak anak bermain di alam yang sayang untuk dilewatkan. Mama ingin tahu apa saja manfaatnya? Ini dia Ma!

1. Meningkatkan energi anak

1. Meningkatkan energi anak
Freepik/Rawpixel.com

Dengan mengajak anak bermain di alam, anak secara refleks akan bergerak mendekati apa yang menarik perhatian sehingga aktifitas fisik pun terjadi Ma.

Kegiatan seperti berlari, melompat atau memanjat yang umum dilkakukan anak saat bermain di alam terbuka. Ini membawa manfaat yang tidak dapat disepelekan. Anak bisa memiliki tubuh yang bugar, lebih bersemangat, bahkan menjadi lebih berenergi.

Mama masih ragu? Ada penelitiannya lho! Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 dan dimuat dalam Journal of Environmental Psychology mengungkap bahwa berad di alam mampu meningkatkan semangat, kebahagian dan energi. Manfaat yang menarik ya Ma!

2. Memiliki mata yang sehat

2. Memiliki mata sehat
Freepik

Manfaat mengajak anak bermain di alam berikutnya adalah berkaitan dengan penglihatan anak.

Mama harus tahu, sebuah riset yang dimuat di Optometry and Vision Science meengungkap bahwa anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan mempunyai penglihatan yang lebih bagus dibandingkan anak-anak yang bermain dalam ruangan.

Editors' Picks

2. Melatih konsentrasi anak

2. Melatih konsentrasi anak
Freepik

Menurut Attention Restoration Theory dari Rachel Kaplan dan Stephen Kaplan, lingkungan perkotaan mengharuskan otak anak untuk benar-benar berfokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu. Ini menyebabkan rentan konsentrasi anak menjadi cepat terkuras dan habis.

Nah, dengan mengajak anak bermain ke alam bebas, anak dapat terlatih untuk memfokuskan perhatiannya tanpa perlu bersusah payah. Jadi, tak hanya bermain, mengajak anak bermain di alam juga dapat melatih konsentrasinya. sentrai anak pun bisa terlatih.

4. Anak lebih kreatif

4. Anak lebih kreatif
Freepik

Manfaat mengajak anak bermain di alam berikutnya terkait tingkat kreativitas anak. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Preventive Medicine mengungkap bahwa anak yang bermain di luar rumah memiliki tingkat kreativitas, keterampilan memecahkan masalah, kemampuan kerjasama, dan disiplin yang lebih tinggi.

5. Memiliki kekebalan tubuh yang baik

5. Memiliki kekebalan tubuh baik
Freepik

Mama harus tahu, bermain di alam juga memengaruhi kekebalan tubuh anak, lho. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dirilis oleh Laboratory for Human Biology Research. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa anak yang sering bermain dialam lebih memiliki kemungkinan kecil untuk terjangkit asma, alergi, atau penyakit-penyakit autoimun lainnya.

Tak hanya itu saja Ma, ada banyak manfaat lain dari mengajak bermain anak ke alam bebas yang bisa diperoleh. Anak yang sering diajak bermain ke alam kabarnya juga cenderung memiliki kemandirian, keterampilan sosial, dan kemampuan emosional yang lebih baik. Jadi dari sekarang, luangkan waktu untuk mengajak anak bermain di alam yuk Ma.

Baca juga: Cara yang perlu Mama lakukan agar anak mencintai alam