Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Artis Korea yang Ganti Nama Panggung, Ada RM BTS dan Tiffany SNSD

Karena alasan tertentu, sederet idol Kpop ini memutuskan mengganti nama panggung

17 November 2022

12 Artis Korea Ganti Nama Panggung, Ada RM BTS Tiffany SNSD
Instagram.com/rkive/tiffanyyoungofficial

Nama panggung bagi seorang artis diibaratkan sebagai identitas dari diri mereka selama berkarier di industri hiburan. Bahkan, ada beberapa artis Korea yang memiliki nama panggung berbeda dengan nama aslinya demi membentuk citra tertentu.

Meski publik sudah familiar dengan nama panggung mereka, namun beberapa idola Kpop di bawah ini memutuskan untuk mengganti nama panggung karena alasan tertentu.

Penasaran ada siapa saja? Berikut Popmama.com telah rangkum sejumlah artis Korea yang pernah ganti nama panggung.

1. RM BTS

1. RM BTS
Instagram.com/rkive

Siapa sih yang tidak mengenal leader BTS satu ini?

Sebelum dikenal sebagai RM, pemilik nama asli Kim Namjoon ini pernah mengganti nama panggungnya dari Rap Monster menjadi nama yang sekarang. Pergantian name stage miliknya terjadi pada tahun 2017 silam.

Alasan RM merubah nama panggung adalah karena ia merasa namanya terlalu panjang dan sulit diucapkan. Selain itu, RM mengatakan bahwa nama Rap Monster tak bisa mewakili semua genre musik yang ingin dijangkaunya.

2. Joohoney MONSTA X

2. Joohoney MONSTA X
Instagram.com/joohoneywalker

Joohoney menjadi salah satu idol Kpop yang pernah mengganti namanya beberapa kali. Pertama, ia mengganti nama aslinya yang awalnya Lee Hojoon menjadi Lee Jihwan, kemudian ia mengubahnya lagi dengan nama Lee Jooheon.

Personel MONSTA X ini sebelumya debut menggunakan nama asli, yaitu Jooheon. Tetapi, pada tahun 2019, ia mengubah nama panggung menjadi Joohoney. Alasannya, agar penggemar bisa lebih mudah mengucapkan namanya.

3. DAWN

3. DAWN
Instagram.com/hyojong_1994

Nama panggung idola satu ini sebelumnya adalah E’Dawn. Ia menggunakannya ketika debut bersama boygroup di bawah naungan CUBE Entertainment bernama PENTAGON. Namun sayang, kariernya sebagai anggota boyband tidak berlangsung lama.

Setelah meninggalkan grupnya, Dawn memilih bergabung dengan agensi milik PSY, yakni P Nation. Di agensi yang baru, ia mengganti nama panggungnya menjadi Dawn pada tahun 2018 silam.

4. Jay, Song, Chan, dan DK iKON

4. Jay, Song, Chan, DK iKON
Dok. YG Entertainment

Di tahun 2017, iKON merilis album baru bertajuk ‘New Kids: Begin’. Pada saat yang bersamaan, keempat anggota iKON mantap untuk mengganti nama panggung mereka.

Jinhwan menjadi Jay, Yunhyeong menjadi Song, Chanwoo menjadi Chan, dan Kim Dong Hyuk menjadi DK. Alasan mereka mengubah nama panggungnya adalah agar nama mereka lebih gampang dikenal dan mudah diucapkan oleh penggemar internasional.

5. Jinyoung GOT7

5. Jinyoung GOT7
Instagram.com/jinyoung_0922jy

Penyanyi sekaligus aktor Jinyoung mengawali kariernya dengan debut sebagai anggota boyband di bawah naungan JYP Entertainment, bernama GOT7. Saat itu, ia memilih nama panggung JR atau Junior.

Namun, pada tahun 2016, ia mengumumkan melalui akun Twitternya bahwa ia akan menjalankan aktivitasnya di industri hiburan dengan nama Jinyoung bukan JR atau Junior lagi.

Alasan penggantian nama ini adalah karena dirinya merasa tidak pantas dipanggil Junior di saat usianya semakin bertambah. Jinyoung ingin menunjukkan kepada penggemar kalau dirinya sudah dewasa.

Editors' Picks

6. Lee Jinhyuk

6. Lee Jinhyuk
Instagram.com/ljh_babysun

Mengawali debutnya sebagai anggota UP10TION pada 2015 lalu, lelaki kelahiran 1996 ini mempunyai nama panggung Wei.

Namun, setelah mengikuti survival ‘Produce X 101’, pihak agensi yang menaunginya mengkonfirmasi bahwa ia mengganti nama panggungnya menjadi Lee Jinhyuk.  

Kini, Jinhyuk masih aktif sebagai seorang penyanyi solo dan beberapa kali juga tampil sebagai aktor di drama Korea.

7. Kim Byeongkwan A.C.E

7. Kim Byeongkwan A.C.E
topstarnews.net

Saat mengikuti ajang kompetisi MIXNINE, idola Kpop satu ini dikenal publik dengan nama Jason sebagai nama panggungnya.

Namun seiring berjalannya waktu, ia memutuskan untuk mengganti nama panggungnya. Tepatnya ketika berhasil debut sebagai member A.C.E, ia memakai nama Kim Byeongkwan.

8. Kyulkyung eks I.O.I dan PRISTIN

8. Kyulkyung eks I.O.I PRISTIN
Instagram.com/zhou_jieqiong1216

Tak hanya dari Korea Selatan, ada juga idola asal Cina yang berkarier di Negeri Gingseng ikut mengganti nama panggungnya.

Awalnya, ia dikenal dengan nama Pinky ketika pertama kali muncul di ajang survival ‘Produce 101’. Namun setelah debut di I.O.I dan PRISTIN, ia mengganti nama panggungnya menjadi Kyulkyung.

9. Mino WINNER

9. Mino WINNER
Instagram.com/realllllmino

Siapa di antara kalian yang baru tahu bahwa Mino WINNER ternyata juga pernah mengganti nama panggungnya?

Sebelum dikenal sebagai Mino, lelaki multitalenta ini memakai nama Tagoon. Namun, tampaknya nama tersebut jarang diketahui banyak orang.

10. Tiffany SNSD

10. Tiffany SNSD
Instagram.com/tiffanyyoungofficial

Berkarier selama 10 tahun sebagai personel SNSD, Tiffany selalu menggunakan nama Tiffany Hwang untuk memperkenalkan diri karena itu adalah nama panggungnya.

Namun pada Maret 2016, perempuan kelahiran 1989 ini resmi menggunakan nama Tiffany Young, yang mana itu diambil dari nama Koreanya, yaitu Hwang Mi Young.

11. Kwon Eunbi

11. Kwon Eunbi
Instagram.com/silver_rain.__

Tak banyak yang tahu bahwa idola satu ini awalnya pernah debut sebagai anggota girl group bernama Ye-A. Saat itu, ia menggunakan nama panggung Kazoo. Namun sayang, grupnya cukup underrated.

Sehingga, Eunbi mencoba perutungan baru dengan menggunakan nama asli ketika mengikuti kompetisi ‘Produce 48’. Setelah mengakhiri kontraknya sebagai personel IZ*ONE, Eunbi pun debut sebagai solois menggunakan nama aslinya, yaitu Kwon Eunbi.

12. Jenyer

12. Jenyer
Instagram.com/jenyerjiyoon

Mantan personel 4Minute satu ini juga menjadi deretan artis Korea yang pernah mengganti nama panggungnya. Sebelumnya, ia terbilang populer menggunakan nama panggung sekaligus nama asli, Jiyoon.

Setelah 4Minute bubar, Jiyoon meneruskan kariernya di industri hiburan sebagai penyanyi solo. Dia juga mengganti nama panggungnya menjadi Jenyer.

Jadi itu dia deretan artis Korea yang pernah ganti nama panggung. Ada idola kesayangan kamu nggak, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk