TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksklusif: Punya Pola Pikir Dewasa, Begini Didikan dan Ajaran yang Diperoleh Ciara Brosnan dari Sang Mama

Sosok Mama Monika membuat Ciara Brosnan bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin

29 Juli 2022

Eksklusif Pu Pola Pikir Dewasa, Begini Didikan Ajaran Diperoleh Ciara Brosnan dari Sang Mama
Popmama.com/Michael Andrew

Mengajarkan anak tentang nilai-nilai kebaikan merupakan hal yang patut dilakukan oleh semua orangtua. Pasalnya, kecerdasan intelektual bukan satu-satunya yang wajib dimiliki anak.

Seorang anak juga perlu tahu caranya berbuat baik, menghargai sesama, dan menerapkan nilai-nilai kebaikan lainnya.

Berbuat kebaikan tidak hanya membuat seorang anak menjadi sosok yang cerdas, tetapi juga menumbuhkan kelembutan hati dan empati dalam diri mereka.

Tumbuh dengan pola pikir dewasa, Ciara Brosnan (10) memperoleh hal tersebut tidak secara cuma-cuma. Ada sosok sang Mama yang membuatnya bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin dan disukai banyak orang berkat sifat baiknya.

Melalui wawancara eksklusif bersama Popmama.com, Monika selaku Mama dari Ciara Brosnan berbagi cerita tentang bagaimana dirinya mendisiplinkan dan mengajarkan nilai kebaikan kepada sang putri.

Ia juga memberikan tips tentang gaya hidup Ciara Brosnan untuk menjaga kesehatan fisik di tengah aktivitas padat sebagai seorang artis cilik.

Penasaran seperti apa? Berikut Popmama.com telah menyiapkan ulasan selengkapnya khusus untuk Mama.

1. Ciara Brosnan rutin melakukan olahraga lari untuk menjaga kesehatan fisiknya

1. Ciara Brosnan rutin melakukan olahraga lari menjaga kesehatan fisiknya
Popmama.com/Michael Andrew
Ciara Brosnan, Popmama Little Star edisi Juli 2022

Monika paham betul jika profesi Ciara sebagai artis cilik membuat putrinya harus dihadapkan dengan berbagai kegiatan padat. Dalam menjaga kesehatan fisiknya, Monika sudah membiasakan Ciara untuk rutin berolahraga.

Bahkan saat harus menginap di suatu tempat untuk keperluan syuting, Ciara masih menyempatkan waktu untuk setidaknya lari mengelilingi lokasi tempatnya menginap.

“Aku ajarin dia untuk selalu olahraga. Aku tekanin ke dia kalau olahraga itu penting. Kalau kita nginep tinggal di suatu tempat untuk keperluan syuting, aku juga ingetin dia untuk lari atau seenggaknya jalan, itu wajib,” kata Monika selaku Mama dari Ciara Brosnan dalam wawancara eksklusif dengan Popmama.com

Mempunyai fisik yang sehat, ternyata Ciara sudah terbiasa melakukan olahraga lari. Setiap harinya, setidaknya ia akan menyisihkan waktu untuk lari selama 40 menit di pagi hari dan 40 menit lainnya di malam hari.

Kemudian jika kegiatan syutingnya sedang padat, ia akan bangun lebih awal sebelum jadwal syuting untuk lari pagi selama 20 menit.

“Ciara anaknya sudah terbiasa lari. Kalau pagi 40 menit, malam juga 40 menit, itu kalau lagi break. Kalau syuting padat, Ciara bakal bangun duluan lebih awal sebelum syuting untuk lari setidaknya 20 menit. At least dia fisiknya harus gerak,” ujar Monika.

2. Menghindari makanan manis dan mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi

2. Menghindari makanan manis mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi
Popmama.com/Michael Andrew
Ciara Brosnan, Popmama Little Star edisi Juli 2022

Selain menjaga kesehatan lewat olahraga fisik, Monika juga mengatur asupan makanan Ciara. Mamanya ini tidak lupa selalu mengingatkan Ciara untuk mengonsumsi vitamin dan menghindari makan terlalu banyak karbohidrat.

“Aku kasih dia vitamin sehari-hari. Pola makannya juga aku atur dengan membatasi asupan karbohidrat. Makan lauknya sebanyak apa pun nggak papa, yang penting less carbo. Ada beras khususnya juga buat Ciara. Aku pun menghindari Ciara makan makanan manis, soalnya dia sugar rush, jadi hiperaktif setelah mengonsumsi manis,” ujar Monika.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini sadar jika dirinya tidak boleh makan sembarangan. Saat berada di lokasi syuting pun, Monika sebisa mungkin membuatkan bekal untuk Ciara agar makanan yang dimakan sang Anak terjaga kebersihan dan kesehatannya.

“Aku nggak pernah biarin Ciara makan dari nasi boks. Biasanya aku masak atau kalau nginep di vila kita pesan online, tapi tetep nasinya aku bawa sendiri,” ucapnya.

Selain makanan berat, Ciara ternyata juga punya camilan buah wajib yang harus dikonsumsinya, yaitu papaya. Monika bercerita jika putrinya ini tidak terlalu menyukai sayur-sayuran. Namun, Ciara masih mau mengonsumsi buah-buahan, seperti strawberry atau buah naga.

“Kalau wajib itu Ciara makan papaya karena baik buat pencernaan. Dia anaknya nggak doyan sayur. Tapi masih mau makan buah, kayak strawberry, buah naga, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Editors' Picks

3. Telah ditanamkan sikap saling menghargai sesama oleh sang Mama sejak kecil

3. Telah ditanamkan sikap saling menghargai sesama oleh sang Mama sejak kecil
Popmama.com/Michael Andrew

Monika telah mengajarkan banyak nilai kebaikan sejak Ciara kecil, salah satunya adalah menanamkan pemikiran jika setiap orang mempunyai kedudukan sama.

Meski berstatus sebagai seorang artis cilik yang mempunyai banyak penggemar, namun Ciara selalu berusaha rendah hati tanpa membedakan satu dengan yang lain. Ia bersikap baik kepada siapa pun tanpa pandang bulu.

“Aku ngajarin Ciara banyak hal. Misalnya, kalau ada rejeki lebih, aku ingetin dia untuk seenggaknya berbagi ke orang lain. Kebaikan yang aku ajarkan lebih ke nilai-nilai sosial. Salah satunya, dia harus inget kalau semua orang di dunia ini punya kedudukan sama,” jelas Monika.

Monika menjelaskan jika karier yang telah di raih Ciara sampai saat ini, itu semua berkat doa dari banyak orang. Semakin kita bersikap baik kepada orang, semakin banyak pula doa-doa baik yang diberikan orang lain kepada kita.

“Aku bilang ke dia, kamu bisa begini karena doa dari banyak orang. Makin banyak yang doain kamu, makin bagus untuk kamu. Kalau kamu sombong, karier kamu akan pendek di sini. Kalau kamu penyayang, pasti akan banyak yang support kamu,” tambahnya.

4. Begini cara Mama Monika mendisiplinkan Ciara Brosnan ketika berbuat salah

4. Begini cara Mama Monika mendisiplinkan Ciara Brosnan ketika berbuat salah
Popmama.com/Michael Andrew
Ciara Brosnan dan Aysha Ocean, Popmama Little Star edisi Juli 2022

Di masa pertumbuhan anak, pasti ada momen di mana mereka berbuat salah, baik secara sengaja maupun tanpa disengaja.

Dalam memproses hal itu, biasanya setiap orangtua mempunyai cara tersendiri untuk memberitahukannya agar sang Anak tidak mengulangi perbuatannya lagi. Hal itu juga diterapkan Monika untuk mendisiplinkan Ciara.

“Aku gampang sih nerapin tiga hal, pertama tidak ada handphone, kedua tidak ada televisi, dan ketiga tidak ada camilan. Semuanya aku tahan selama seminggu,” kata Monika.

Monika mengatakan cara mendisiplinkan anak ini sudah diterapkan sejak Ciara memasuki umur tujuh tahun. Cara tersebut diperoleh dari sang Papa yang memang berhasil untuk mendisiplinkan dirinya, dan ternyata cara itu juga berhasil untuk membuat Ciara lebih disiplin.

“Dia pernah lakuin kesalahan. Aku nggak perlu teriak-teriak sih buat mengajarkan dia. Aku lebih milih buat aku ambil handphonenya dan pergi dari rumah, nginep di apartemen. Pada akhirnya dia nelfon pakai hp ayah aku buat minta maaf dan janji nggak ngelakuin hal itu lagi,” cerita Monika.

5. Melakukan quality time bersama Mama dengan jalan-jalan ke mal

5. Melakukan quality time bersama Mama jalan-jalan ke mal
Popmama.com/Michael Andrew
Ciara Brosnan, Popmama Little Star edisi Juli 2022

Salah satu cara meningkatkan bonding atau ikatan emosional antara Mama dan anak ialah dengan memiliki waktu yang berkualitas alias quality time.

Monika dan Ciara merupakan pasangan Mama dan anak yang suka menghabiskan waktu bersama. Karena bukan anak rumahan, Ciara lebih suka quality time bersama sang Mama dengan berjalan-jalan ke mal.

Kalau aku sama Ciara tipe yang quality time di luar, karena dia bukan anak rumahan. Biasanya ke mal, di sana kita ngelakuin semuanya, shopping iya, ke tempat bermain iya. Ciara juga suka nonton bioskop,” ungkap Monika.

6. Suka duka punya anak yang berprofesi sebagai artis cilik seperti Ciara Brosnan

6. Suka duka pu anak berprofesi sebagai artis cilik seperti Ciara Brosnan
Popmama.com/Michael Andrew
Ciara Brosnan, Popmama Little Star edisi Juli 2022

Ciara Brosnan mulai aktif terjun ke dunia hiburan saat usianya baru menginjak 3,5 tahun. Pemilik nama asli Ciara Nadine Brosnan ini mengawali kariernya sebagai seorang bintang iklan. Dari situ, ia memberanikan diri untuk mengepakkan sayap mencoba dunia seni peran.

Tanpa diduga, sinetron pertama yang dibintanginya seolah menjadi pintu yang membuatnya memperoleh tawaran untuk bermain di film dan sinetron lainnya.

Awalnya bintang iklan, nyoba ke sinetron kalau nggak salah pas umur empat tahun. Ciara masuk dunia sinetron ngiranya setelah itu nggak ada panggilan, tapi ternyata ada panggilan lagi dan dilanjutin sampai sekarang,” tutur Monika.

Mempunyai seorang anak yang berprofesi sebagai artis cilik, Monika pun membagikan pengalaman suka dan duka yang telah dilewatinya selama ini. Ia mengatakan jika lebih banyak hal suka dan patut disyukuri ketika memiliki anak populer seperti Ciara.

“Aku memang sejak dulu diajarin untuk mandiri punya uang sendiri. Dari situ, aku mengajarkan Ciara untuk bisa jadi perempuan kuat dan independen. Dia pun sudah melakukan itu sekarang, makanya aku bangga sama dia,” ucapnya.

“Lalu yang kedua, terjun ke dunia entertain ini membuat pemikiran Ciara lebih dewasa, hal itu membuat dia udah punya pegangan buat ke depannya. Dia pemikirannya dewasa dengan keadaannya sekarang. Aku bangga, dengan hasil kerjanya dia seperti ini,” tambahnya.

Pekerjaannya di industri hiburan membuat Ciara bertemu orang baru dari berbagai latar belakang berbeda, menjalin relasi baru, serta memperoleh wawasan luas yang tidak bisa ia dapatkan saat berada di sekolah.

“Dia dapat wawasan yang luas juga, ketemu orang baru, dan segala macamnya. Bagian positifnya itu. Mungkin Allah memang sudah mengarahkan jalannya seperti ini buat membantu keluarga,” lanjutnya,

Meski banyak hal positif yang didapatkan, namun dibalik itu semua ada pula hal kurang mengenakkan saat terjun ke dunia entertainment.

“Nggak enaknya itu banyak digibahin, tapi itu wajar sih ya namanya juga entertainment. Selama kita yakin kita punya something special, bakat yang kita punya, aku percaya karier itu bisa panjang,” tutur Monika.

Semoga kisah yang dibagikan Mama dari Ciara Brosnan ini bisa menjadi inspirasi ya!

Popmama Little Star Edisi Juli 2022 Spesial Hari Anak Nasional: Ciara Nadine Brosnan dan Aysha Razaana Ocean Fajar

Editor in Chief - Sandra Ratnasari 
Senior Editor - Novy Agrina 
Editor - Onic Metheany 
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Sania Chandra Nurfitriana 
Social Media - Irma Ediarti 
Design - Aristika Medinasari 
Photographer - Michael Andrew
Asst. Photographer - Jordi Farhansyah
Videographer - Iqbal Pratama, Krisnaji Iswandi
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Makeup Artist & Hair Do - Kay Mori
Ciara Nadine Brosnan outfit - KYDS, Wilio
Aysha Razaana Ocean Fajar outfit - KYDS
Ciara & Aysha Ocean shoes - Wilio

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Popmama Little Star 2022
Millennial Mama

Popmama Little Star 2022

Spesial Hari Anak Nasional 2022: Be Bright! Reach the Stars!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk