6 Tips Mempersiapkan Menstruasi Pertama Anak

Mentruasi adalah tonggak penting perkembangan anak perempuan mama. Apakah Mama sudah siap?

19 Juni 2019

6 Tips Mempersiapkan Menstruasi Pertama Anak
Unsplash/Boram Kim

Sebagian besar perempuan mendapatkan menstruasi pertama ketika berusia 12 atau 13 tahun. Beberapa ada yang lebih awal atau setelah usia 13 tahun.

Kapan pun waktunya, Mama harus mempersiapkannya sejak dini. Anak perempuan mama mungkin sudah memiliki beberapa pertanyaan sehubungan dengan menstruasi. Bisa jadi, anak merasa sungkan untuk membahas masalah ini.

Mengapa Mama harus membahas soal menstruasi dengan anak? Ini sangat penting untuk dilakukan, Ma. Anak mama mungkin merasa malu atau sungkan namun perlu diingat bahwa ia harus mendapatkan informasi yang tepat. Jika tidak, anak akan bergantung pada pandangan dan informasi dari temannya, yang belum tentu tepat. Informasi yang salah dapat mengubah cara anak memandang soal menstruasi dan tubuh secara keseluruhan.

Popmama.com mengulas tips untuk Mama bagaimana membahas soal menstruasi dengan anak.

1. Lakukan percakapan lebih awal

1. Lakukan percakapan lebih awal
Maxpixel/NIKON D7200

Anak membentuk perspektif dengan cukup cepat. Jadi semakin awal Mama memperkenalkan topik dalam kehidupan anak, semakin baik. Anak memiliki kesempatan untuk menggali informasi lebih banyak dan belajar dari pengalaman teman lain atau Mama.

Selain itu, anak juga memiliki kesempatan untuk menyiapkan diri lebih baik.

2. Diskusi berkelanjutan

2. Diskusi berkelanjutan
Freepik

Jika Mama memberikan semua informasi dalam satu diskusi, anak mungkin akan kewalahan untuk memahami semuanya. Pendekatan yang baik adalah mengadakan diskusi beberapa kali dengan anak perempuan Mama, sehingga ia bisa memahami dengan baik.

3. Biarkan anak bicara

3. Biarkan anak bicara
Pxhere

Mama bisa mulai dengan bertanya padanya soal apa dan seberapa banyak yang anak ketahui soal pubertas. Buat dia merasa nyaman untuk berbicara. Nada suara juga berperan penting, Ma. Jika nada suara Mama agak keras, mungkin anak akan berpikir kalau dia akan ditegur karena mengetahui sesuatu tentang menstruasi.

Dengan memberi kesempatan anak berbicara, Mama bisa menggali informasi soal apa yang anak ketahui tentang menstruasi. Jika ada informasi yang salah, maka ini saat yang tepat untuk memperbaikinya.

Editors' Picks

4. Cari waktu yang tepat

4. Cari waktu tepat
Freepik

Cari tahu tentang pendidikan seksual di sekolah. Apakah organ reproduksi wanita termasuk dalam bahan pendidikan seksual ini. Jika ya, ini adalah saat yang tepat untuk memulai percakapan. Banyak sekolah sudah mengadakan kelas untuk mengajarkan soal menstruasi, sehingga ini juga dapat membantu Mama.

5. Bagikan pengalaman Mama

5. Bagikan pengalaman Mama
Pixabay/sookyungan

Cara terbaik untuk mengajarkan kepada anak soal menstruasi adalah dengan berbagi soal pengalaman. Mama dapat bercerita kepada anak bagaimana pengalaman mama saat menstruasi pertama. Apa yang menjadi kekhawatiran dan bagaimana Mama mengatasinya. Dengan berbagi, selain anak mendapatkan tambahan informasi, ini juga akan membuat anak merasa nyaman untuk bercerita.

Jelaskan padanya bahwa setiap anak perempuan berbeda

Anak mama mungkin khawatir jika hampir semua temannya sudah mendapat menstruasi dan dia belum. Atau mungkin dia malu kalau sudah mendapatkannya lebih dulu.

Jauhkan semua kekhawatiran itu dari anak. Jelaskan bahwa setiap tubuh anak perempuan itu berbeda. Setiap anak perempuan akan mendapatkannya, entah itu lebih cepat atau lambat.

6. Atasi ketakutan lain

6. Atasi ketakutan lain
Freepik/makyzz

Anak mungkin khawatir akan banyak hal. Ini normal ya, Ma. Yang perlu Mama lakukan adalah beri kesempatan pada anak untuk bertanya sebanyak mungkin dan beri jawaban sampai anak merasa puas. Ada beberapa hal yang bisa dijelaskan oleh Mama, misalnya:

  • Apa itu menstruasi,
  • akankah menstruasi membuat sakit,
  • berapa lama menstruasi berlangsung,
  • apa yang harus dilakukan selama menstruasi,
  • bagaimana jika mendadak mendapat menstruasi saat berada di sekolah,
  • bagaimana jika menodai pakaian, apa yang harus dilakukan.

Menstruasi adalah salah satu tonggak perkembangan penting bagi anak perempuan Mama. Alih-alih disambut dengan rasa khawatir, yuk siapkan anak untuk mempersiapkannya dengan hati gembira.

Bagaimana pengalaman Mama saat mempersiapkan menstruasi pertama anak?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!