Si Kecil Belajar Daring Bikin Mama Menghadapi 5 Masalah Ini, Setuju?

Ribet tapi Mama harus sabar

30 Oktober 2020

Si Kecil Belajar Daring Bikin Mama Menghadapi 5 Masalah Ini, Setuju
Shutterstock/Odua Images

Coba Mama hitung, sudah berapa bulan si Kecil menerapkan sistem belajar online di rumah? Awal-awalnya sudah pasti si Kecil antusias dan senang karena nggak harus pergi sekolah setiap hari. Tapi makin lama, pasti ia bakal bosan dan menemukan kendala saat harus melakukan sistem belajar online setiap hari. Coba perhatikan apakah si Kecil mulai merasakan lima masalah ini selama belajar online di rumah, Ma?

1. Kuota biasa menjadi kendala utama

1. Kuota biasa menjadi kendala utama
Shutterstock/Odua Images

Mama pastinya sudah hafal banget ya, kalau hal yang satu ini biasanya jadi masalah utama yang dihadapi saat si Kecil mulai menerapkan belajar online. Masalah kuota biasanya menjadi beban tersendiri bagi Mama dan Papa. Apalagi jika memiliki buah hati yang sudah bersekolah lebih dari satu. Harus sedia dua HP dan kuota 2x lipat demi mengikuti pembelajaran online.

2. Si Kecil susah bertanya kepada guru secara langsung

2. Si Kecil susah berta kepada guru secara langsung
Shutterstock/Ekkaratk

Bisa dibilang jika sistem belajar secara online terkadang menimbulkan beberapa masalah yang menjadi kegelisahan para orangtua. Salah satunya tentu masalah tentang sedikitnya ruang untuk murid bisa bertanya secara langsung. Masalah ini bisa jadi karena sinyal yang buruk membuat koneksi terputus-putus, atau memang durasi kelas online yang terasa singkat dan kurang efektif. 

Alhasil si Kecil hanya bisa menerima pelajaran dan jarang bisa bertanya langsung pada guru. Di situ peran Mama dan Papa sebagai pendamping di rumah yang harus bekerja ekstra. Sabar ya Ma.

Editors' Picks

3. Tugas sekolah terasa lebih banyak dan beraneka ragam

3. Tugas sekolah terasa lebih banyak beraneka ragam
Shutterstock/Oranzy Photography

Masalah lainnya yang dirasakan saat belajar online adalah tugas yang menumpuk. Biasanya beberapa guru lebih memilih untuk memberikan tugas sebagai ganti dari kelas online. Hal ini bisa dimaklumi, karena pilihan ini digunakan para guru dengan tujuan agar ‘lebih hemat’ kuota dan sebagainya. 

Namun sayang, tentunya hal ini menjadi ‘masalah’ baru bagi murid yang memang susah paham pada materi tertentu tanpa dijelaskan lebih dulu. Lagi-lagi ini jadi tugas sampingan Papa dan Mama dalam menjelaskan materi jika guru tidak bisa.

4. Kegiatan si Kecil jadi lebih ‘padat’ dari biasanya

4. Kegiatan si Kecil jadi lebih ‘padat’ dari biasanya
Shutterstock/Natee K Jindakum

Belajar secara daring nggak hanya membuat Mama dan Papa jadi punya kegiatan ekstra, tapi si Kecil juga nih. Selain si Kecil harus mantengin HP untuk belajar online, ia pasti juga membutuhkan hiburan dan refreshing karena terlalu lama di rumah aja bisa bikin ia mudah bosan. Alhasil Mama harus menyiapkan berbagai cara untuk membuat si Kecil tetap aktif meski di rumah aja. 

Dukungan Mama agar si Kecil tetap bergerak aktif tentunya penting bagi kesehatannya. Mama bisa mendukungnya dengan memberikan asupan yang cukup mulai dari makanan sampai ruang bergerak yang nyaman. Pastikan Mama memberikan si Kecil minuman sehat seperti MILO Kotak sebagai sumber energi hariannya.

Si Kecil Belajar Daring Bikin Mama Menghadapi 5 Masalah Ini, Setuju
Popmama.com/MILO

Dalam sekotak MILO yang disajikan setiap harinya, dengan kombinasi cokelat, susu, dan malt untuk memberikan energi untuk mendukung anak tetap aktif meski di rumah aja. MILO kotak sebagai sumber Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Kalsium dan Fosfor. Ini sudah pasti menjadi sumber energi yang baik untuk si Kecil beraktivitas seharian. Klik di sini untuk info lengkapnya ya Ma.

5. Susah konsentrasi karena banyak yang mengalihkan

5. Susah konsentrasi karena banyak mengalihkan
Shutterstock/Odua Images

Belajar di rumah biasanya menjadi hal yang sulit dilakukan oleh anak-anak. Mereka cenderung lebih sulit berkonsentrasi saat di rumah. Biasanya hal ini terjadi karena banyak ‘gangguan’ yang mengalihkan perhatiannya. Alhasil apa yang sudah ada di otak, tiba-tiba menghilang. Sebagai orangtua yang mendampingi si Kecil belajar, usahakan memberikan ruang belajar yang nyaman untuk si Kecil ya Ma. 

Jadi, gimana? Mama sudah peka belum dengan masalah-masalah di atas? Mana yang sering dihadapi si Kecil selama belajar onlinedi rumah? (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.