Demi Masa Depan, Ini Cara Membuat Anak Berani untuk Punya Mimpi!

Pepatah gantungkan mimpi setinggi bintang di langit masih berlaku di masa kini, lho

5 Februari 2020

Demi Masa Depan, Ini Cara Membuat Anak Berani Pu Mimpi
thedailybeast.com

Impian besar wajib dimiliki semua orang. Janganlah takut untuk bermimpi besar, karena dengan kerja keras, usaha optimal, dan doa, pasti impian tersebut terwujud. Hal yang terpenting adalah kita harus meyakini bahwa impian tersebut akan terwujud. 

Apakah mama ingin mempunyai anak dengan impian yang besar? Disini Popmama.com akan memberikan cara untuk membuat anak memiliki mimpi yang besar, berikut caranya:

1. Kenali anak mama dengan baik

1. Kenali anak mama baik
Freepik

Sebagai orangtua, mama harus memahami anak mama dengan baik. Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama anak untuk memahaminya dengan lebih baik. Perhatikan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. Dengarkan apa yang dia bicarakan dan apa yang dia inginkan ketika dia dewasa. 

Kenali anak mama saat anak mencoba berbagai mimpi dan minat. Dorong anak untuk memiliki mimpi sebanyak yang dia inginkan. Biarkan dia mencoba berbagia hal sehingga menemukan yang paling sesuai dengan minatnya dan menjadikan itu impiannya.

2. Dorong anak untuk mengejar kebaikan dalam mimpinya

2. Dorong anak mengejar kebaikan dalam mimpinya
Freepik/tirachardz

Anak-anak ingin tumbuh dewasa untuk mengetahui tujuan hidupnya. Anak juga ingin melakukan sesuatu yang penting di dalam hidupnya ketika sudah dewasa. Ma, dorong anak-anak untuk tidak hanya bermimpi tetapi untuk mencari kehendak Tuhan dalam mimpi itu.

Dorong mereka di jalan benar yang akan membantu banyak orang, atau untuk menyalurkan mimpi mereka dengan cara berbagi kebaikan kepada banyak orang. Jangan biarkan mereka terlalu mementingkan diri sendiri dalam mimpi mereka. Dorong anak untuk mengejar apa yang baik dan benar, dan impian mereka pasti akan tercapai.

3. Beri semangat kepada anak untuk mengejar mimpi menggunakan bakat alami anak

3. Beri semangat kepada anak mengejar mimpi menggunakan bakat alami anak
pull-ups.com

Mama, sebagai orangtua pasti sangat memahami anak mama sehingga Mama mengetahui bakatnya. Akan tetapi ma, tidak semua anak dapat mengenali bakatnya sendiri sehingga memerlukan bantuan Mama untuk memberitahu dan mengarahkannya. 

Misalnya, jika anak mama ingin menjadi atlet profesional tetapi tidak memiliki bakat atletik, mama harus mengarahkan dia ke arah yang masuk akal. Mama harus memberitau apa yang benar-benar anak kuasai dan temukan cara baginya untuk menggunakan hadiah itu.

Editors' Picks

4. Luangkan waktu mama untuk bermimpi bersama anak

4. Luangkan waktu mama bermimpi bersama anak
origamidelights.storenvy.com

Jika anak mama kesulitan untuk memikirkan impian besar mereka, luangkan waktu bersama anak untuk bermimpi besar dengan meninjau nilai-nilai dari karakter kartun favoritnya atau apa yang ia sukai, dll. Misalnya anak tersebut menyukai Cinderella, maka ambil sisi positif dari Cinderella seperti ia adalah orang yang pantang menyerah. 

Maka, pasti anak mama akan mengambil sikap positif tersebut untuk meraih mimpinya. Anak pasti akan menjadi pantang menyerah untuk mendapatkan apa yang ia cita-citakan.

5. Ajaklah anak untuk menulis impiannya dalam buku impian

5. Ajaklah anak menulis impian dalam buku impian
Freepik

Sesuatu yang diyakini dan dituliskan dengan penuh keyakinan pasti akan terwujud. Jika kita sudah menuliskan hal yang kita ingini maka kemungkinan besar itu akan terkabul.

Banyak orang besar, misalnya Bill Gates yang menuliskan keinginannya sewaktu kecil dan terwujud di saat dewasa. Sungguh menarik bukan? Jadi mulai sekarang ajaklah anak untuk menuliskan mimpinya ke dalam buku impiannya.

Itulah 5 cara mama dalam membantu anak untuk bermimpi besar. Semoga tulisan ini membantu anak mama untuk bermimpi besar. Ingatlah dan yakinlah bahwa impian tersebut akan terwujud.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.