Ayo Dicoba! 9 Cara Meningkatkan Minat Belajar pada Anak

Anak sulit untuk belajar? Begini cara meningkatkan minat belajarnya

11 Februari 2020

Ayo Dicoba 9 Cara Meningkatkan Minat Belajar Anak
Pixabay/white77

Belajar adalah suatu hal yang dapat dilakukan seumur hidup dan pastinya berguna untuk seluruh kehidupan. Tetapi apa jadinya bila anak sulit belajar? Malas belajar? Kehilangan minat pada belajar?

Disini Popmama.com akan membagikan 9 cara jitu untuk meningkatkan minat belajar pada anak. Berikut adalah caranya:

1. Mama harus tahu apa kesukaan anak

1. Mama harus tahu apa kesukaan anak
Momspresso

Hal pertama yang harus Mama lakukan adalah  mengetahui minat anak. Cobalah Mama meluangkan waktu bersama anak untuk mengetahui apa yang paling menarik bagi anak.

Bila anak mama terlahhir dengan kemampuan kreatifitasnya, mama harus membiarkan anak mengeksplorasi subjek secara kritis dan kreatif. Beri anak kebebasan untuk mempelajari subjek favoritnya sehingga ia tidak akan bosan ketika mempelajari subjek yang ia sukai.

2. Menentukan target

2. Menentukan target
Pixabay/Alexas_Fotos

Buatkan anak target baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jika jangka pendek maka harus selalu diolah melalui perencanaan mingguan atau to do list.

Tapi ingat ya Ma, ketika menetapkan tujuan atau target yang akan dicapai jangan menetapkan sasaran terlalu tinggi. Target yang terlalu tinggi akan membuat anak merasa tertekan yang mengakibatkan anak tidak suka belajar daripada membangun minatnya pada hal itu.

3. Memberi penghargaan pada anak

3. Memberi penghargaan anak
understood.org

Tentu jika diberi penghargaan atas pencapaian yang dimiliki seorang anak akan senang. Itu menandakan semua kerja kerasnya tidak berakhir sia-sia sehingga ia merasa layak untuk mendapatkan penghargaan.

Mendapatkan penghargaan penting untuk membuat anak termotivasi untuk belajar. Penghargaan yang dimaksud disini adalah pujian atau hadiah jika anak berhasil mencapai sesuatu. Jadi Ma, jangan ragu untuk memuji anak mama atas hal yang telah ia capai ya. 

4. Buat tugas tetap sederhana

4. Buat tugas tetap sederhana
simplemost.com

Anak-anak suka kesederhanaan. Hal rumit dapat membuat dirinya sulit memahami dan membuat anak malas untuk mengerjakannya.

Jadi pastikan jika ada tugas untuknya, jelaskan secara jelas dan sederhana, sehingga anak dapat mudah mengerti apa yang ia harus kerjakan. Serta ia menjadi semangat mengerjakannya karena ia menganggap perkerjaannya mudah dilakukan.

5. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler atau rekreasi untuk mengurangi jenuh

5. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler atau rekreasi mengurangi jenuh
Pixabay/mojzagrebinfo

Ketika mengalami kejenuhan dalam belajar, sebaiknya ajak anak untuk santai seperti bermain playstation, nonton TV, atau berolahraga.

Ajak anak juga untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolahnya karena hal tersebut dapat mengurangi kejenuhannya selama belajar. Sehingga jika anak sudah refreshing dan mengurangi rasa bosannya ketika belajar, anak akan siap kembali untuk mengikuti kegiatan ajar mengajar.

Editors' Picks

6. Hilangkan semua gangguan

6. Hilangkan semua gangguan
playstationlifestyle.net

Untuk meningkatkan minat belajar anak, hilangkan semua gangguan yang dapat mengganggu anak ketika belajar. Ketika ada gangguan, tentu saja anak gampang terganggu dan menurunkan minat belajar anak.

Maka dari itu buatlah anak untuk tetap fokus dan konsentrasi agar minat anak dalam belajar meningkat. Segera hilangkan semua gangguan seperti televisi, PlayStation, handphone di ruang belajar anak, sehingga ia bisa fokus. Baca juga artikel Anak Mama Sulit untuk Fokus? Ini Solusinya agar Mama mengetahui caranya membuat anak tetap fokus.

7. Belajar dengan cara yang cerdas

7. Belajar cara cerdas
Freepik/Jcomp

Belajar cerdas memungkinkan anak belajar lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Semua ini tergantung dengan tipe belajar masing-masing anak, bila ia tipe yang visual maka sebaiknya gunakan mindmap atau gambar, bila ia tipe yang auditori maka gunakan kegiatan seperti berdiskusi dengan anak, dan jika anak memiliki tipe kinestetik cobalah untuk mempraktekannya secara langsung.

Ma, yang terpenting mama harus mengajari apa kegunaan pelajaran tersebut untuk kehidupan sehari-hari. Dengan begitu anak akan mengikuti pelajaran dengan sepenuh hati.

8. Tetap membuat anak terinspirasi

8. Tetap membuat anak terinspirasi
huffingtonpost.com

Menginspirasi anak merupakan hal yang penting untuk meningkatkan minat belajar anak. Jika anak sudah terinspirasi maka ia akan fokus untuk menjadi apa yang ia insipirasikan. Sehingga menambah minat belajarnya.

Coba mama ceritakan kisah sukses dari orang yang berpengaruh di dunia yang ternyata orang tersebut sukses karena ia belajar dan berpendidikan. Mama juga dapat menceritakan kepada anak kisah moral tentang pentingnya pendidikan.

9. Pakai bantuan teknologi

9. Pakai bantuan teknologi
Freepik/User14699452

Anak generasi Z sangat akrab dengan yang namanya teknologi. Sehingga menggunakan teknologi seperti laptop, smartphone, video game, maupun komputer merupakan media yang cocok untuk meningkatkan minat belajar pada anak.

Sekarang banyak sekali video dari youtube atau game di smartphone yang menyediakan topik tentang edukasi. Sehingga anak bisa belajar asik menggunakan youtube atau game di smartphonenya.

Itulah 9 cara meningkatkan minat belajar pada anak. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat sehingga dapat meningkatkan minat belajar pada anak mama. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.