Mama Harus Tahu: Inilah 6 Tanda Anak Butuh Disiplin!

Kapan sih anak butuh diajari disiplin? Yuk cari tahu lebih lanjut ...

20 Januari 2020

Mama Harus Tahu Inilah 6 Tanda Anak Butuh Disiplin
Pixabay/ Martakoton

Mempunyai anak dengan perilaku yang baik adalah dambaan semua orangtua. Tapi terkadang ekspetasi tidak sesuai realita. Tidak semua anak memiliki perilaku yang baik.

Jika anak mulai menunjukkan perilaku yang buruk, alangkah baiknya jika anak tersebut mulai diajari disiplin. Apa saja tanda anak membutuhkan disiplin? Agar Mama tahu kapan waktu yang tepat untuk mendisiplinkan anak mama, disini Popmama.com merangkum 6 tanda anak butuh disiplin:

1. Anak tidak bisa menerima penolakan dan kurang bersyukur

1. Anak tidak bisa menerima penolakan kurang bersyukur
wtop.com

Memberi kasih sayang kepada anak memang penting dan tentunya orangtua akan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan anak. Tetapi sangat berbahaya bila Mama selalu menuruti keinginan anak. Ketika semua keinginannya dituruti maka anak akan merasa kurang bersyukur dan menjadi seseorang yang tidak bisa menerima penolakan karena keinginannya selalu dituruti. Sekalinya Mama tidak menuruti keinginannya maka anak akan marah.

2. Terlalu menuntut

2. Terlalu menuntut
Pixabay/macmao

Terkadang ada beberapa anak yang terlalu menuntut. Ingin semua keinginannya dituruti. Anak juga akan memaksa orangtuanya dengan berbagai cara bila keinginannya tidak dituruti.

Tentunya jika anak sudah menuntut terlalu banyak, maka Mama harus mendisiplinkan anak.

3. Tidak peduli dengan perasaan orang lain

3. Tidak peduli perasaan orang lain
pixabay/StockSnap

Semua orang pasti memiliki rasa peduli, tetapi intensitasnya akan berbeda-beda. Ada yang sangat peduli pada orang lain, ada juga yang tidak terlalu peduli bahkan tidak peduli terhadap orang lain.

Begitu juga dengan anak, bila anak mama sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia tidak peduli dengan orang lain maka Mama harus segera mendisiplinkannya.

Editors' Picks

4. Mulai melawan orangtua

4. Mulai melawan orangtua
popsugar.com

Semua orangtua pasti menginginkan anak yang sopan dan menuruti apa yang dikatakan orangtuanya. Akan tetapi tidak semua anak seperti itu. Ada saja anak-anak yang tidak menghormati orangtuanya bahkan melawan orangtuanya sendiri. Untuk mencegah tindakan ini, alangkah baiknya Mama segera mendisiplinkan anak mama.

5. Anak mulai berbohong

5. Anak mulai berbohong
Freepik

Anak kecil terkenal dengan kejujuran dan keterus terangannya. Akan tetapi ada sebagian anak yang suka berbohong. Ini tentunya adalah hal yang tidak baik. Jadi mama sebaiknya cepat membicarakan hal ini kepada anak dan mendisiplinkan anak tersebut.

6. Tidak memiliki rasa bersalah dan hati nurani

6. Tidak memiliki rasa bersalah hati nurani
Pixabay/ddimitrova

Jika melakukan kesalahan seharusnya orang tersebut meminta maaf. Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak memiliki rasa bersalah sehingga sulit untuk mengeluarkan kata "maaf".

Ma, jika anak mama melakukan kesalahan tetapi dia tidak memiliki rasa bersalah, cara terbaik adalah mendisiplinkannya. 

Sekian penjelasan tentang tanda-tanda anak membutuhkan disiplin. Apakah anak mama termasuk anak yang memerlukan disiplin? Jika ia, terapkan tindakan disiplin dengan cara yang benar mulai dari sekarang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!