Apa Itu Fenomena Apogee dan Ketahui Kapan Terjadinya!

Yuk, simak informasi berikut mengenai fenomena apogee untuk menambah pengetahuan

21 Januari 2022

Apa Itu Fenomena Apogee Ketahui Kapan Terjadinya
Pexels/kira-geier-19162228

Mungkin sebagian besar orang belum tahu bahwa ada fenomena alam lain selain fenomena gerhana bulan, matahari, dan hujan meteor. Fenomena itu disebut sebagai fenomena apogee.

Semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, tidak sedikit fenomena alam yang berhasil terungkap dan terpecahkan.

Menurut Andi Pangerang Peneliti dari Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di tahun 2022 ini akan muncul berbagai fenomena alam, salah satunya fenomena apogee. Fenomena apogee ini masih berhubungan dengan sistem tata surya, lho.

Nah, agar pengetahuanmu semakin bertambah, yuk simak penjelasan Popmama.com berikut ini mengenai apa itu fenomena apogee dan kapan terjadinya.

1. Apa itu fenomena apogee

1. Apa itu fenomena apogee
Freepik/brett-sayles

Fenomena apogee merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi saat posisi bulan berada paling jauh dari bumi. Hal tersebut disebabkan oleh orbit bulan yang berbentuk elips.

Dengan orbit yang berbentuk elips tersebut membuat bulan memiliki dua titik, yakni titik terdekat dan titik terjauh. Titik tersebut dikenal sebagai perige (titik terdekat) dan apogee (titik terjauh).

Editors' Picks

2. Bagaimana fenomena apogee bisa terjadi?

2. Bagaimana fenomena apogee bisa terjadi
Freepik/wirestock

Fenomena apogee bisa terjadi setiap bulan dan tahunnya. Akan tetapi, waktu terjadinya akan berbeda-beda, tergantung dari letak geografisnya.

Orbit bulan yang berbentuk elips mengelilingi bumi dengan salah satu sisi lebih dekat ke bumi daripada sisi lainnya. Hal tersebut menyebabkan jarak antara bulan dan bumi bervariasi sepanjang bulan dan tahun.

Dengan demikian, ada kalanya bulan yang sedang mengelilingi bumi berada diposisi dekat dengan bumi (perigee) atau berada pada titik terjauh dari bumi (apogee). Jarak rata-ratanya adalah sekitar 382.900 km atau 23.000 mil dari pusat bulan ke pusat bumi.

Selain itu, adanya pasang surut air laut juga memengaruhi mengapa fenomena ini bisa terjadi. Sebab, pasang surut perigean variasinya lebih besar dari sekitar 5 cm dibanding pasang surut biasa. Sementara pasang surut apogean hanya memiliki variasi lebih kecil dari 5 cm dibandingkan dengan pasang surut normal.

3. Waktu terjadinya apogee

3. Waktu terjadi apogee
Twitter.com/Space_Station

Seperti yang telah diketahui, waktu terjadinya fenomena apogee berbeda-beda di setiap wilayah. Hal itu bergantung pada letak geografisnya.

Meski begitu, di Indonesia kita masih bisa menyaksikan fenomena apogee di tahun 2022. Sebelumnya, fenomena apogee telah terjadi pada 14 Januari 2022 pukul 16.17.06 WIB. Fenomena tersebut bahkan sudah dapat disaksikan sejak pukul 15.30 waktu setempat dari arah Timur.

Selain pada 14 Januari 2022, Mama juga bisa menyaksikan fenomena apogee pada 29 Juni 2022 pukul 13.08 WIB. fenomena apogee tersebut nantinya akan berbarengan dengan Micro New Moon. Akan tetapi, untuk melihat fenomena tersebut akan sulit diamati karena waktu terbenam matahari dan bulan hanya berselang sekitar 12 menit.

4. Dampak dari fenomena apogee

4. Dampak dari fenomena apogee
Pexels/kovyrina

Meski fenomena apogee tidak memberikan dampak terhadap bumi, tetapi di wilayah tertentu terutama kawasan perairan, fenomena apogee menyebabkan surut di sejumlah perairan, sehingga permukaan air berada di titik rendah.

Hal tersebut dikarenakan posisi bulan yang jauh dari bumi.

Ketika fenomena apoge terjadi, bulan akan terlihat lebih kecil. Diameternya sekitar 29,56 menit bujur dengan tingkat iluminasi mencapai 51,8 persen.

Selain itu, saat fenomena apogee berada di puncak, tarikan gravitasi akan menjadi lebih sedikit.

Fenomena apogee yang sedang berlangsung membuat bulan berada di konstelasi Pisces. Fenomena alam ini dapat disaksikan oleh mata telanjang tanpa bantuan apa pun.

Itu dia informasi mengenai apa itu fenomena apogee. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk