Ayat Kursi Surat Alquran Penenang Hati dan Pikiran

Ajak anak membaca surat Alquran untuk menenangkan hari dan pikiran

17 September 2021

Ayat Kursi Surat Alquran Penenang Hati Pikiran
Pexels/Mukhtar Shuaib Mukhtar

Anak Mama sering terlihat gelisah? Atau mungkin, anak Mama memiliki masalah dengan teman atau saudara, sehingga pikirannya kacau hingga melamun?

Apabila anak Mama sedang merasa gelisah dan banyak pikiran, Mama bisa menyarankannya untuk membaca surat Al Baqarah ayat 225 atau yang dikenal sebagai ayat kursi.

Membaca ayat kursi sering diamalkan sebagai penyembuh, doa, dan penenang hati dan pikiran.

Selain itu, ayat kursi juga memiliki manfaat yang berguna dalam kehidupan manusia.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab, ayat kursi merupakan ayat paling utama di dalam Alquran yang berisi tentang keesaan dan kekuasaan Allah SWT yang mutlak.

Berikut ini telah Popmama.com rangkum informasi terkait ayat kursi sebagai surat Alquran penenang hati dan pikiran. Jangan lupa untuk ajarkan menghafal juga ya, Ma!

Editors' Picks

1. Bacaan ayat kursi

1. Bacaan ayat kursi
Unsplash/haqway

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. Al Baqarah: 255)

2. Keutamaan membaca ayat kursi

2. Keutamaan membaca ayat kursi
Unsplash/26_ms

Selain dapat penenangkan hati dan pikiran, ayat kursi juga memiliki keutamaan apabila diamalkan dalam kehidupan. Berikut ini keutamaan yang bisa anak mama dapatkan jika membaca ayat kursi.

1. Sebagai wasilah untuk masuk surga

Tidak hanya saat gelisah, setiap manusia diwajibkan untuk membaca ayat kursi setelah selesai salat wajib. Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian." (HR. An Nasai)

2. Mendapat penjagaan saat tidur

Sebelum tidur, ada baiknya anak mama membaca ayat kursi terlebih dahulu agar mendapat penjagaan dari Allah SWT dan ditenangkan hati dan pikirannya hingga subuh tiba. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadit Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

"Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat)...."

Di akhir hadis, pencuri itu berkata: "Bila engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi karena penjagaan dari Allah SWT akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai Subuh". Kemudian, Nabi SAW berkata: "Dia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan." [HR Al Bukhari: 2311].

3. Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT

Apabila anak mama membaca ayat kursi pada pagi dan sore hari, niscaya anak mama akan mendapatkan perlindungan Allah SWT dari segala kejahatan, keburukan, penyakit.

Sebagaimana hadis Ubay bin Ka'ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi." (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani mensahihkan hadis tersebut dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 655).

4. Dimudahkan segala urusan

Syaikh Al Bunni menerangkan bahwa barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut, yaitu 170 huruf, Allah SWT akan memberikan berbagai nikmat, seperti memberikan pertolongan, mempermudah segala hajat, melapangkan pikiran, diluaskan rezeki, dihilangkan duka, dan diberikan apa yang ia minta.

3. Waktu utama membaca ayat kursi

3. Waktu utama membaca ayat kursi
Pexels/taryn-elliott

Ayat kursi dapat dibaca kapan pun dan di mana pun. Akan tetapi, membaca ayat kursi diutamakan pada tiga waktu berikut ini.

1. Pagi dan petang

Ubay bin Ka’ab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya:

"Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi." (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

2. Sebelum tidur

Sebagaimana yang tertulis dalam hadis dari Abu Hurairah:

إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ ( اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ) حَتَّى تَخْتِمَ الآيَةَ ، فَإِنَّكَ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَنَّكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya:

"Jika kamu hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai, yaitu bacaan 'Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum.' Sesungguhnya kamu akan senantiasa berada dalam penjagaan dari Allah dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi hari." (HR. Al-Bukhari).

3. Setelah salat lima waktu

Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Artinya:

"Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44)

Itu dia ayat kursi surat Alquran penenang hati dan pikiran. Apabila anak mama memiliki masalah dengan teman, saudara, atau bahkan dengan Mama, anjurkan untuk membaca ayat kursi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.