Ini 5 Bagian Tubuh Burung dan Fungsinya

Mengenal lebih dalam tentang bagian burung dan fungsinya, yuk

15 Oktober 2021

Ini 5 Bagian Tubuh Burung Fungsinya
Pexels/Pixabay

Setiap hewan yang ada di bumi memiliki bagian tubuh dan fungsi yang berbeda. Apabila hewan lain memiliki kaki dan tangan, burung memiliki kaki dan sayap.

Burung merupakan salah satu jenis hewan terbang yang termasuk ke dalam anggota kelompok bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap.

Burung juga memiliki ukuran yang berbeda, ada yang kecil dan juga besar, dan termasuk salah satu hewan yang paling dekat dengan manusia.

Sebuah penelitian terbaru dari American Museum of Natural History, telah ditemukan sekitar 18.000 spesies burung di bumi.

Struktur fisik pada tubuh burung kebanyakan bertujuan untuk menunjang kemampuan terbangnya. Dengan sistem kerangka dan otot yang ringan, tetapi kuat, burung dapat terbang menggunakan sayapnya sendiri.

Secara umum, bagian tubuh tiap hewan terdiri dari kepala, tubuh, dan kaki. Akan tetapi, bagaimana dengan burung ya?

Untuk itu, yuk, penjelasan berikut ini yang telah Popmama.com rangkum terkait bagian tubuh burung dan fungsinya. Simak sampai akhir ya!

1. Paruh

1. Paruh
Pexels/1138093

Paruh burung sangat berperan penting dalam kehidupan burung. Sebab, burung menggunakan paruhnya untuk mencari makan, berkomunikasi, mempertahankan diri, menarik perhatian lawan jenis, hingga membuat sarang.

Paruh yang dimiliki tiap burung juga berbeda, mulai dari bentuk dan fungsinya. Terdapat beberapa bentuk paruh burung dan fungsinya, antara lain:

1. Paruh bengkok dan tajam

Paruh jenis ini biasanya dimiliki oleh burung elang., di mana bentuk paruhnya yang tajam dan bengkok. Selain elang, biasanya burung yang memiliki bentuk peruh bengkok melengkung ke bawah adalah burung karnivora (pemakan daging), misalnya burung bangkai, burung hantu, osprey, dan hering. Hal tersebut dikarenakan untuk memudahkannya merobek kulit dan daging mangsanya.

2. Paruh melengkung

Paruh melengkung dimiliki oleh burung pemakan buah. Bentuk paruhnya deikit lebih besar dari paruh bengkek, melengkung ke bawah, dan tajam. Fungsi paruh melengkungnya adalah untuk merobek daging buah dan kacang-kacangan. Burung yang memiliki paruh melengkung, yakni macaw, beo, rangkong besar, dan toucan.

3. Paruh kerucut

Melansir Ornithology The Science of Birds, paruh kerucut merupakan paruh yang kuat  dan menakjubkan. Paruh kerucut berfungsi untuk membuka biji karena paruh tersebut dimiliki oleh burung-burung pemakan biji. Burung berbaruh kerucut, yakni kenari, pipit, dan finches.

4. Paruh runcing dan tipis

Bentuk paruh burung yang runcing dan tipis biasanya dimiliki burung pemakan serangga karena digunakan untuk masuk ke dalam lubang pohon atau lubang-lubang di antara bebatuan untuk menangkap serangga, merobek tubuh serangga, dan memakanan. Burung yang memiliki paruh jenis ini adalah jalak, robin, flycatcher, dan orioles.

5. Paruh panjang dan tipis seperti jarum

Burung kolibri merupakan burung yang memiliki paruh panjang dan tipis seperti jarum. Paruh tersebut berguna untuk memungkinkan kolibri masuk ke bunga untuk menghisap nektar.

6. Paruh penjang yang besar dan kuat

Fungsi dari paruh panjang yang besar dan kuat, yaitu untuk menangkap ikan besar. Burung pelikan, puffin, bangau, dan camar memiliki paruh berbentuk seperti ini.

7. Paruh datar dan lebar

Burung seperti flamingo, bebek, dan angsa memiliki paruh yang datar dan lebar. Bentuk paruh yang datar ini didukung oleh sistem filter, sehingga berfungsi untuk menyaring air dan kotoran.

8. Paruh yang seperti spatula

Paruh berbentuk seperti spatula yang panjang, lebar, dan pipih diujungnya dimiliki oleh burung spoonbill. Di mana fungsi dari paruh iitu sendiri adalah untuk mengeruk makanan dari dasar air, misalnya ikan kecil, serangga, dan krustasea.

Editors' Picks

2. Mata

2. Mata
Pexels/Pixabay

Mata merupakan indra yang paling penting bagi setiap makhluk hidup, tidak terkecuali burung.

Hanya saja, penglihatan dari mata burung berbeda dari makhluk hidup lainnya, seperti manusia dan hewan mamalia. Sebab, mata dapat menentukan penerbangan yang aman bagi burung. Selain itu, mata burung juga dapat menangkap cahaya sekali pun dalam kegelapan.

Oleh karena itu, ada jenis burung yang tergolong nokturnal (burung malam). Dengan demikian, adanya mata burung mampu melakukan imigrasi kemana pun, baik terang maupun gelap.

3. Cakar

3. Cakar
Pexels/Pixabay

Cakar burung adalah kuku burung yang berbentuk bengkok dan tajam di setiap ujung jari kakinya.

Cakar berfungsi untuk menembus kulit mangsa dan memotong-motongnya menjadi luka yang mematikan. Selain itu, cakar juga digunakan untuk menggali liang bersarang atau menata ulang struktur sarang.

Bentuk cakar burung tiap burung berbeda-beda tergantung pada habitatnya. Biasanya, burung yang hidup di lingkungan dengan permukaan yang tidak rata akan memiliki cengkeraman lebih kuat dan stabil.

Sementara burung pemangsa, ia memiliki cakar yang sangat tebal dan kuat.

Pada spesies burung agresif, cakarnya digunakan untuk pertahanan diri saat merasa terancam dan bersaing untuk perebutan wilayah kekuasaan.

4. Sayap

4. Sayap
Pexels/Pixabay

Keistimewaan bagian tubuh yang membedakan burung dengan hewan lainnya adalah sayap.

Sayap burung berfungsi sebagai alat gerak, yakni terbang dan membantu burung bertahan di udara  untuk melakukan gerakannya.

Ukuran dan bentuk sayap pada burung memengaruhi kemampuan terbang burung. Sayap yang besar dapat membantu burung untuk terbang dengan cepat tanpa mengeluarkan suara.

5. Ekor

5. Ekor
Pexels/Pixabay

Selain menggunakan sayap untuk terbang, ekor burung juga berperan dalam memperlancar burung di udara dan mengarahkan penerbangan, sehingga tubuh burung dapat menuju ke arah mana pun yang diinginkan.

Selain itu, ekor juga berguna ketika burung mendarat. Ketika hendak mendarat, ekor akan dikembangkan atau dibuka, kemudian ditekuk ke bawah.

Ekor memberikan gaya pengereman saat terbang di udara, sehingga burung mendarat sesuai dengan titik yang ditentukan.

Tidak hanya itu saja loh. Ekor burung juga berguna untuk memikat pasangan, menjaga keseimbangan, dan identifikasi. Sebab, ada banyak spesies burung di bumi.

Itu dia 5 bagian tubuh burung dan fungsinya yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan kamu. Setiap hewan akan menyesuaikan bentuk butuhnya tergantung pada tempat hidup dan jenis makanannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.