5 Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Diketahui

Selain untuk meningkatkam daya tarik pembeli, kemasan produk berfungsi untuk apa lagi ya?

25 Oktober 2021

5 Fungsi Kemasan Produk Perlu Diketahui
Freepik

Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), kemasan merupakan bungkus pelindung barang dagangan.

Secara umum, pengertian kemasan produk adalah suatu wadah atau pembungkus yang berfungsi untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada sebuah produk yang dikemas.

Biasanya, kemasan dibuat dengan desain yang kreatif dan unik agar dapat menarik pembeli. Selain itu, kemasan juga harus memiliki kualitas yang baik dan dapat membangun identitas merek dagang.

Pada awalnya, selama berabad-abad silam, fungsi kemasan memang hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang agar mudah dibawa. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, fungsi kemasan mengalami pertambahan nilai. Dalam pemasaran, kemasan diakui sebagai kekuatan utama dalam persaingan pasar.

Di abad pertengahan, kemasan dibuat dari bahan-bahan kain, kayu, batu, keramik, kulit, dan kaca. Akan tetap, pada tahun 1980-an, bentuk dan model kemasan mengalami perubahan, sehingga dapat menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, hingga harus dapat membujuk konsumen atau pembeli.

Berikut ini, telah Popmama.com rangkum 5 fungsi kemasan produk selain untuk menarik minat konsumen. Yuk disimak!

1. Identitas suatu produk

1. Identitas suatu produk
Pexels/cottonbro

Dilansir dari yourarticlelibrary, kemasan produk dapat berfungsi sebagai identitas produk karena ukuran, warna, dan bentuk khusus dari kemasan dapat berbeda-beda, sehingga dapat diidentifikasi atau dibedakan dari produk pesaing lainnya.

Identitas produk sendiri sangat penting karena akan mempengaruhi minat konsumen atau pembeli.

Tidak hanya itu, identitas produk pada kemasan juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi suatu citra tertentu dan pengirim informasi kepada konsumen melalui label yang tercantum pada kemasan.

Dengan adanya identitas, produk akan memiliki nilai yang melekat dan menjadi ciri khas sendiri.

Editors' Picks

2. Melindungi dan mengawetkan produk

2. Melindungi mengawetkan produk
Pexels/cottonbro

Secara umum, fungsi kemasan produk adalah untuk melindungi isinya dari berbagai macam jenis kerusakan.

Kerusakan-kerusakan tersebut dapat terjadi baik saat pengiriman, handling, atau penyimpanan di gudang.

Selain itu, kemasan juga dapat berfungsi untuk melindungi produk dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, hingga kontaminasi dari kotoran atau mikroba yang dapat merusak atau menurunkan mutu produk.

Dengan adanya kemasan, suatu produk bahkan isinya dapat terlindungi dari produsen, penjual atau distributor, sampai ke pengguna akhir. Produk juga menjadi lebih awet dan aman.

3. Keamanan produk dan konsumen, serta legalitas

3. Keamanan produk konsumen, serta legalitas
Pexels/thatguycraig000

Kemasan sangat penting untuk memastikan keamanan produk atau konsumen karena selain mencantumkan nama merek, informasi produk dan informasi keamanan juga tertera pada kemasan. Misalnya, tanggal kedaluwarsa, bahan baku, bahkan informasi mengenai risiko.

Informasi tersebut sangat berkaitan dengan keamanan konsumen. Semakin detail informasi yang dicantumkan dalam kemasan, maka akan semakin baik.

Tidak hanya itu saja. Kemasan juga dapat menjadi media kelegalitasan produk, misalnya BPOM, Halal MUI, SNI, dan P-IRT, sehingga konsumen akan percaya dan tertarik untuk membeli produk tersebut karena mutu dan keamanannya terjamin.

4. Media promosi

4. Media promosi
Pexels/introspectivedsgn

Fungsi kemasan selanjutnya adalah sebagai media promosi dan pemasaran. Sebab itu, kemasan harus memiliki pengaruh positif terhadap keputusan konsumen.

Desain, warna, logo, simbol, komposisi, manfaat, dan keunggulan sangat memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Semakin menarik dan unik sebuah kemasan produk, maka akan semakin memengaruhi peningkatan daya tarik pembeli.

5. Meningkatkan efisiensi

5. Meningkatkan efisiensi
Pexels/pavel-danilyuk

Efisiensi juga menjadi salah satu fungsi dari kemasan produk. Sebab, hal tersebut memengaruhi kecepatan distribusi sebuah produk.

Kemasan harus mudah dan efisien agar mudah diangkat, dihitung, dipindahkan, dan disimpan, sehingga tidak menghambat pendistribusian.

Dengan begitu, sebuah produk akan tetap terjamin kualitas dan keamanannya karena tidak rusak dan siap digunakan atau dikonsumsi sebagaimana mestinya.

Itu dia 5 fungsi kemasan produk lainnya. Jadi, kemasan produk tidak hanya untuk meningkatkan daya tarik konsumen dan melindungi barang atau produk saja ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.