Ini Jenis-Jenis Aktivitas untuk Meningkatkan Kelincahan

Kelincahan merupakan salah satu faktor peting untuk menunjang keterampilan fisik

27 Mei 2022

Ini Jenis-Jenis Aktivitas Meningkatkan Kelincahan
Freepik/Jcomp

Sebagian orang mungkin ingin menjadi lincah dan cekatan. Sebab, menjadi lincah dan cekatan dapat membuat tubuh seseorang dapat bergerak secara aktif. Apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang banyak pergerakan, misalnya pemain bola di sekolah, pemain basket, penari, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kelincahan juga menjadi bagian penting dari kebugaran karena apabila tidak ada kelincahan, tubuh akan menjadi lambat dalam bergerak.

Kelincahan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan kemampuan bergerak atau berubah arah dan posisi tubuh secara cepat dan terkontrol. Sementara secara harfiah, kelincahan berasal dari kata lincah yang memiliki arti selalu bergerak, tidak bisa diam, tidak tenang, dan tidak tetap.

Kelincahan dapat dilatih meski tidaklah mudah. Namun, apabila dilakukan dengan benar, kamu tidak hanya menjadi lincah, tetapi juga menghilangkan kalori dalam tubuh sebanyak 600-800 kkal/jam.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkumkan informasi mengenai jenis-jenis aktivitas untuk meningkatkan kelincahan yang bisa kamu lakukan. Yuk, disimak!

1. Latihan lari lurus bolak-balik (Shuttle run)

1. Latihan lari lurus bolak-balik (Shuttle run)
Freepik

Untuk melatih kelincahan, kamu bisa melakukan latihan lari lurus dengan bolak-balik. Biasanya, latihan ini disebut shutter run.

Cara melakukannya, kamu hanya perlu memosisikan diri dalam posisi jongkok. Pastikan agar satu di antara kaki berada di posisi depan.

Kemudian ketika mendapat aba-aba, kamu bisa memulai berlari dalam trek lurus. Sesampainya di penghujung trek, larilah ke arah berlawanan. Gerakan inilah yang disebut dengan lari bolak-balik.

Selain bisa melatih kelincahan, latihan lari lurus bolak-balik juga dapat melatih kecepatan.

Editors' Picks

2. Latihan lari zig-zag

2. Latihan lari zig-zag
Pexels/Andrea Piacquadio

Latihan lari zig-zag bertujuan untuk memberikan kemampuan lebih pada otot kaki. Cara melakukannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memosisikan tubuh secara tegak, kemudian letakkan kedua tangan di samping badan.

Pandangan lurus ke depan sambil menunggu aba-aba. Jika aba-aba sudah berkumandang, segeralah lakukan gerakan lari secara belok-belok, baik ke arah kanan maupun ke arah kiri secara bergantian.

Selain kelincahan, latihan zig-zag juga melatih kekuatan otot kaki. Koordinasi antara mata, kaki, dan otak pun sangat penting dalam melatih kelincahan.

3. Latihan menggunakan reaksi beban gerak

3. Latihan menggunakan reaksi beban gerak
Freepik/yanalya

Latihan kelincahan menggunakan reaksi beban gerak ini membutuhkan sebuah alat, yakni balon berisi udara. Balon tersebut berfungsi sebagai beban pada tubuh. 

Sebab itu, latihan menggunakan reaksi beban gerak ini tidak hanya dapat melatih kelincahan, tetapi juga dapat memperkuat sistem otot tubuh secara keseluruhan. Selain itu, bisa juga melatih pernapasan secara efektif, lho.

Untuk dapat melakukan latihan kelincahan jenis ini, kamu bisa memosisikan tubuh secara tegak lurus. Kemudian, pasanglah balon udara, diikat di perut secara kuat. Lalu, mulailah berlari dengan balon udara yang terikat di tubuh.

4. Latihan dengan jongkok berdiri (Squat thrust)

4. Latihan jongkok berdiri (Squat thrust)
Freepik/Jcomp

Jenis aktivitas untuk meningkatkan kelincahan dengan kualitas gerak yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah latihan dengan jongkok berdiri atau yang disebut squat thrust.

Cara melakukannya, posisikan tubuh secara tegak lurus, kemudian jongkok sambil berhitung dengan tangan menyentuh ke lantai. Lalu, berdiri dan jongkok kembali seperti gerakan awal. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

Meski gerakan tersebut sangat sederhana dan mudah, tetapi kamu perlu berhati-hati dalam melakukannya.

Dengan melakukan latihan jongkok berdiri, secara tidak langsung akan meningkatkan postur tubuh secara bertahap. Selain itu, otot tubuh akan terlatih dan beberapa bagian tubuh juga akan menjadi lebih lincah.

5. Latihan dengan lompat tangga

5. Latihan lompat tangga
Freepik

Melatih kelincahan bisa dilakukan dengan latihan lompat tangga. Selain itu, latihan dengan lompat tangga juga dapat melatih fisik tubuh agar kuat dan membuat sistem peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Dengan begitu, tubuh tidak kaku lagi dan dapat menunjukkan gerakan refleks lebih cepat.

Untuk melakukan latihan jenis ini, pertama-tama kamu harus memosisikan badan tegak lurus. Saat ada aba-aba, mulailah melakukan gerakan lompat tangga dengan satu di antara kaki. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian agar otot kaki menjadi lebih lincah.

Nah, itu dia jenis-jenis aktivitas untuk meningkatkan kelincahan. Lakukan latihan tersebut secara rutin agar kamu bisa merasakan perubahannya dan tubuh menjadi lincah, serta cekatan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk