Jenis-Jenis Senam Irama yang Menggunakan Alat

Senam irama dapat menggunakan beberapa alat yang berbeda-beda. Apa saja ya?

27 Mei 2022

Jenis-Jenis Senam Irama Menggunakan Alat
Freepik/master1305

Senam irama atau senam ritmik merupakan jenis senam yang dilakukan dengan alunan musik, di mana gerakannya harus seirama dengan iringan musik tersebut. Senam irama termasuk ke dalam cabang senam artistik dan bisa dilakukan secara perseorangan maupun kelompok.

Senam irama ini memiliki gerakan nuansa akrobatik, tari modern, dan balet. Selain itu, senam irama juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat sekalipun.

Untuk dapat melakukan senam irama ini, terdapat beberapa unsur penting yang harus dipenuhi, yaitu keluwesan, keseimbangan, ketepatan dengan irama, kekuatan, ketrampilan, hingga keindahan.

Nah, bisa menjadi ilmu pengetahuan baru untuk kamu, berikut telah Popmama.com rangkum mengenai jenis-jenis senam irama yang menggunakan alat. Senam ini bisa kamu lakukan di rumah bersama Mama, lho. Yuk, disimak!

1. Senam irama menggunakan bola

1. Senam irama menggunakan bola
Freepik/master1305

Alat yang bisa digunakan untuk senam irama adalah bola. Bola untuk senam irama biasanya jenis bola yang berukuran sedang dan mudah dipegang. Selain itu, bola tersebut juga harus terbuat dari karet atau plastik.

Nantinya, bola tersebut digunakan dengan cara dilemparkan ke atas, lalu ditangkap kembali, atau digelindingkan. Dalam beberapa kompetisi, biasanya menggunakan bola dengan diameter 18-20 cm dengan berat mencapai 400 gram.

Editors' Picks

2. Senam irama menggunakan pita

2. Senam irama menggunakan pita
Freepik/master1305

Senam irama bisa juga menggunakan pita. Pita ini biasanya terbuat dari bahan yang halus layaknya kain satin.

Umumnya, ukuran pita yang digunakan sepanjang enam meter. Nantinya, pita tersebut dipasang di sebuah tongkat sebagai pegangan.

Panjang tongkat sekitar 50 sampai 60 cm dan diameter satu cm. Adapun ukuran berat dari pita dan pegangannya mencapai sekitar 35 gram.

3. Senam irama menggunakan tali

3. Senam irama menggunakan tali
Freepik/master1305

Penggunaan tali pada senam irama hampir sama dengan menggunakan pita. Hanya saja, tali yang digunakan pada senam irama adalah tali berbahan halus dan panjangnya telah disesuaikan dengan tinggi badan pesenam.

Cara menggunakannya, pesenam akan memegang ujung tali dan meletannya di dapan bahu. Dengan menggunakan tali pada senam irama, kamu bisa melakukan berbagai gaya dan gerakan.

4. Senam irama menggunakan simpai

4. Senam irama menggunakan simpai
Freepik/master1305

Selain dapat menggunakan bola, pita, dan tali, senam irama juga bisa dilakukan dengan menggunakan simpai atau hoops. Simpai atau hoops merupakan alat yang terbuat dari bambu, kayu, atau plastik dengan warna bebas dan berat kurang dari 300 gram. Diameter simpai sekitar 80-90 cm.

Cara menggunakannya, pesenam akan bergerak sambil memegang simpai memakai satu atau dua tangan. Simpai juga bisa dilemparkan, digelindingkan, atau digerakkan sesuai dengan teknik yang akan dilakukan.

5. Senam irama menggunakan gada

5. Senam irama menggunakan gada
Freepik/master1305

Gada merupakan alat yang bisa digunakan dalam senam irama. Biasanya, gada tersebut dari kayu atau plastik. Bentuknya hampir mirip dengan botol. Panjang gada sekitar 40-50 cm dengan berat kurang dari 150 gram.

Untuk menggunakan gasa, pesenam dapat mengayun, melempar, menangkap, memutar, memukul, atau dengan berbagai gerakan lainnya.

Itulah jenis-jenis senam irama yang menggunakan alat. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk