Ini 7 Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan Sekitar

Ternyata, tumbuhan membawa banyak manfaat yang tidak terhingga bagi lingkungan sekitar

20 Januari 2022

Ini 7 Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan Sekitar
Pexels/akilmazumder

Keberadaan tumbuhan menjadi sangat penting karena membawa dampak positif bagi lingkungan. Selain itu, tumbuhan terbukti mampu menstabilkan kondisi lingkungan dan menjadi penyeimbang kelestarian ekosistem.

Biasanya, tumbuhan dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan dekorasi taman atau lingkungan agar tampak segar, asri, dan nyaman. Namun tanpa disadari, tumbuhan memiliki sangat banyak manfaat yang baik untuk lingkungan, bahkan bumi.

Tidak hanya itu, tumbuhan juga berperan penting dalam sistem rantai makanan karena tumbuhan, manusia, dan hewan saling membutuhkan. Ketiga komponen tersebut dapat membentuk lingkungan yang saling memberi kehidupan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum tentang 7 manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar yang wajib diketahui agar semakin menyadari betapa bergunanya tumbuhan. Disimak yuk!

1. Tumbuhan menjadi habitat alami

1. Tumbuhan menjadi habitat alami
Pexels/mikhail-nilov

Selain sebagai sumber makanan, tumbuhan juga dapat menjadi habitat alami bagi hewan. Hewan-hewan tersebut, khususnya yang bertempat tinggal di hutan, biasanya tinggal di atas pohon atau berlindung di dedaunan.

Tanpa adanya tumbuhan, kemungkinan besar hewan tidak akan memiliki tempat tinggal yang layak. Apalagi, di dunia ini sudah banyak hutan-hutan yang dijadikan pemukiman penduduk, sehingga ada banyak hewan yang kesulitan mencari tempat tinggal.

2. Membuat lingkungan menjadi lebih asri

2. Membuat lingkungan menjadi lebih asri
Pexels/minan1398

Lingkungan yang asri dan indah tentunya akan membuat siapa pun terasa nyaman. Tidak hanya di luar ruangan, tumbuhan juga dapat tumbuh di dalam ruangan.

Oleh sebab itu, sebagian orang meletakkan tumbuhan di ruangan. Selain sebagai dekorasi agar terlihat asri dan indah, tumbuhan juga bisa membuat lingkungan menjadi terasa segar dan menyehatkan karena oksigen yang berasal dari tumbuhan.

Editors' Picks

3. Penghasil oksigen

3. Penghasil oksigen
Pexels/valis

Tumbuhan memerlukan fotosintesis. Saat tumbuhan melakukan proses fotosintesis, ia akan menghasilkan oksigen dan gula yang merupakan cadangan makanan.

Oksigen itulah yang biasa digunakan oleh manusia dan hewan. Oleh karena itu, tumbuhan disebut juga sebagai penghasil oksigen.

Selain itu, dalam proses fotosintesis, tumbuhan juga menyerap karbon dioksida dan air dari dalam tanah, sehingga karbon dioksida di lingkungan dapat berkurang dan udara menjadi bersih.

4. Memelihara kestabilan iklim dan mengendalikan suhu

4. Memelihara kestabilan iklim mengendalikan suhu
Pexels/Pixabay

Manfaat tumbuhan selanjutnya, yaitu untuk menstabilkan kondisi iklim dan membantu menurunkan suhu. Karbon dioksida dapat menyebabkan perubahan iklim. 

Dengan adanya tumbuhan, karbon dioksida tersebut akan diserap dan diubah menjadi oksigen yang biasa kita hirup.

Kehadiran tumbuhan juga diyakini dapat membantu menurunkan suhu karena tumbuhan memiliki naungan yang berfungsi untuk melepaskan air. Dengan begitu, lingkungan akan terasa lebih sejuk dan teduh.

5. Menjaga kualitas tanah

5. Menjaga kualitas tanah
Pexels/mateusz-dach-99805

Tumbuhan memiliki peran yang penting untuk tanah. Sebab, tumbuhan dapat menjaga kualitas tahan dengan baik.

Akar dan mikroorganisme yang hidup di sekitarnya dapat menyatukan tanah, sehingga mengurangi terjadinya erosi. Daun yang jatuh dari pohon atau tanaman mati juga dapat menyuburkan tanah.

Dengan begitu, tanah bisa membuat tumbuhan lainnya tumbuh dan berkembang dengan baik.

6. Menghemat energi

6. Menghemat energi
Pexels/eberhardgross

Tumbuhan diketahui dapat menghemat energi karena penanaman pohon dapat membuat kualitas udara menjadi lebih segar, sehingga penggunaan perangkat elektronik, seperti kipas angin dan AC tidak dibutuhkan.

Dengan kondisi tersebut, energi yang dikeluarkan akan lebih hemat berkat adanya tumbuhan.

7. Sumber makanan dan obat-obatan

7. Sumber makanan obat-obatan
Pexels/cisiq

Salah satu manfaat yang sangat menguntungkan bagi makhluk hidup lainnya adalah menjadi sumber makanan dan obat-obatan. Mulai dari barang, daun, akar, bunga, bahkan buahnya dapat diolah dan dikonsumsi manusia.

Beberapa tumbuhan yang biasa dikonsumsi adalah umbi-umbian seperti singkong dan ubi jalar. Akan tetapi, ada pula tumbuhan lainnya yang diolah sebagai lauk, seperti daun singkong, daun pepaya, daun bayam, dan lainnya.

Tidak hanya itu, tumbuhan juga dimanfaatkan sebagai sumber obat-obatan herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Beberapa tumbuhan memiliki kandungan senyawa dan zat-zat bernutrisi yang dapat melawan virus dan bakteri di dalam tubuh.

Contoh tumbuhan yang digunakan untuk diolah menjadi obat-obatan herbal, yaitu kumis kucing, daun sirih, jahe, kencur, kunyit, lidah buaya, daun kemangi, temulawak, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia 7 manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar. Semoga dengan adanya informasi ini kita bisa lebih menghargai dan menjaga tumbuhan demi kehidupan sehari-hari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk