Pengertian Folktales dan Contohnya dalam Bahasa Inggris

Folktales dalam bahasa Indonesia biasa disebut cerita rakyat

23 September 2021

Pengertian Folktales Contoh dalam Bahasa Inggris
Pinterest/rafjanif9406

Siapa yang tidak tahu cerita rakyat atau dalam bahasa Inggris disebut folktales?

Indonesia ada banyak sekali folktales yang tersebar dari mulut ke mulut. Ceritanya pun memiliki banyak ragam karena Indonesia mempunyai budaya yang beragam pula akibat wilayah negaranya yang sangat luas.

Umumnya, setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki cerita rakyat atau folktales yang berbeda-beda sesuai dengan kejadian atau cerita rakyat yang berkembang.

Kali ini, Popmama.com akan membahas mengenai pengertian folktales dan contohnya dalam bahasa Inggris agar pengetahuanmu dalam bahasa Inggris semakin melimpah.

1. Pengertian folktales

1. Pengertian folktales
Pinterest/behance

Berdasarkan Merriam-Webster, folktale is a characteristically anonymous, timeless, and placeless tale circulated orally among a people. Artinya, folktales adalah sebuah kisah anonim, abadi, dan tidak diketahui tempatnya yang beredar secara lisan.

Menurut Cambridge Dictionary, folktales is a traditional story that people of a particular region or group repeat among themselves. Yang berarti, folktales adalah sebuah cerita tradisional yang orang-orang ceritakan secara turun temurun dari mulut ke mulut.

Biasanya, folktales berupa dogeng dan tidak diketahui siapa pengarangnya. Akan tetapi, secara aktif folktales disampaikan dari generasi ke generasi, bahkan hingga sekarang.

Editors' Picks

2. Ciri-ciri folktales

2. Ciri-ciri folktales
Youtube/Riri Cerita Anak Interaktif

Adapun ciri-ciri untuk dapat mengetahui apakah cerita tersebut merupakan folktales, sebagai berikut.

  1. Tidak diketahui pengarangnya atau anonim.
  2. Cerita disampaikan secara turun temurun dan berkembang hingga sampai sekarang.
  3. Cerita tersebut memiliki nilai-nilai kebaikan, nasihat, dan pesan yang bisa diambil.
  4. Penyebarannya dilakukan secara verbal atau dari mulut ke mulut, bukan secara tertulis.
  5. Ada banyak variasi folktales, sehingga masih diragukan kebenarannya.

3. Struktur folktales

3. Struktur folktales
Youtube/Riri Cerita Anak Interaktif

Folktales termasuk salah satu bentuk teks naratif karena terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Orientation

Bagian awal dari sebuah teks naratif folktales yang memperkenalkan tokoh dan latar belakang/setting tempat dan waktu cerita, misalnya siapa, apa, kapan, dan di mana.

2. Complication

Dalam sebuah cerita, akan muncul konflik. Pada bagian ini, tokoh-tokoh yang ada dalam cerita akan menghadapi sebuah masalah atau konflik, baik konflik ringan maupun berat.

3. Resolution

Bagian ini, masalah atau konflik sudah bisa teratasi, bahkan terlesaikan. Artinya, akhir dari cerita. Biasanya, nilai-nilai kebaikan, moral, dan nasihat terdapat pada bagian resolution ini atau yang disebut dengan Coda.

4. Contoh dialog dalam menceritakan folktales

4. Contoh dialog dalam menceritakan folktales
Youtube/Riri Cerita Anak Interaktif

Di Indonesia ada beberapa folktales yang terkenal, misalnya Danau Toba, Malin Kundang, Sangkuriang, Timun Mas, Nyi Roro Kidul, Bawang Merah Bawang Putih, dan Serigala dan Anak Domba.

Berikut ini Popmama.com berikan contoh dialog dalam menceritakan folktales.

Fairuz: Miftah, what kind of novel do you like? (Jenis novel apa yang kamu sukai?)

Miftah: Inspiration novel like Laskar Pelangi. How about you, Fairuz? (Novel inspirasi seperti laskar pelangi.)

Fairuz: I prefer reading folktales than novel. (Aku lebih menyukai membaca cerita rakyat dari pada novel)

Miftah: What kind of folktales do you like? (Jenis cerita rakyat apa yang kamu sukai?)

Fairuz: The legend ofNyi Roro Kidul.Have you ever heard it before? (Legenda Nyi Roro Kidul. Apakah kamu sudah pernah mendengarnya sebelumnya?)

Miftah: No, I haven’t . Can you tell me about it? (Belum, apakah kamu bisa menceritakan padaku tentang itu?)

Fairuz: Once open ago, in a palace there were a beautiful daughter and her father. She was named Kandita and her father is a king. (Pada jaman dahulu kala, di sebuah istana ada seorang anak gadis yang cantik jelita dan ayahnya. Dia (perempuan) diberi nama Kandita dan ayahnya adalah seorang raja.)

The king was unhappy although his daughter was so beautiful. He wanted a son. He decided to marry with a girl. They got a son. His wife wanted that their son to be a king for the future. And she set the trick to move Kadita away. (Sang raja tidak bahagia meskipun anak gadisnya sangat cantik. Dia (raja) menginginkan seorang anak laki-laki. Dia (raja) memutuskan untuk menikah dengan seorang gadis. Mereka mendapatkan seorang anak laki-laki. istrinya menginginkan anak laki-lakinya menjadi seorang raja pada masa yang akan datang dan dia (ratu) menyusun sebuah rencana untuk memindahkan Kandita.)

Miftah: Would she do that? (Apakah dia akan melakukanya?)

Fairuz: She asked the magician to make Kandita’s body full of the illness. She asked the king to move Kandita away from the palace till she cured . Kandita was so sad and she walked seven days and met the South ocean. She prayed to the God and she jumped to Ocean. Suddenly, it cured Kandita and Kandita was beautiful again. She was named Nyi Roro Kidul , the queen of south ocean. (Dia meminta penyihir untuk membuat tubuh Kandita penuh dengan penyakit. Dia meminta raja untuk memindahkan Kandita jauh dari istana sampai dia sembuh. Kandita sangat sedih dan berjalan selama tujuh hari dan dia menemukan pantai selatan. Dia berdoa kepada Tuhan, dan dia lompat ke lautan. Tiba-tiba Kandita sembuh dan kembali cantik. Dia bernama Nyi Roro Kidul, Ratu pantai selatan.)

Miftah: Good story. Where was that palace? (Dimanakah istananya?)

Fairuz: In the Central Java. (Di Jawa Tengah.)

Miftah: Okay, Thank you for the folktales. (Oke, terima kasih untuk cerita rakyatnya.)

Itulah pengertian folktales dan contohnya dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Kira-kira folktales apa saja yang kamu sukai?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.