TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Diabetes, Bisa Terjadi pada Semua Usia

Tidak menutup kemungkinan anak mengalami gejala diabetes, namun mereka tidak menyadarinya lho Ma!

15 Agustus 2022

Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Diabetes, Bisa Terjadi Semua Usia
Freepik/benzolx

Kebanyakan orang yang menderita diabetes, tidak sadar bahwa dirinya menderita diabetes sampai terjadi sakit yang cukup parah. 

Diabetes bisa didapat karena pola hidup yang kurang sehat, seperti makan tinggi gula dan kurang olahraga atau istriahat tidak teratur. Lalu bisa juga karena turun-temurun sesua kondisi orangtua atau kakek dan nenek.

Diabetes bisa terjadi pada usia berapapun, baik pada orang dewasa, remaja, atau sejak anak-anak.

Hal yang sering terjadi, diabetes tidak segera diketahui oleh penderitanya sejak awal. 

Itu karena gejala umum yang dialami oleh penderita diabetes memang benar-benar umum. Karena gejala yang sangat umum ini, orang cenderung abai, sehingga diabetes menjadi tidak terurus.

Penting bagi Mama untuk mengetahui ciri-ciri orang yang sedang mengalami diabetes. Ini bisa diperhatikan untuk kondisi kesehatan Mama, suami dan juga anak-anak di rumah.

Berikut Popmama.com telah merangkum ciri-ciri orang diabetes dan perlu segera ditangani. 

1. Sering buang air kecil

1. Sering buang air kecil
housegrail.com

Perhatikan jika anak menjadi sering buang air kecil. Beberapa tanda awal seseorang menderita diabetes adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat.

Anak juga sering menahan rasa ingin buang air kecil. Tapi perhatikan lagi, seberapa banyak anak minum dan terhidrasi. Jika memang banyak minum, wajar kalau sering buang air kecil.

Namun sebagian orang bergejala diabetes sebenarnya kurang minum namun tetap sering buang air kecil.

Editors' Picks

2. Sering haus dan lapar

2. Sering haus lapar
curaloe.com

Perasaan ingin minum lagi dan lagi menjadi sering dirasakan oleh orang bergejala diabetes. Penderitanya akan sering haus dan lapar padahal sudah banyak makan.

Bagi sebagian orang, mereka akan sering merasa haus dan lebih memilih minuman manis. Antara lain seperti es teh manis, minuman dalam botol kemasan, atau minuman perasa dalam gelas kemasan.
 

3. Berat badan turun

3. Berat badan turun
Pexels/Ketut Subiyanto

Bagi orang bergejala diabetes, meski sudah minum dan makan sering-sering, tetap terjadi turun berat badan secara tiba-tiba. 

Setelah makan juga biasanya sering mengantuk. Terlebih lagi setelah menyelesaikan makan siang. Padahal semestinya ini menjadi waktu produktif.

Benar-benar hal yang terkadang diri sendiri pun tidak sadar, sehingga orang yang mengalaminya pun jarang mengeluhkan gejala diabetes tersebut.

Jadi apa yang dapat kita lakukan agar diabetes tidak terlanjur parah? Biasakan Mama dan anak-anak di rumah menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat yang bernutrisi, gizinya sesuai dengan kebutuhan harian tubuh, tidak kurang dan tidak berlebihan. Istirahat dan tidur malam yang cukup waktunya 7-8 jam. 

Jelaskan pada anak mama untuk tidak terbiasa begadang sampai larut malam. Ini berbahya lho bagi kesehatan.

Cara Mencegah Diabetes 

Cara Mencegah Diabetes 
Freepik

Dalam keterangan tertulis Dennis Hadi, Founder BioAlpha menjelaskan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewaspadai diabetes. Ini dia yang bisa Mama lakukan:

  • Langkah pertama adalah mengenali gejala umum dari diabetes, dan jangan abai terhadap gejala sekecil apapun itu. 
  • Langkah kedua, disarankan untuk melakukan cek gula darah untuk pertama kalinya. Namun ini lebih diperuntukan bagi orang di atas usia 25 tahun. Sekarang cek gula darah sudah tidak terlalu mahal, dan dapat dilakukan dimana saja dengan pengawasan tenaga medis berpengalaman.
  • Langkah ketiga, jika sudah terdiagnosa mengidap diabetes, kita harus lebih awas terhadap pola makan dan gaya hidup yang kita jalani sehari-hari. Buat diet plan, dan jaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan yang tinggi gula dan tinggi indeks glikemik.

Nah, selain menjaga asupan makan, dan gaya hidup sehari-hari, Mama dan keluarga bisa konsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga gula darah tetap normal, yaitu Sopalpha dari BioAlpha.

Ini merupakan suplemen kesehatan masa depan yang diformulasikan langsung dari Jepang, dengan bahan utama Salmon Ovary Peptide yang cukup langka karena hanya didapatkan dari ekstrak membran ikan Keta Salmon dari perairan Hokkaido, Jepang. 

Itulah ciri-ciri orang diabetes beserta cara mencegahnya. Pastikan Mama dan anak tetap dalam kondisi sehat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk