TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips untuk Menjadi Top Trend, Penting bagi Seorang Content Creator

Bagi remaja yang senang menjadi content creator bisa mengikuti tips ini agar jadi top trend, loh!

2 Oktober 2022

5 Tips Menjadi Top Trend, Penting bagi Seorang Content Creator
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Berkembangnya era digital melahirkan banyak content creator yang menunjukkan kreativitasnya melalui unggahan konten di media sosial. Mulai dari anak muda, generasi Z dan milenial, hingga orang dewasa tertarik untuk menjadi seorang content creator.

Selain menjadi ajang untuk menampilkan kreativitasnya, menjadi terkenal dan mencapai top trend merupakan keinginan yang ingin dicapai oleh setiap content creator.

Sampai saat ini, sudah banyak content creator yang menjadi top trend hingga terkenal di kalangan publik. Sebagai contoh, ada Baim Wong, Aul Tutorialhidub, dan Keanu.

Pada acara Indonesia Millennial & Gen-Z Summit (IMGS) 2022 hari kedua, Jumat (30/9/2022), ketiga content creator ini berbagi pengalaman menjadi seorang content creator yang top trend dalam sesi “Be Authentic: Staying On Top Of Trends” di panggung Talent Trifecta.

Selain itu, Baim Wong, Aul, dan Keanu juga berbagi tips bagi content creator untuk menjadi top trend, loh! Yuk, simak informasi selengkapnya yang telah dirangkum Popmama.com berikut ini!

1. Lakukan analisis setiap saat

1. Lakukan analisis setiap saat
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menganalisis setiap waktu. Menurut Baim Wong, sebagai seorang content creator penting untuk melakukan analisis konten, tren, dan juga kelebihan serta kekurangan kompetitor.

“Kalau saya selalu menganalisa, tiap saat, tiap detik, siapa yang baru, siapa yang ini, siapa yang ini, saya selalu lihat algoritmanya seperti apa, cuma saya juga lihat kelemahannya di mana, kelebihannya di mana,” ungkapnya.

Baginya, melakukan analisis ini bukan hanya sekadar membandingkan konten milik sendiri dengan kompetitor ataupun menganggap para content creator lainnya sebagai musuh, tetapi untuk mengetahui konten seperti apa yang harus dibuat agar bisa menjadi top trend.

Editors' Picks

2. Bangun personal branding dalam diri

2. Bangun personal branding dalam diri
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Salah satu kiat bagi content creator agar bisa menjadi top trend adalah menjadi berbeda dari yang lain. Untuk menjadi berbeda, maka harus membentuk personal branding dalam diri sendiri dan menemukan keunikan atau ciri khas yang ada pada diri sendiri.

Aul mengungkapkan bahwa personal branding yang dimilikinya sebagai seorang content creator terbentuk dari audiensnya sendiri yang melihat konten-kontennya. Dia bercerita kalau banyak penggemarnya yang mengatakan Aul mempunyai suara khas dan tampilan yang terlihat lemas di setiap kontennya, yang mana hal ini justru menjadi keunikannya.

Pengalaman serupa juga dirasakan Keanu, yang dikenal dengan sering marah-marah atau memaki-maki sesuatu di beberapa konten unggahannya walaupun tidak sepenuhnya dia merasa kesal saat itu. “Gue tuh nggak kayak gitu, cuma dunia ini memaksa gue buat memaki-maki mereka,” ucapnya.

3. Tetap percaya diri dan be yourself

3. Tetap percaya diri be yourself
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Sebagai seorang content creator, penting sekali untuk memiliki kepercayaan diri agar bisa tampil maksimal dalam membuat konten-konten yang berkualitas. Rasa percaya diri ini tentunya berangkat dari diri sendiri.

Menurut Keanu, salah satu kunci untuk punya kepercayaan diri adalah dengan tampil apa adanya. Tidak harus selalu memaksakan diri dengan apa yang disukai audiensnya, tapi cukup menunjukkan hal-hal yang memang dimiliki oleh diri sendiri.

Selain itu, Keanu juga menyatakan bahwa tidak harus semua media sosial aktif digunakan untuk membuat konten, yang penting senyamannya diri sendiri saja. Walaupun dirinya juga memiliki akun TikTok dan sebagainya, Keanu mengungkap kalau dia merasa lebih nyaman bermain di Instagram sehingga lebih banyak mengunggah konten di sana.

4. Ikuti tren yang berkembang

4. Ikuti tren berkembang
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Untuk tetap bertahan menjadi seorang content creator yang top trend, maka harus mampu menyesuaikan diri untuk mengikuti tren-tren yang berkembang.

Baim Wong menjelaskan bahwa penting untuk mempelajari tren apa saja yang sedang berkembang saat ini dan ke depannya. Hal ini dilakukan agar bisa membuat konten yang disukai banyak orang sekaligus tidak ketinggalan dari content creator lainnya.

Lebih lanjut, menurut Baim Wong dengan adanya tren yang terus berubah dan berkembang ini berpengaruh pada bentuk konten dan media yang digunakan untuk mengunggahnya. Seperti contoh, Baim aktif membuat konten video di YouTube karena mengikuti tren yang masih berkembang.

5. Tetap konsisten

5. Tetap konsisten
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Tips terakhir yang bisa diterapkan oleh anak remaja mama yang senang atau tertarik untuk menjadi content creator adalah tetap konsisten dalam membuat konten. Hal ini memang menjadi tantangan sulit karena harus mengunggah konten secara rutin.

Aul mengungkapkan bahwa konsistensi untuk membuat konten yang lebih baik lagi menjadi tantangan berat yang harus dilewati meskipun sudah dikenal banyak oleh publik.

Namun, menurut Aul upaya untuk tetap konsisten merupakan hal terpenting yang harus dimiliki seorang content creator agar mampu mempertahankan eksistensinya serta menjadi top trend.

Itu dia beberapa tips bagi content creator untuk menjadi top trend dari ketiga content creator terkenal ini yang bisa diterapkan, khususnya bagi anak remaja mama yang ingin menjadi content creator.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama dan anak remaja mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk