TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Fakta Kang Seungyoon, Leader Sekaligus Maknae di WINNER

Selain bernyanyi, Seungyoon juga berbakat di bidang akting dan fotografi

20 September 2022

8 Fakta Kang Seungyoon, Leader Sekaligus Maknae WINNER
Twitter.com/official_yoon_

WINNER merupakan salah satu boy group asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Grup ini memulai debut perdananya pada 17 Agustus 2014.

Dahulunya, WINNER memiliki 5 anggota, antara lain Yoon (Seungyoon), Jinu (Jinwoo), Hoony (Seunghoon), Mino, dan Taehyun. Namun, Taehyun meninggalkan grup dan agensinya di tahun 2016. Kini, grup ini aktif dengan 4 member.

Semua anggota WINNER memang menarik perhatian publik, termasuk Kang Seungyoon yang merupakan seorang leader di grup tersebut. Sebagai vokalis utama yang mempunyai suara khas, dia menjadi member yang difavoritkan oleh para penggemarnya.

Tidak hanya pandai dalam bernyanyi, ternyata Seungyoon juga berbakat di bidang lainnya seperti akting dan fotografi, loh!

Penasaran dengan siapa sosok Seungyoon yang sebenarnya? Kali ini, Popmama.com telah merangkum sejumlah fakta Kang Seungyoon WINNER dari berbagai sumber. Yuk, langsung cek!

1. Jadi kontestan dalam kompetisi Super Star K2

1. Jadi kontestan dalam kompetisi Super Star K2
Youtube.com/Mnet K-POP

Seungyoon mulai masuk di industri entertainment pada tahun 2010, yaitu saat dirinya menjadi salah satu kontestan dalam acara kompetisi “Super Star K Season 2” yang diadakan oleh Mnet. Saat itu, dia masih berumur 17 tahun.

Walaupun sempat hampir tereliminasi di pertengahan babak, dia berhasil menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi dan bermain musik hingga mencapai Top 4. Setahun kemudian, laki-laki asal Busan ini resmi menjadi trainee di YG Entertainment.

2. Memulai karier solo sebelum debut dengan WINNER

2. Memulai karier solo sebelum debut WINNER
Facebook.com/강승윤

Sebelum Seungyoon resmi debut dalam grup WINNER bersama 4 anggota lainnya, dia ternyata mengawali karier satu tahun lebih awal sebagai solois, loh! Idol asal Busan yang satu ini merilis single solo pertamanya berjudul “It Rains” pada Juli 2013.

Lagu “It Rains” berhasil meraih “all-kill” di seluruh platform streaming musik Korea Selatan, dan masuk dalam tangga lagu Korea (Gaon Digital Chart) di urutan ke-2. Dua single berikutnya, “Wild and Young” dan “Stealer”, juga berhasil debut di Gaon Digital Chart dengan posisi masing-masing ke-8 dan ke-13.

3. Member termuda yang jadi leader di WINNER

3. Member termuda jadi leader WINNER
Twitter.com/yg_winnercity

Dipercaya untuk memegang posisi leader dari grup WINNER, Seungyoon ternyata merupakan anggota yang paling muda atau maknae dalam grupnya (bersama Taehyun ex-WINNER). Dia adalah idol kelahiran 1994.

Sebenarnya, jauh sebelum ditetapkan secara permanen menjadi leader di WINNER, dia awalnya dipilih sebagai ketua sementara dalam grupnya untuk menggantikan Mino pada acara survival reality Mnet “WIN: Who Is Next?” akibat cedera kaki.

Editors' Picks

4. Anggota WINNER satu-satunya yang bergolongan darah B

4. Anggota WINNER satu-satu bergolongan darah B
Instagram.com/w_n_r00

Selain jadi anggota termuda, Seungyoon juga menjadi satu-satunya member yang memiliki golongan darah B. Ketiga anggota lainnya: Jinu (Jinwoo), Hoony (Seunghoon), dan Mino, mempunyai golongan darah A.

Karena terdapat perbedaan golongan darah antara dirinya dengan member WINNER lainnya, sang leader terkadang merasa dirinya memiliki cara pandang yang berbeda dengan ketiga hyung-nya.

5. Akting di berbagai drama Korea

5. Akting berbagai drama Korea
Instagram.com/w_n_r00

Tidak hanya sukses berkarier sebagai idol, Seungyoon juga mengembangkan kemampuannya dalam berakting. Dia memulai debut perdana sebagai aktor pada tahun 2011 di drama “High Kick: Revenge of the Short Legged” meski hanya menjadi peran pembantu.

Setelah aktif di grup WINNER, artis kelahiran 1994 ini kembali bermain akting di berbagai drama Korea seperti “The Producers” (2015), “We Broke Up” (2015), “Love for a Thousand More” (2016), “Prison Playbook” (2017), dan masih banyak lagi.

6. Idol YG satu-satunya yang mendapat gelar “Mask King” di acara KOMS

6. Idol YG satu-satu mendapat gelar “Mask King” acara KOMS
Instagram.com/w_n_r00

Para penggemar musik dan artis Korea Selatan mungkin tidak akan asing saat mendengar nama acara “King of Masked Singer” (KOMS). Acara ini menghadirkan beragam artis terkenal yang akan beradu tampil dalam bernyanyi dengan wajah yang ditutupi masker.

Seungyoon, dengan kemampuan bernyanyinya yang menarik dan luar biasa, berhasil mendapat gelar “Mask King” di KOMS setelah menang sebanyak 6 kali berturut-turut dengan tampil sebagai “Chow Yun-fat”. Sampai saat ini, ia merupakan satu-satunya idol dari YG Entertainment yang menang dalam acara tersebut. Keren!

7. Rilis full album pertama sebagai solois di tahun 2021

7. Rilis full album pertama sebagai solois tahun 2021
Instagram.com/w_n_r00

Setelah sukses merilis tiga single lagunya pada tahun 2013, Seungyoon hiatus sebagai solois karena harus memfokuskan seluruh kegiatannya pada grup WINNER. Walaupun begitu, dia tetap berusaha menampilkan kemampuan bernyanyinya secara solo lewat beberapa lagu soundtrack drama Korea.

Delapan tahun kemudian, tepatnya di 2021, leader grup WINNER ini akhirnya meluncurkan full album solonya bertajuk “Page”, dengan lagu utamanya berjudul “Iyah”. Lagu ini debut di dalam tangga lagu Gaon Digital Chart pada posisi ke-3.

8. Menekuni bidang fotografi

8. Menekuni bidang fotografi
Instagram.com/w_n_r00

Selain kecintaannya kepada musik, idol yang satu ini juga memiliki minat yang kuat di bidang fotografi. Bahkan, dia membuat akun Instagram khusus dengan ID @y8n_l8ks_at untuk mengunggah hasil karya fotonya, serta menggunakan nama lain “Yooyeon”.

Di bulan September 2022, Seungyoon membawa kabar baik bagi para penggemarnya bahwa beberapa hasil foto miliknya dipertunjukkan dalam acara ekhibisi “stART Art Fair” di Seoul yang berlangsung pada 1-6 September lalu. Sebuah pencapaian yang luar biasa, ya!

Nah, itulah beberapa fakta Kang Seungyoon WINNER yang merupakan seorang leader dan juga maknae di grup besutan YG Entertainment ini.

Kira-kira, fakta mana saja nih yang belum anak remaja mama ketahui darinya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk