Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Jenis Turunan Warna Merah, Ada Marun hingga Kirmizi

Sebagai warna primer, merah mempunyai beberapa turunan dari hasil campuran warna lainnya

29 November 2022

10 Jenis Turunan Warna Merah, Ada Marun hingga Kirmizi
Pexels/Magda Ehlers

Apakah anak mama adalah penyuka warna merah? Warna yang sering dilambangkan dengan keberanian dan penuh semangat ini ternyata mempunyai beberapa jenis atau yang disebut sebagai turunan warna, loh!

Munculnya beragam jenis warna disebabkan oleh adanya pencampuran warna tersebut dengan warna-warna lainnya. Perpaduan ini menghasilkan warna baru yang masih “berkerabat” dengan warna merah.

Sebagai warna primer atau dasar, merah memiliki kode warna #FF0000, atau dalam skala RGB (Red, Green, Blue) terdiri dari 100% red (255), 0% green (0), dan 0% blue (0).

Ada banyak sekali jenis turunan warna merahyang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan kali ini, Popmama.com telah merangkum beberapa jenis serta penjelasannya di bawah ini.

Yuk, langsung simak informasinya!

1. Merah marun (maroon red)

1. Merah marun (maroon red)
Unsplash/Adán Mendoza

Turunan warna merah yang satu ini mungkin sudah tidak asing di mata anak. Merah marun, atau yang lebih dikenal dengan sebutan maroon red dalam bahasa Inggris, merupakan campuran antara warna merah dan ungu atau biru.

Kata maroon sendiri diambil dari kata dalam bahasa Prancis yang artinya “chestnut” (kastanye). Di Indonesia, merah marun juga dikenal dengan nama merah manggis atau merah pulasan.

Jenis warna merah tua yang satu ini bisa ditemukan di Photoshop atau aplikasi desain lainnya dengan kode warna #800000.

2. Merah delima (ruby red)

2. Merah delima (ruby red)
Unsplash/Jason D

Ruby red, atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan merah delima, merupakan turunan warna merah yang diadaptasi dari warna batu kristal ruby. Warna ini juga serupa dengan isi buah delima merah.

Merah delima memiliki warna yang cenderung muda dan keunguan. Jenis warna merah yang memiliki kode #E0115F ini bisa ditemukan pada beberapa benda, terutama perhiasan seperti cincin, kalung, anting, dan sebagainya.

3. Merah darah (blood red)

3. Merah darah (blood red)
Pexels/Chokniti Khongchum

Ketika anak mengalami luka tergores atau lecet di kulit tubuh, biasanya akan keluar darah. Nah, warna dari darah ini diadaptasi menjadi salah satu turunan warna merah, yakni merah darah atau blood red.

Warna yang satu ini terlihat gelap seperti warna darah manusia, tetapi masih terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan merah marun. Merah darah dapat ditemukan dengan kode warna #880808.

4. Merah cabai (chili red)

4. Merah cabai (chili red)
Unsplash/Fabienne Hübener

Jenis warna merah yang satu ini tentunya juga familier bagi anak, karena mudah sekali dijumpai di lingkungan sekitar khususnya pada tanaman cabai.

Saat ini, warna merah cabai atau chilli red ini sering digunakan sebagai warna pada pakaian, pewarna makanan, dan lain-lain. Warnanya yang menyala tetapi sedikit gelap ini dikenal dengan kode warna #E32227.

Editors' Picks

5. Lembayung (crimson)

5. Lembayung (crimson)
Unsplash/Hans Vivek

Selanjutnya adalah warna merah lembayung, atau yang dikenal dengan nama crimson dalam bahasa Inggris. Jenis warna merah yang satu ini biasanya dapat ditemukan pada kelopak bunga mawar.

Dengan kode warna #DC143C, lembayung memiliki karakteristik warna yang kuat dan cerah, dengan campuran warna biru atau ungu yang memberikan kesan keungu-unguan.

6. Merah Indian (Indian red)

6. Merah Indian (Indian red)
winsornewton.com

Turunan warna merah berikutnya adalah merah Indian, atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Indian red. Jenis warna ini diberi nama “merah Indian” karena berasal dari penduduk asli suku Indian yang hidup di Amerika.

Warna merah Indian diadaptasi dari pewarna alami yang dibuat dari tanah liat yang mengandung hematit, zat besi, dan aluminium, yang kemudian digunakan untuk mewarnai kulit tubuh suku Indian.

Merah Indian memiliki warna yang cukup muda, yang mana bisa ditemukan dengan kode warna #CD5C5C.

7. Merah muda (pink)

7. Merah muda (pink)
Unsplash/eskay lim

Anak mungkin sangat akrab dengan salah satu turunan warna merah yang satu ini. Warna merah muda atau pink ini menjadi warna yang disukai banyak orang, serta sering diidentikkan dengan perempuan.

Di Indonesia, warna pink juga dikenal dengan nama merah jambu, yang mana diadaptasi dari warna merah muda yang ada pada isi daging buah jambu biji. Paduan antara warna merah dan putih ini dapat ditemukan dengan kode warna #FFC0CB.

8. Merah koral (coral red)

8. Merah koral (coral red)
Pixabay/Marcelo Kato

Jenis turunan warna merah selanjutnya yang memiliki warna cerah dan muda adalah merah koral, atau dalam bahasa Inggris disebut coral red. Seperti namanya, warna ini terinspirasi dari binatang koral laut yang mempunyai warna merah cerah.

Merah koral terlihat mirip dengan warna pink atau merah muda, tetapi sedikit lebih pucat dan gelap. Warna ini bisa ditemukan dengan kode warna #F08080.

9. Merah salmon (salmon red)

9. Merah salmon (salmon red)
Unsplash/Colin Czerwinski

Merah salmon, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan salmon red, merupakan jenis turunan warna merah yang terlihat muda dan sedikit kejingga-jinggaan.

Warna ini sangat mudah ditemukan pada daging ikan salmon yang masih mentah, dan sering digunakan sebagai warna dasar pakaian. Merah salmon mempunyai kode warna #FA8072.

10. Kirmizi (scarlet)

10. Kirmizi (scarlet)
Freepik/vectorpouch

Jenis turunan warna merah yang bernama kirmizi, atau yang sering dikenal dengan sebutan scarlet dalam bahasa Inggris, merupakan warna merah yang terlihat cerah, kuat, dan mempunyai kesan sedikit oranye.

Warna kirmizi sering digunakan sebagai warna dasar pakaian-pakaian tradisional Eropa, dan dapat ditemukan pula pada beberapa kosmetik seperti lipstik. Jenis warna merah ini diberi kode warna #FF2400.

Itu dia beberapa jenis turunan warna merah yang perlu anak ketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan baru bagi anak ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk