TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memahami Karakter dan Kepribadian INFP pada Remaja

Seperti apa karakter dan kepribadian INFP yang dikenal sebagai tipe kepribadian "The Mediator" ini?

19 Agustus 2022

Memahami Karakter Kepribadian INFP Remaja
Pexels/jonasmohamadi

Saat ini tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator banyak diikuti orang di seluruh dunia untuk mengetahui seperti apa kepribadian umum, kekuatan, dan preferensi seseorang.

Tes ini dapat diikuti tidak terbatas pada orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak dan remaja. Salah satu dari 16 kepribadian MBTI adalah kepribadian INFP (Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving).

Lantas, seperti apakah kepribadian INFP pada remaja? Berikut ini Popmama.com merangkum informasi selengkapnya untuk mama:

1. Apa itu kepribadian INFP?

1. Apa itu kepribadian INFP
Pexels/kindelmedia

Kepribadian INFP (Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving) adalah seseorang yang memiliki ciri kepribadian introvert, intuitif, perasa, dan pencari. Dikenal sebagai tipe kepribadian "The Mediator", INFP cenderung pendiam, berpikiran terbuka, dan imajinatif. Mereka adalah orang yang peduli meski terlihat tidak banyak bicara. 

Kepribadian INFP adalah orang yang kreatif dan imajinatif sehingga tampak sering tenggelam dalam lamunan karena sibuk dengan segala macam cerita dan percakapan dalam pikiran mereka. 

Di sisi lain, INFP adalah orang yang memiliki respon emosional yang mendalam terhadap musik, seni, alam, dan orang-orang di sekitar mereka. Selain itu, mereka adalah tipe kepribadian yang selalu ingin mendapatkan pemahaman lebih besar tentang diri mereka sendiri dan bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan dunia.  
 

2. Ciri-ciri anak dengan kepribadian INFP

2. Ciri-ciri anak kepribadian INFP
Pexels/monstera

INFP dikenal sebagai pribadi yang introvert dan pendiam. Berada dalam situasi sosial dapat menguras energi mereka sehingga mereka lebih suka menyendiri atau berinteraksi dengan sekelompok teman dekat saja. Meskipun suka menyendiri, mereka tidak harus disamakan dengan pemalu. 

INFP biasanya lebih mengandalkan intuisi. Mereka berfokus pada gambaran besar ketimbang detail. Mereka bisa sangat teliti terhadap hal-hal yang benar-benar mereka pedulikan, tetapi bisa juga mengabaikan detail yang biasa atau membosankan. 

Anak dengan kepribadian INFP cenderung mengutamakan perasaan pribadi. Keputusan yang diambil lebih dipengaruhi kekhawatiran daripada obyektivitas, karena itulah ketika harus mengambil keputusan mereka lebih suka membiarkan pilihan mereka tetap terbuka.

Editors' Picks

3. Kelebihan kepribadian INFP

3. Kelebihan kepribadian INFP
Pexels/Nothing Ahead

Jika dilihat dari ciri-ciri kepribadiannya, anak dengan kepribadian INFP memiliki kelebihan yang menonjol, antara lain:

  • Loyal dan setia
  • Peka terhadap perasaan
  • Peduli dan tertarik pada orang lain
  • Bekerja dengan lebih baik sendirian
  • Menghargai hubungan dekat
  • Pandai melihat "gambaran besar"

4. Kekurangan kepribadian INFP

4. Kekurangan kepribadian INFP
Freepik/jcomp

Di sisi lain, kepribadian INFP juga memiliki kekurangan yang perlu mama ketahui, antara lain:

  • Bisa terlalu idealis
  • Mudah tersinggung karena cenderung memasukkan segala hal ke dalam hati
  • Sulit untuk mengenali dirinya
  • Terkadang meremehkan hal-hal kecil
  • Mengabaikan detail

5. Apa yang disukai anak dengan kepribadian INFP?

5. Apa disukai anak kepribadian INFP
Freepik

INFP adalah kepribadian yang lebih suka bekerja sendirian. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa bekerja bersama orang lain. Tetapi jika bekerja sendiri, hasilnya akan lebih maksimal. 

Anak dengan kepribadian INFP cenderung sangat kreatif, artistik, dan spiritual. Mereka sangat terampil dalam bidang bahasa tetapi lebih suka mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui tulisan ketimbang bicara. 

Karier yang populer di kalangan INFP meliputi:

  • Seniman
  • Konselor
  • Desainer grafis
  • Psikolog
  • Pekerja sosial
  • Penulis

6. Bagaimana cara membesarkan anak dengan kepribadian INFP?

6. Bagaimana cara membesarkan anak kepribadian INFP
Freepik

Apabila mama memiliki anak dengan tipe kepribadian INFP yang cenderung pendiam dan pemikir, hal ini harus dibarengi dengan pola asuh yang tepat.

  • Anak dengan kepribadian INFP biasnaya hanya memiliki sedikit pertemanan dekat, tetapi hubungan pertemanannya umumnya bertahan lama. Jadilah sahabat bagi mereka dengan mendengarkan perasaan dan memahami emosi mereka karena INFP sering berjuang di dua hal ini.
  • Mengenal INFP bisa memakan waktu dan usaha yang lebih, tetapi dengan keintiman emosional dan hubungan yang mendalam, niscaya mama bisa lebih dalam lagi mengenal kepribadian anak.
  • Anak dengan kepribadian INFP terkadang sulit membuka diri dan menerima kritik. 

Demikianlah beberapa hal yang penting mama ketahui seputar kepribadian INFP. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dalam mengenal karakter kepribadian anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk