Salurkan Energi Anak Lewat Menari, Ini Manfaatnya

Menari ternyata bisa meningkatkan kemampuan akademis anak

15 Januari 2020

Salurkan Energi Anak Lewat Menari, Ini Manfaatnya
Freepik

Energi yang dimiliki anak memang sangat luar biasa. Mereka seolah tidak punya rasa capek dan stok semangat yang melimpah. Terkadang, para orangtua dibuat pusing karena mereka tidak bisa diam.

Banyak orangtua yang tak tahu bagaimana cara menghadapi anak yang punya energi berlebih. Seringkali saking capek dan putus asanya, orangtua melampiaskannya dengan omelan-omelan dan kemarahan, berharap sang Anak mau diam barang sejenak. Padahal, ada lho, Ma, cara yang bisa dilakukan untuk menyalurkan energi anak yang berlebih. Salah satunya adalah dengan menari.

Lewat menari, banyak keuntungan yang akan didapatkan anak. BerikutPopmama.com merangkum 5 keuntungan menari bagi anak, dilansir dari livestrong.com:

1. Meningkatkan aktivitas fisik

1. Meningkatkan aktivitas fisik
Freepik

Menari adalah kegiatan yang sangat melibatkan fisik. Lewat variasi gerakan, seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan berkoordinasi dengan otak. 

Anak yang rutin menari akan mengalami peningkatan kemampuan dan kesehatan fisik secara signifikan. Menurut Pro Dance Center, latihan menari rutin akan memperkuat fisik dan stamina anak, serta meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan geraknya. 

2. Mencegah obesitas

2. Mencegah obesitas
Freepik

Bisa dibilang, menari mirip dengan latihan aerobik. Untuk anak yang kelebihan berat badan, aktivitas ini dapat membuat tubuh mereka aktif bergerak sehingga menurunkan berat badan.

Menari pun akan meningkatkan kesehatan jantung. Bonusnya, tidak seperti olahraga yang monoton, menari asyik dilakukan karena banyaknya gerakan dan musik yang variatif.

Editors' Picks

3. Mendorong anak bersosialisasi

3. Mendorong anak bersosialisasi
Freepik/nikitabuida

Selain sebagai aktivitas fisik, menari juga merupakan aktivitas yang mendorong anak bersosialisasi.

Lewat kegiatan menari, anak akan belajar soal komunikasi, kerja tim, mengembangkan rasa kepercayaan dan menjalin pertemanan baru. Ketrampilan sosial anak pun akan terasah sendirinya sehingga membantu mengurangi kecemasan anak terhadap orang atau tempat baru.

4. Mendukung kemampuan belajar

4. Mendukung kemampuan belajar
Freepik

Menjadi seorang penari yang terampil, butuh latihan, disiplin dan fokus yang tinggi. Aspek-aspek yang dilatih dalam menari ini tentu saja berguna diterapkan di bidang lain. 

Dilansir dari FamilyTalk Magazine, latihan menari dapat memicu kreativitas anak dan membantu mengembangkan apresiasi terhadap seni. Siswa yang secara teratur berpartisipasi dalam latihan menari, cenderung lebih baik secara akademis ketimbang yang tidak. 

5. Meningkatkan harga diri

5. Meningkatkan harga diri
maxpixel.freegreatpicture

Lewat menari, secara perlahan-lahan anak akan merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan harga dirinya. 

Menurut EduDance, pelajaran menari dapat mendorong anak menumbuhkan sikap yang lebih positif dalam mengeksplorasi kemampuan dirinya. Ini sangat bermanfaat bagi anak yang mengalami kekurangan fisik atau mental, atau yang sedang berusaha mengatasi masalah emosional yang signifikan.

Latihan menari bukan hanya untuk anak perempuan saja kok, Ma. Menari merupakan kegiatan yang genderless, jadi anak laki-laki Mama pun sah-sah saja mengikutinya. Siapa tahu, lewat kegiatan ini anak Mama tak hanya dapat menyalurkan energinya, melainkan juga bisa berprestasi hingga menjadi profesinya di masa depan.

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!