Harus Sejak Dini, Begini Lho Rutinitas Skincare untuk Remaja Mama

Merawat kulit bukan genit, tapi bagian dari kebersihan diri wajib

20 Oktober 2019

Harus Sejak Dini, Begini Rutinitas Skincare Remaja Mama
Freepik/Jcomp

Kulit wajah merupakan bagian tubuh harus diperlakukan dengan baik. Bukan sekadar agar cantik, tetapi kulit wajah yang terawat merupakan bagian dari kebersihan tubuh. Untuk menjaganya, perlu perawatan menggunakan skincare yang tepat.

Banyak orang yang salah kaprah menganggap rutinitas skincare hanyalah untuk perempuan dewasa. Nyatanya, sejak menjelang remaja, anak pun perlu tahu caranya merawat wajah agar terlindung dari pengaruh buruk matahari dan hal-hal lain yang dapat merusak kulit wajah.

epenting apakah perawatan wajah bagi anak jelang remaja? Produk skincare apa sajakah yang diperlukan? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbinya.

Problem Kulit Wajah yang Dialami Remaja

Problem Kulit Wajah Dialami Remaja
Freepik

Thanks to puberty! Masa pubertas merupakan masa di mana gejolak hormon seorang anak sedang tinggi-tingginya, baik secara emosional maupun fisik. Dari segi fisik, produksi sebum meningkat, tekstur kulit pun berganti menjadi lebih sensitif. Tak heran jika di masa-masa ini, anak remaja Mama mulai mendapati jerawat menghiasi wajahnya, pori-pori yang tersumbat kotoran dan debu serta wajah yang berminyak. Komedo pun betebaran di dahi, hidung, pipi dan telinga.

Hal ini wajar, Ma. Meskipun begitu, jangan dibiarkan. Sedini mungkin anak harus diajarkan caranya menjaga kebersihan tubuh dan merawatnya. Tidak mau 'kan bekas jerawat terus hinggap di wajah hingga anak beranjak dewasa, hanya karena lalai merawat kebersihan wajah di masa remaja?

Rutinitas Skincare untuk Remaja di Pagi Hari

Rutinitas Skincare Remaja Pagi Hari
Freepik/yanadjana

Di masa-masa jelang remaja, anak banyak disibukkan dengan kegiatan di luar rumah. Otomatis, kotoran dan debu menumpuk di wajah, bahkan sampai ke pori-porinya. Untuk itu, perlu rutinitas skincare untuk membersihkan dan melindungi kulit wajahnya dengan maksimal.

Tidak perlu banyak produk kok, Ma. Pada dasarnya, kulit wajah anak remaja masihlah sensitif dan perlu produk yang kandungannya lembut. Yang penting ditekankan adalah rutinitas skincare yang membutuhkan kedisplinan. 

Rutinitas skincare pagi hari meliputi membersihkan wajah menggunakan facial foam, kemudian menggunakan pelembap dan jangan lupa mengaplikasikan tabir surya. Ini sangat penting, karena anak banyak beraktivitas di bawah terik sinar matahari, sehingga perlindungan tabir surya dibutuhkan demi menjaga kulit wajah anak dari radiasi sinar UVA/UVB yang dapat merusak kulit.

Pilih tabir surya yang mengandung minimal SPF 30. Aplikasikan tabir surya 20 menit sebelum terpapar sinar matahari. Untuk wajah, pakai tabir surya sebanyak dua ruas jari agar dapat melindungi kulit wajah dengan baik. 

Editors' Picks

Rutinitas Skincare Sepulang Sekolah dan Di Malam Hari

Rutinitas Skincare Sepulang Sekolah Malam Hari
Freepik

Sepulang sekolah atau aktivitas lainnya, ajari anak untuk membersihkan wajah menggunakan micellar water. Ini merupakan langkah penting pertama dalam membersihkan wajah. Setelahnya, barulah kotoran dan debu tuntas ditumpas dengan cuci wajah memakai facial foam. Pilih facial foam yang lembut dan melembapkan kulit.

Keringkan wajah dengan cara ditepuk lembut menggunakan handuk halus atau sebagian orang lebih suka membiarkannya kering dengan sendirinya. Saat setengah kering, ajari anak menggunakan pelembap untuk mengunci kadar air di kulit. Saat ini sudah banyak produk pelembap khusus yang diformulasikan untuk kulit remaja, yang nyaman digunakan tanpa menimbulkan rasa greasy atau lengket berminyak.

Perawatan Ekstra untuk Remaja Mama

Perawatan Ekstra Remaja Mama
Freepik

Kulit anak remaja sebetulnya tidak perlu memakai banyak lapisan skincare. Tetapi, jika anak mulai punya jerawat di wajahnya, tak ada salahnya menggunakan obat jerawat untuk mengempeskannya. Pastikan anak tidak menyentuh jerawatnya dengan tangan kotor, apalagi sampai memencetnya karena dapat meninggalkan bekas. Jika sudah terlanjur berbekas, Mama bisa mengaplikasikan spot treatment untuk memudarkan bekas jerawat.

Banyak yang bertanya, apakah anak remaja boleh menggunakan masker? Tentu saja boleh, Ma. Masker dapat mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga mencegah terbentuknya jerawat. Pilih masker dari bahan alami, seperti clay mask. Tak perlu digunakan setiap hari, cukup rutin memakai masker 1-2 kali seminggu saja untuk membersihkan wajah sampai ke pori-porinya.

Perawatan wajah ini bukan hanya untuk anak remaja perempuan saja. Anak remaja laki-laki pun perlu menerapkannya, karena skincare sesungguhnya bukan untuk kecantikan dan menarik perhatian orang lain, melainkan bagian dari perawatan kebersihan diri yang siapapun perlu melakukannya.

Semoga informasi ini menginspirasi ya, Ma!

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!