Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Tips Meningkatkan Viewer YouTube bagi Content Creator Pemula

Meningkatkan viewers YouTube perlu strategi yang tepat lho, Ma

22 November 2022

10 Tips Meningkatkan Viewer YouTube bagi Content Creator Pemula
Freepik/prostooleh

Saat ini, terdapat 2,41 miliar pengguna aktif Youtube di seluruh dunia, dilansir dari Business of Apps. Bisa dibilang, siapa saja bisa menjadi seorang YouTuber asalkan memiliki konten yang bagus. Tak terkecuali anak-anak. Bahkan seorang YouTuber kecil bernama Like Natasya memiliki 73,6 juta subscribers. 

Untuk mendapatkan subscribers yang banyak, pastinya kita harus punya konten yang berkualitas dan viewer yang tinggi. 

Untuk mama yang saat ini tertarik membesarkan channel YouTube pribadi atau mengelola YouTube milik anak, berikut ini Popmama.com punya 10 tips untuk meningkatkan viewer YouTube bagi content creator pemula yang dapat mama terapkan:

1. Membuat konten yang berkualitas

1. Membuat konten berkualitas
Freepik/DCStudio

Untuk meningkatkan viewer di YouTube, tentu saja hal paling utama dan mendasar yang harus diperhatikan adalah kualitas konten. 

Buatlah konten yang unik. Sebisa mungkin yang belum pernah dibuat orang lain. 

Buatlah konten yang memang ingin dilihat penonton sehingga penonton merasa konten yang disajikan bernilai dan memancing mereka untuk datang kembali ke channel mama.

2. Kenali audiens

2. Kenali audiens
Freepik/jcomp

Hal yang penting untuk dilakukan adalah mengidentifikan audiens dan mengenal karakternya. Ingat, Ma, kita tidak bisa membuat video yang disukai semua orang. Setiap YouTubers tentu punya pasarnya masing-masing. 

Ketahui seperti apa karakteristik audiens dan apa yang mereka inginkan, lalu buatlah video yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

3. Membuat judul yang menarik

3. Membuat judul menarik
Freepik/our-team

Judul video penting diperhatikan untuk menarik minat penonton. Judul yang cukup panjang sekitar 40-50 karakter cenderung disukai oleh YouTube. 

Selain itu, mama juga bisa gunakan huruf kapital untuk penekanan hal penting di judul dan juga menyertakan emoticon sebagai eye-stopper.

4. Buatlah thumbnail yang unik

4. Buatlah thumbnail unik
Pexels/Pixabay

Mama mungkin memerhatikan bahwa banyak YouTuber yang menggunakan warna mencolok dan huruf besar serta kata-kata yang spektakuler untuk thumbnail-nya. 

Memang thumbnail video YouTube sangat berpengaruh sebagai pemancing agar orang mau menonton video kita. Namun ingat supaya tidak berlebihan atau membuat clickbait semata dengan thumbnail sensasional yang isi videonya ternyata tidak sesuai.

Editors' Picks

5. Terapkan strategi SEO YouTube

5. Terapkan strategi SEO YouTube
Pexels/Andrea Piacquadio

Orang-orang mencari apa yang ingin mereka cari di internet dengan kata kunci tertentu. Itulah yang disebut dengan search engine optimization (SEO).

SEO bukan hanya bisa diterapkan pada website saja, melainkan juga pada video YouTube yang mama buat. Masukan kata kunci yang sekiranya banyak dicari orang terkait video mama. Jangan lupa, gunakan tag yang benar dalam video agar sistem SEO YouTube dapat mengidentifikan jenis video mama secara tepat.

6. Buatlah playlist atau daftar putar

6. Buatlah playlist atau daftar putar
Pexels/Cottonbro Studio

Jika mama punya beberapa video dengan tema atau kategori yang sama, tak ada salahnya memasukkan video-video tersebut ke dalam playlist atau daftar putar. 

Video-video yang dimasukkan ke dalam playlist akan secara otomatis diputar setelah video yang ditonton habis. Cara ini akan menambah viewer mama tanpa perlu usaha berlebih.

7. Gunakan cards dan end screen

7. Gunakan cards end screen
Pexels/Cottonbro Studio

Semakin jauh seseorang menyelami channel YouTube mama, mereka akan semakin tertarik dengan konten-konten mama yang lainnya. Itulah mengapa untuk meningkatkan viewer mama bisa menggunakan strategi card dan end screen.

Cards adalah link yang muncul di pojok kanan atas video mama yang memberitahu viewer konten yang terkait. 

End screen adalah penutup saat video selesai ditayangkan. Di bagian ini mama bisa menyematkan beberapa video yang ingin mama promosikan.

8. Mengikuti tren

8. Mengikuti tren
Freepik/shurkin_son

Strategi meningkatkan viewer lainnya adalah dengan mengikuti tren. Buatlah video yang terkait dengan tren yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Mama bisa mencari tahu melalui Google Trends atau melihat media sosial. 

Namun ingat, Ma, bijaklah dalam mengikuti tren untuk konten video YouTube ya. Tidak semua tren harus diikuti mentah-mentah kok. Pilih yang sesuai dan bermanfaat.

9. Meningkatkan interaksi

9. Meningkatkan interaksi
Freepik/tirachardz

Salah satu cara meningkatkan viewer agar video mama lebih sering muncul di halaman home YouTube adalah dengan aktif berinteraksi dengan audiens.

Mama bisa meminta audiens untuk berkomentar di kolom komentar, memberi like, subscribe untuk penonton baru, dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa juga untuk membalas komentar-komentar yang ditinggalkan agar audiens senang dan mau kembali ke channel YouTube mama.

10. Berkolaborasi

10. Berkolaborasi
Pexels/George Milton

Kolaborasi adalah cara yang ampuh untuk memperluas jangkauan audiens. Berkolaborasilah dengan channel lain yang masih berkaitan dengan channel mama atau yang irisan audiensnya sama.

Dengan berkolaborasi, mama bisa memperkenalkan channel mama ke audiens kolaborator, begitu juga sebaliknya.

Itulah 10 cara meningkatkan viewer YouTube bagi content creator pemula. Jangan lupa untuk selalu konsisten menyajikan konten yang berkualitas ya, Ma. Semoga tips ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk