Penting Ma, Ini 6 Cara Membantu Anak Mengenal Bakat dan Talentanya

Semakin cepat mengenal kemampuan anak semakin baik bukan?

4 Mei 2021

Penting Ma, Ini 6 Cara Membantu Anak Mengenal Bakat Talentanya
Freepik/Kalinovskiy

Ada banyak hal yang menjadi masuk ke dalam pemikiran orangtua terkait perkembangan anak-anaknya. Terutama jika itu mempengaruhi dan menyangkut masa depan mereka. Papa dan Mama tentunya akan selalu mengusahakan yang baik untuk itu. 

Salah satunya bukan lain ialah mengenai kemampuan atau bakat anak. Hal tersebut merupakan hal mendasar yang anak miliki sedari lahir namun dapat juga merupakan kemampuan orangtua yang diturunkan pada anak-anaknya. 

Bakat atau talenta ini perlu anak-anak temukan sedari dini melalui bantuan dan dukungan dari orangtua. Meskipun awalnya memang samar-samar, namun tanpa kamu sadari si Anak akan menunjukkan beberapa ketertarikan melalui sikap dan tindakannya sehari-hari. 

Bakat dan talenta anak dapat diasah dan menjadi potensi diri mereka kedepannya. Bakat ini juga beragam setiap anaknya, ada anak yang berbakat di bidang seni, musik, ataupun olahraga. 

Sebagai orangtua yang baik, Mama dan Papa sebaiknya membantu anak-anakmu mengetahui dan menemukan bakatnya di usia 6-15 tahun. Sehingga dapat diasah dengan rajin dan lebih maksimal. 

Popmama.com sudah merangkum 6 cara yang dapat membantu Mama mengetahui bakat dan talenta anak-anak. Simak selengkapnya! 

1. Amati hal apa yang memicu rasa penasarannya

1. Amati hal apa memicu rasa penasarannya
Freepik/Pressmaster

Salah satu cara mengetahui bakat dan potensi diri anak ialah dengan mengamati hal apa yang memicu ketertarikannya. Hal-hal yang menarik bagi anak dapat menjadi indikasi bahwa mereka suka melakukan dan menekuni hal-hal tersebut. 

Coba perhatikan hal-hal apa yang menyita fokus anak-anakmu dan membuat mereka nyaman melakukannya. Ini dapat menandakan bahwa anak mama memang memiliki potensi untuk mengembangkan hal tersebut. Bentuknya dapat beragam, entah itu talenta besar seperti olahraga, sains, dan musik, ataupun indikator yang lebih kecil. 

Ciri karakter sederhana dapat menjadi salah satu hal yang membantu Mama mengenali talenta anak. Anak yang memiliki sikap suka memerintah dapat menjadi calon manajer di masa mendatang sedangkan anak yang memiliki sikap suka menolong dapat menunjukkan potensi mereka menjadi calon pengajar di masa depan. 

2. Berikan anak mama beragam hal untuk dijelajahi

2. Berikan anak mama beragam hal dijelajahi
Freepik

Dalam menanggapi anak-anak yang belum mengetahui potensi dirinya, ada baiknya Mama memberikan anak berbagai informasi melalui bermacam-macam aktivitas. Anak mama membutuhkan ini untuk mengetahui dan menjelajahi diri untuk menemukan passion dirinya.

Mama perlu menciptakan kesempatan bagi anak untuk mengasah bakatnya melalui berbagai hal. Ini perlu kamu lakukan dengan baik mengingat ada banyak orang dewasa yang tidak mengetahui bakatnya dan berakhir tidak menyukai bidang profesi mereka. Meskipun masih sangat jauh, tidak ada salahnya bukan mengasah bakat anak sedari dini. 

Mama dapat mengasahnya dengan cara memberikan mereka berbagai aktivitas beragam, seperti olahraga, mengajak mereka membuat kerajinan, melakukan eksperimen sains sederhana di rumah, dan yang lainnya. 

Editors' Picks

3. Berikan pujian pada usaha anak

3. Berikan pujian usaha anak
Freepik

Ketika anak-anak mama mencoba mengasah dan menemukan bakatnya, Mama perlu menyingkapi ini dengan menunjukkan sikap yang baik kepada mereka. 

Berikan pujian atas usaha mereka mengingat talenta perlu diasah, diulik, dan dikembangkan sehingga dapat anak-anak kuasai. Tidak mungkin bukan mereka dapat menguasai ini tanpa usaha dan kerja keras.

Perlu diingat Ma, berikan pujian bukan atas talenta anak yang beragam karena itu merupakan bawaan sejak mereka lahir. Namun pujilah usaha dan kerja keras mereka dalam mengasah bakat tersebut dengan penuh rasa percaya diri.

Tidak masalah jika usaha mereka belum mencapai hasil yang maksimal. Tanamkan dalam diri anak untuk berlatih tahapannya dan bukan kesempurnaannya. Seperti misalnya si Anak suka menggambar, ajarkan mereka untuk mengetahui cara membuat bentuk dan menempatkan warna yang sesuai. Meskipun hasilnya belum terlihat sempurna, namun mereka sudah berusaha. 

4. Berikan dukungan pada kreativitas anak

4. Berikan dukungan kreativitas anak
Freepik/Tirachardz

Dalam menemukan talenta anak, Mama juga perlu mendukung kreativitas mereka. Sebab ini merupakan salah satu langkah maju anak mama untuk menyelami dunianya lebih dalam lagi. 

Berikan apresiasi pada anak ketika mereka melakukan hal kecil yang kreatif dan memotivasi mereka untuk melakukan hal tersebut lebih baik lagi. Mungkin Mama juga dapat terlibat melakukan kegaiatan kreatif bersama anak-anakmu. 

Itu akan menjadi kegiatan kebersamaan yang mempererat hubungan kalian berdua. Dan tentunya ini menjadi cara bagi Mama semakin mengenali dimana kreativitas dan minat anak berada. Menjadi pondasi yang baik untuk mengetahui dan mengembangkan bakatnya. 

5. Edukasikan dirimu terlebih dahulu

5. Edukasikan dirimu terlebih dahulu
Freepik

Sebelum mulai mengedukasi si Anak mengenai bakat dan kemampuannya, ada baiknya jika Mama dan Papa menambah wawasan dan pengetahuanmu terlebih dahulu. 

Tambah informasimu mengenai masalah ini melalui buku-buku parenting, ataupun orangtua yang pernah mengalami hal tersebut. Pelajari juga bagaimana sikap anak akan berpengaruh pada proses pencarian talenta mereka. Dan jangan lupa untuk mencatat hal-hal yang perlu. 

Melansir dari dyslexiaida.org, dalam menambah wawasan, Mama juga mungkin akan bertemu dengan beberapa hal penting terkait pengembangan talenta anak seperti guru les bermain piano yang baik untuk anak ataupun juga video pembelajaran bahasa inggris anak yang interaktif di youtube. Simpan hal-hal tersebut karena kita tidak tahu jika sewaktu-waktu anak kita membutuhkannya. 

Dengan menambah wawasan seputar meningkatkan talenta anak, Mama akan lebih percaya diri dalam membesarkan anak dan meningkatkan kemampuan membuat keputusan yang berhubungan dengan karier edukasi anak. 

6. Biarkan anak berkreasi

6. Biarkan anak berkreasi
Pexels/Ketut Subiyanto

Mungkin sebagai orangtua kamu ingin anak mengikuti jejak langkah orang-orang sukses di sekitarmu atau bahkan menghidupi mimpimu yang tidak terwujud waktu kecil. Tetapi sayangnya kita tidak dapat mengharapkan anak menjadi duplikat dari diri orang lain.

Anak-anakmu terlahir unik dan berbeda, mereka memiliki ketertarikannya masing-masing dan ini tidak dapat kamu paksakan atau gantikan dengan hal lainnya. 

Dalam membantu anak menemukan talentanya selalu ingat untuk membiarkan anak memilih dan menjadi pemimpin arah hidupnya. Melansir dari kidsacademy.mobi, biarkan anak-anak tumbuh dan dengarkan pendapat mereka.

Jadilah penuntun mereka dari samping agar anak-anak tetap termotivasi juga bersemangat dalam menjalankan hal akademik maupun hal-hal spesifik di luar akademik asalkan itu merupakan hal positif.

Untuk membantu anak mengenali kemampuannya sejak dini, coba deh Mama dukung mereka melalui hal-hal yang telah disampaikan sebelumnya.

Oh ya, tetap jaga relasi Mama dengan anak ya. Sebab tanpa kamu sadari hal itu juga mendukung perkembangan mereka dalam mengenali potensi diri lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.