9 Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Keluarga, Yuk Terapkan Ma

Didiklah anak-anak dengan nilai-nilai yang baik

16 Juni 2022

9 Cara Mendidik Anak Baik Dalam Keluarga, Yuk Terapkan Ma
yourteenmag.com

Setiap orangtua selalu berharap agar anak-anaknya tumbuh memiliki karakter yang baik, seperti sopan, ramah, bertanggung jawab, dan lainnya. 

Sebetulnya, hal tersebut ditentukan oleh orangtua sendiri lho! Cara Papa dan Mama mendidik juga membimbing anak-anak membentuk sikap mereka dan itu akan dibawa sampai dewasa nanti.

Melihat pentingnya pendidikan karakter anak ini, kamu sebaiknya mengajarkan hal-hal positif pada anak dengan baik. 

Ada berbagai hal penting yang perlu orangtua berikan pada anaknya selagi kecil. Mereka perlu mendidik anak-anak dengan kasih sayang, jujur dan penuh tanggung jawab. 

Masih ada lagi nih cara-cara mendidik yang perlu Papa dan Mama ketahui. Temukan 9 cara mendidik anak yang baik dalam keluarga di Popmama.com.  

Perhatikan dan terapkan cara-cara ini ya!

1. Menumbuhkan kasih dalam diri anak

1. Menumbuhkan kasih dalam diri anak
Freepik

Kasih merupakan salah satu nilai yang penting yang perlu anak-anak miliki. Secara alami, anak-anak memang akan menumbuhkan sikap mencintai, murah hati, dan penuh dengan kasih sayang. Namun, orangtua juga memiliki kewajiban menumbuhkannya. 

Cara sederhana menunjukkan pentingnya kasih dalam diri anak, ialah dengan menujukkan betapa kamu mencintai anakmu. Papa dan Mama dapat menyatakan kasih mereka melalui hal-hal sederhana seperti; meluangkan waktu bersama anak, memperhatikan kebutuhannya, dan juga memberikan pelukan. 

Menjukkan kasih sayang pada anak membuat mereka belajar cara menunjukkan kasih sayang dan mampu menerapkannya kembali pada orang-orang di dalam lingkungan sekitarnya. Membuat anakmu tumbuh sebagai pribadi yang penuh kasih terhadap sesamanya. 

2. Membiasakan bersikap jujur

2. Membiasakan bersikap jujur
Freepik

Bersikap jujur memang tidaklah sulit, namun bukan berarti itu mudah. Kejujuran ialah nilai kehidupan mendasar yang harus anak-anak pegang sedari kecil. 

Sedari kecil, anak-anak perlu dibiasakan bersikap jujur dalam perkataan, perbuatan, dan perilaku mereka. Anak-anak yang jujur mampu mengakui kebenaran, meski terkadang hal tersebut berarti mereka akan menerima konsekuensi dan hukuman. 

Orangtua dapat membiasakan anak bersikap jujur dengan cara memberikan kepercayaan dan pujian. Orangtua juga perlu memberikan contoh sikap yang jujur dan tidak berbohong di hadapan anak-anak.  

3. Menumbuhkan sikap menghargai orang lain

3. Menumbuhkan sikap menghargai orang lain
Unsplash/Annie Spratt

Sebelum anak-anak berinteraksi dan berkenalan dengan berbagai macam orang di lingkungan masyarakat, mereka perlu diajarkan cara menghargai orang lain di rumah. 

Sedari kecil, anak perlu ditanamkan pentingnya menghargai orang lain dan tidak bersikap egois. Si Anak tidak dapat selalu memaksakan kehendaknya, mereka juga perlu melihat kebutuhan dan kondisi orang-orang di sekitarnya. 

Anak mama dapat memulainya dengan belajar menghormati anggota keluarga, terutama yang lebih tua. Biasakan anak-anak untuk memberikan salam, berbicara dengan sopan, juga menawarkan diri ketika ada orangtua atau saudara yang membutuhkan bantuan. 

Editors' Picks

4. Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak

4. Menumbuhkan rasa tanggung jawab anak
Freepik/Vgstockstudio

Sampai dengan saat ini anak-anak pastinya tidak merasa memiliki tanggung jawab yang besar. Orangtua selalu memastikan kepenuhan dan kelancaran hidup mereka dengan sangat baik. Namun akan menjadi sangat berbeda ketika mereka dewasa kelak. 

Sebelum terlambat, Mama dapat mendidik anak-anak untuk memiliki sikap tanggung jawab. Contohnya seperti mengajak mereka terlibat menentukan keputusan dalam keluarga, contohnya ialah memilih kegiatan berakhir pekan. 

Mama juga memberikan tugas-tugas sederhana yang melatih tanggung jawab si Anak. Seperti membiasakan mereka merapikan kamar sendiri, menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri, atau ikut membantu membersihkan rumah bersamamu. 

5. Mendidik anak bersikap sopan

5. Mendidik anak bersikap sopan
Freepik/Cookie-studio

Siapa yang tidak senang bertemu dengan anak yang mau menunjukkan sikap yang sopan? Sikap sopan perlu dimiliki anak-anak karena itu akan menjadi cerminan diri yang baik bagi anak mama.

Sikap sopan perlu dibentuk dari lingkungan rumah. Tidak perlu jauh-jauh, biasakan anak bersikap sopan pada Papa, Mama, kakak dan juga adik.

Anak yang sopan terbiasa memberikan salam ketika bertemu orang lain, Mengucapkan permisi ketika hendak lewat, mengucapkan terimakasih saat menerima sesuatu, juga mau meminta maaf ketika melakukan hal yang tidak baik. Anak-anak akan terbiasa memiliki sikap yang sopan ketika mereka selalu melakukan hal tersebut. 

6. Mengenalkan anak pada konsekuensi dari perbuatan mereka

6. Mengenalkan anak konsekuensi dari perbuatan mereka
thedailynewnation.com

Setiap tindakan selalu membawa konsekuensinya masing-masing. Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang baik, begitupun sebaliknya. 

Anak-anak sedari kecil sebaiknya memahami hal tersebut. Orangtua perlu menetapkan beberapa konsekuensi atau sanksi bila anak-anak melanggar aturan yang telah ditetapkan. Seperti misalnya mereka perlu membantumu membersihkan rumah ketika mendapatkan tidak mengikuti ulangan dengan baik. 

Pemberian konsekuensi ini sebaiknya tidak dilakukan dengan ancaman dan tindak kekerasan ya. Tindakan tersebut akan membuat anak merasa diatur terus-menerus oleh orangtua.

7. Menumbuhkan semangat dan rajin dalam diri anak

7. Menumbuhkan semangat rajin dalam diri anak
Freepik

Sifat rajin dan semangat yang dimiliki anak-anak dapat membantu mereka melakukan berbagai kegiatan dengan maksimal. 

Aktivitas yang dilakukan dengan penuh semangat akan membuat anak mama semakin rajin menekuninya. Belajar dan mengerjakan tugas dengan rajin membuat hal tersebut tidak terasa berat dan lebih cepat diselesaikan. Sikap ini perlu anak-anak miliki dalam kegiatan belajar mereka, agar dapat meraih prestasi yang membanggakan. 

Orangtua dapat memberikan dukungan dan perhatian agar membuat anak-anaknya tetap bersemangat belajar dan memperjuangkan apa yang mereka cita-citakan. 

8. Mulai mengenalkan anak pada dengan sikap yang adil

8. Mulai mengenalkan anak sikap adil
Freepik/pch.vector

Bertindak dengan adil sengatlah penting. Namun sayang, tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut dengan baik, masih saja ada orang-orang yang memposisikan kepentingannya lebih diatas orang lain. 

Sikap adil sebaiknya mulai dikenalkan sejak anak-anak. Mama dapat mengenalkan sikap adil dengan tidak memberikan label pada anak. Namun, berikan mereka penjelasan mengenai sikap yang adil dan perlakukan mereka demikian. 

Anak-anak perlu diperlakukan adil dengan tidak membedakan mereka dengan kakak atau adiknya.  Ini membantu anak untuk memahami tindakan adil, dan terbiasa melakukannya di luar lingkungan rumah.

9. Ajarkan anak untuk selalu menjaga lingkungan

9. Ajarkan anak selalu menjaga lingkungan
Freepik

Terakhir namun tidak kalah penting ialah mengenai lingkungan. Kita semua pastinya mengetahui akibat ketika tidak menjaga lingkungan dengan baik, sebut saja terjadi polusi atau banjir. Itulah mengapa anak-anak perlu dibiasakan menjaga lingkungan. 

Berikan contoh anak-anak hal sederhana menjaga lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya. Mama juga bisa mengajak anak menanam tanaman atau bunga di kebun, Ini dapat membuat lingkungan terlihat lebih asri dan indah.

Oh ya, biasakan juga anak untuk membatasi menggunakan botol plastik. Ajaklah mereka untuk selalu membawa botol minum isi ulang ketika hendak berpergian. 

Itulah 9 cara mendidik anak yang baik dalam keluarga. Ketika kamu berhasil menerapkan hal-hal yang positif dalam membimbing anak, ia juga akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Sesuai dengan contoh yang kamu berikan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk