Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Anak saat Puasa? Cari Tahu Yuk!

Jangan biarkan asam lambung menganggu anak ketika berpuasa. Temukan solusi terbaiknya di sini

20 April 2021

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Anak saat Puasa Cari Tahu Yuk
dailymail.co.uk

Mama pastinya akan merasa bangga saat anak mama mulai menjalankan ibadah puasanya. Pastinya Mama juga akan mempersiapkan segala hal yang akan mendukung tujuan baiknya tersebut. 

Tahukah Mama ada satu hal penting yang sebaiknya tidak dilupakan ketika anak berpuasa. Yaitu menghindarkannya dari penyakit asam lambung atau yang bisa disebut dengan Refluks Asam Lambung. Mama pastinya tidak ingin melihat anakmu mual-mual dan sakit perut akibat asam lambung bukan?

Untuk itu, Mama perlu mengetahui cara dalam mengatasi dan mencegah anak mama dari penyakit asam lambung.

Popmama.com akan memberitahukan cara mengatasi asam lambung anak saat puasa.

1. Ajak anak mama untuk sering bergerak

1. Ajak anak mama sering bergerak
media.defense.gov

Ketika anak mama berpuasa, mungkin ia tampak berbeda dari biasanya. Anak yang biasanya aktif bergerak, kini lebih memilih untuk tidak terlalu banyak menghabiskan energi karena itu akan membuatnya lapar. 

Ternyata, puasa tidak menjadi halangan bagi anak mama untuk tidak bergerak.

Fakta mengatakaan bahwa salah satu cara mencegah terjadinya asam lambung pada anak mama ialah dengan banyak bergerak.

Dengan bergerak, arus energi pada tubuhnya akan berjalan dengan lancar. Energi tidak akan terpakai dengan baik ketika anakmu hanya diam dan duduk saja. Makanan yang tidak diolah dengan baik menjadi energi akan menyebabkan asam lambung, juga obesitas pada anak.

Ajak berolahraga di dalam rumah seperti melakukan squat atau yoga bersama, selain itu Mama juga bisa mengajak si Kecil berkebun di pagi atau sore hari.

Editors' Picks

5. Hindarkan si kecil dari makanan dan minuman ini

5. Hindarkan si kecil dari makanan minuman ini
Pixabay/photoAC

Beberapa jenis makanan dan minuman faktanya dapat menyebabkan asam lambung pada tubuh anakmu naik. Itulah mengapa umumnya anak-anak yang menderita asam lambung memiliki beberapa makanan dan minuman yang dipantang.

Makanan yang dapat memicu terjadinya asam lambung diantaranya ialah; makanan yang digoreng, sawi, kol, makanan yang mengandung coklat, juga saus sambal dan tomat. Selain makanan, minuman seperti; minuman bersoda, susu dengan kadar lemak tinggi, dan minuman berkafein juga dapat memicu asam lambung.

Mama perlu berhati-hati dalam menjauhkan si Kecil dari makanan dan minman ini. Karena beberapa diantara mereka sangat disukai olehnya.

Itulah 5 cara mengatasi asam lambung pada anak saat puasa. Mereka kadang masih susah diberi pengertian, tapi mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

Baca juga:

2. Pastikan anak beristirahat dengan baik

2. Pastikan anak beristirahat baik
ctvnews.ca

Setelah melakukan aktivitasnya yang menguras energi sepanjang hari, cara terbaik untuk kembali memulihkan tubuh anak mama ialah dengan beristirahat tidur. 

Tidur menjadi salah satu aspek kesehatan yang penting. Pola tidur yang baik dapat mencegah tubuh anakmu memproduksi hormon stress yang nantinya akan menjadi pemicu dari asam lambung. 

Pastikan anakmu memiliki pola tidur yang baik. Atur jam tidur malamnya agar ia tidak tidur larut malam. Berikan juga bantal kepala saat ia tidur agar dapat mengangkat bagian dada dan kepala lebih tinggi dari perut sehingga gas dari lambung tidak naik.

3. Pastikan anak mama tidak makan berlebihan

3. Pastikan anak mama tidak makan berlebihan
Freepik

Anak mama biasanya akan sangat bersemangat ketika waktu berbuka telah tiba. Ia akhirnya dapat melepas rasa lapar dan memulihkan tenaganya kembali. Tetapi mungkin ia makan terlalu banyak dan berlebihan sehingga membuat asam lambungnya naik.

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu hari dan membarkan perutnya kosong. Sebaiknya anakmu tidak makan terlalu berlebih saat terbuka di malam hari. Hal itu dapat menimbulkan asam lambung pada anak mama. 

4. Obati asam lambung dengan ramuan herbal ini

4. Obati asam lambung ramuan herbal ini
Unsplash/Dominik Martin

Ada pula obat-obatan herbal yang dapat Mama gunakan untuk mengatasi asam lambung yang dialami anak mama. Karena ini terdiri dari bahan-bahan herbal, maka dapat dipastikan tidak berbahaya dan berkhasiat.

Ramuan alami itu dapat Mama buat dari bahan-bahan seperti; 

Jahe

Sifat antiradang yang dimiliki oleh jahe dapat mengatasi berbagai masalah  pada pencernaan . Jahe juga dapat digunakan untuk mengtasi asam lambung dengan mengolahnya sebagai minuman hangat.

Licorice atau akar manis

Sama seperti jahe, akar manis juga dapat mengatasi masalah sistem pencernaan, seperti nyeri ulu hati. Kandungan kimia dalam akar manis juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Teh chamomile

Teh berbahan dasar dari bunga chamomile ini juga efektif menangani rasa saakit akibat asam lambung. Mama dapat menyajikan teh ini juga untuk mengatasi anakmu bila sulit tidur.

Nah, itulah tips-tips tentang cara mengatasi asam lambung anak saat puasa yang bisa mama coba di rumah.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.