TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Contoh Doa untuk Orang Sakit dalam Agama Katolik

Kesembuhan terjadi karena kasih karunia Tuhan.

13 Agustus 2022

10 Contoh Doa Orang Sakit dalam Agama Katolik
crosswalk.com

Kesehatan menjadi salah satu hal utama yang kita butuh agar tetap bisa menjalankan kegiatan sepanjang hari. Meskipun begitu, sebagai manusia kita tidak bisa menghindari yang namanya sakit. 

Kita umat Katolik percaya bahwa dengan iman dan pengharapan yang kuat, Tuhan senantiasa melindungi dan memberikan pertolongan ketika kita terbaring sakit. 

Tuhan Yesus sendiri dikenal sebagai pribadi yang penuh kasih. Ia tidak akan membiarkan anak-anaknya menderita. Melainkan akan memberikan kesembuhan melalui kasihnya. 

Kita dapat memohonkan kesembuhan dari Tuhan melalui doa yang khusyuk dan sunguh-sungguh. 

Mama dan Papa juga dapat membiasakan si Kecil berdoa ketika mereka sakit. Ajak juga anak-anak berdoa bersama Mama dan Papa untuk mendoakan kesembuhan saudara atau keluarga yang sakit. 

Berikut ini Popmama.com punya 10 contoh doa untuk orang sakit Katolik, mari simak selengkapnya ya!

1. Doa orang sakit melalui perantaraan Bunda Maria

1. Doa orang sakit melalui perantaraan Bunda Maria
crosswalk.com

Di agama Khatolik kita memiliki Bunda Maria, ibu dari Yesus Kristus yang selalu menjadi perantara doa-doa kita. 

Ketika sakit, kita bisa memohon perantaraan Bunda Maria untuk menyampaikan dan mendoakan kesembuhan ke hadirat Tuhan

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. 

Bunda Maria yang penuh Rahmat, Bunda penolong, bagi setiap orang yang memohonkan pertolonganmu. Pada hari ini aku anakmu ingin mendoakan ... (diriku, temanku, keluargaku) agar disembuhkan dari sakitnya dan dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Aku mohonkan pertolongan Putramu, Tuhan Yesus untuk senantiasa melindungi dan membimbing kami senantiasa. 

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.  

Ya Bunda, 

2. Bunda Maria penuh Rahmat, Bunda penolong, bagi setiap mereka yang memohon pertolonganmu. Dengan segenap hati dalam segala kekurangan dan kelemahanku, kami memohon bantuan Surgawi dan belas kasihan dari Putera-Mu, Yesus Kristus untuk kesembuhan teman atau keluarga saya. Saya percaya hanya dengan kasih sayang dan penyertaanMu saja lah, teman atau keluarga saya dapat sembuhkan. Kiranya kasih Kristus selalu menyembuhkan dan memulihkan kita semua. Saya menyerahkan kehidupan saya, keluarga, atau teman saya hanya dalam tangan pengasihanMu saja. Amin.

Itulah kumpulan doa untuk orang sakit Katolik yang dapat kamu panjatkan agar teman atau keluarga kamu segera mendapatkan kesembuhan. Kita percaya Yesus Kristus pasti akan selalu membukakan jalan dan kesembuhan. Amin! (CHL)

ADVERTISEMENT

2. Doa mohon kesembuhan dari puji syukur

2. Doa mohon kesembuhan dari puji syukur
Freepik/jcomp

Umat Katolik tentunya kenal dengan buku Puji Syukur. Di buku ini ada banyak lagu dan doa yang biasanya digunakan dalam liturgi gereja. 

Di dalam Puji Syukur no. 168 ada juga doa mohon kesembuhan kala sakit. Berikut ini adalah doanya:

“Bapa yang maha pengasih, kami sekeluarga sangat perihatin, karena anggota keluarga kami .......... sedang sakit.

Dalam keperihatinan ini kami ingat akan Yesus Kristus, yang Kauberi kuasa menyembuhkan orang-orang sakit. Percaya akan kuasa-Mu, kami serahkan saudara kami yang sakit ini kepada kebijaksanaan-Mu.

Dengan penuh iman dan harapan kami mohon: Kuatkanlah dia dalam deritanya, dampingilah dan hiburlah dia dalam kesunyian dan kesepiannya, dan teguhkanlah dia dalam iman dan harapan.

Sudilah Engkau menyembuhkan dia dari penyakit yang dideritanya.

Semoga dalam menanggung sakit ini ia ingat akan Yesus yang menderita sangat hebat demi keselamatan semua orang.

Bantulah ia menyatukan sakitnya dengan penderitaan Yesus sendiri, supaya akhirnya ia pun boleh bersatu dengan Yesus yang bangkit dan mulia.

Terangilah dia agar mampu memetik hikmat dari pengalaman sakitnya ini. Semoga ia semakin memahami makna kehidupan, bahkan dapat melihat sakitnya sebagai karunia yang mendatangkan aneka karunia.

Kami berdoa juga bagi mereka yang sakitnya tak tersembuhkan. Semoga dengan hati terbuka mereka menerima kebijaksanaa-Mu.

Bagi kami sendiri, semoga peristiwa ini semakin menyadarkan kami akan tanggung jawab kami terhadap mereka yang sakit.Semoga karena berkat-Mu kami selalu berusaha melayani mereka dengan senang hati.

3.  Doa untuk orang sakit agar cepat sembuh 

3.  Doa orang sakit agar cepat sembuh 
Freepik/Pixel-shot.com

Kesembuhan sebenarnya ada di tangan Tuhan Yesus sendiri. Hanya melalui kasih-Nya lah kita menerima kehidupan kita. 

Namun Tuhan sungguh mendengarkan doa orang-orang percaya. Apalagi jika itu didoakan dengan sepenuh hati.

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Bapa Yang Mahakuasa, Allah sumber kasih dan pengharapan, utuslah Roh Kudus-Mu untuk hadir dan menyelamatkan ... (diriku, temanku, orangtuaku, keluargaku) dari sakit dan penderitaannya. 

Berkatilah ... dengan semangat, harapan, dan dampingilah selalu dalam sakitnya. Terjadilah semua sesuai kehendakmu dan berikanlah kekuatan pada anak-Mu ini untuk dapat tetap berada dalam jalan-Mu dan mengikuti kehendak-Mu. Aku percaya mukjizat-Mu selalu nyata dalam hidup kami.

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Amin.

4. Doa Katolik untuk orang sakit dari kitab Mazmur

4. Doa Katolik orang sakit dari kitab Mazmur
Freepik/jcomp

Selain dari Puji Syukur, ada juga lho doa Katolik untuk orang sakit yang diambil dari kitab Mazmur.  

Mazmur sendiri merupakan kidung atau nyanyian yang ditulis oleh para nabi dan raja untuk memuliakan nama Tuhan. 

Berikut ini adalah doanya:

"Ya Tuhan, dalam murka-Mu jangan menghukumku; dalam murka-Mu jangan menghukumku. Karena panah-panah-Mu telah menancap jauh di dalam diriku; Tanganmu telah turun ke atasku.

Tidak ada kesehatan dalam dagingku karena murka-Mu; tidak ada keutuhan dalam tulang-tulangku karena dosaku. Karena kesalahanku telah menguasai aku; mereka seperti beban berat, di luar kekuatanku.

Bising dan bernanah adalah luka saya, karena kebodohan saya. Saya membungkuk dan membungkuk dalam-dalam; sepanjang hari aku pergi dalam duka. Karena pinggangku dipenuhi dengan rasa sakit yang membakar; tidak ada kesehatan dalam dagingku. Saya mati rasa dan sangat hancur; Aku mengaum dengan derita hati.

Ya Tuhan, semua keinginanku ada di hadapan-Mu; dari-Mu keluh kesahku tidak tersembunyi. Jantungku berdenyut, kekuatanku meninggalkanku; cahaya mataku telah mengecewakanku. Karena aku sangat dekat untuk jatuh; dan kesedihanku selalu bersamaku. Memang, saya mengakui kesalahan saya; Aku berduka atas dosa-dosaku.

Jangan tinggalkan aku, ya Tuhan, Tuhanku jangan jauh dariku! Bergegaslah untuk membantu saya, ya Tuhan, keselamatan saya. Beritahu aku, ya Tuhan, akhir hidupku dan berapa jumlah hariku, agar aku bisa belajar betapa rapuhnya aku. Waktu yang singkat Engkau telah membuat hari-hariku, dan hidupku seperti sia-sia di hadapan-Mu; hanya nafas adalah keberadaan manusia.

Dengarlah doaku, ya Tuhan, bagi jeritanku berilah telinga; untuk tangisanku jangan tuli! Karena aku hanyalah seorang musafir di hadapan-Mu, seorang peziarah seperti semua ayahku. Alihkan pandangan-Mu dariku agar aku mendapat ketenangan, sebelum aku pergi dan tidak ada lagi."

Editors' Picks

5. Doa Katolik ketika Orang Tua sakit

5. Doa Katolik ketika Orang Tua sakit
Freepik/Lunall

Mama dan Papa memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk mendidik dan melindungi anak-anaknya. 

Ketika orangtua sakit, sebagai anak yang berbakti, kita wajib mendoakan kesembuhan mereka. Anak-anak dapat memohon kesembuhan kepada Tuhan bagi orang tua, agar mereka dapat sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. 

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Tuhan Yesus, Engkau Tuhan yang Mahapemurah dan Mahabaik bagiku. Terimakasih Engkau telah memberikan orang tua yang luar biasa untukku. 

Saat ini (Mama/Papa)ku sedang sakit. Aku mohon Engkau berikan kekuatan dan memohon penghiburan bagi orang tua ku yang sedang sakit. Berikanlah juga orang tua ku kesembuhan dan pemulihan dari sakit yang mereka alami.

Ya Bapa, kami percaya dengan kuasa dan mukjizat-Mu. Engkau akan memberikan kesembuhan bagi orang tuaku. 

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Amin. 

6. Doa orang sakit Katolik untuk Sahabat

6. Doa orang sakit Katolik Sahabat
Freepik/Sewcream

Tuhan Yesus telah memberikan contoh bagaimana menjadi seorang sahabat yang baik dengan sifat penuh kasih sayang dan tidak egois. 

Sosok Tuhan Yesus ini perlu anak-anak contoh ketika bersahabat dengan para sahabatnya. Salah satunya dengan mendoakan teman mereka ketika sakit. 

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Tuhan Yesus, saat ini ada sahabatku yang bernama .... (isi namanya) sedang terbaring sakit dan tidak dapat berkumpul kembali di sekolah. 

Kami percaya ya Yesusku yang baik, bahwa Engkau tidak akan menutup mata atas kesakitan anakMu yang percaya. Untuk itu, aku mohon penyertaanmu kepada sahabatku agar kembali sehat seperti sedia kala, Agar ia dapat kembali beraktivitas dan bekerja di dalam namaMu. Kabulkanlah doa kami ya, Tuhan.

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Amin.

7. Doa Katolik untuk orang sakit dengan rasa Syukur

7. Doa Katolik orang sakit rasa Syukur
Freepik

Sebenarnya penyakit bukan hal yang benar-benar buruk. Terkadang Tuhan mengijinkan kita bertemu rasa sakit agar kita semakin dekat dan percaya kepada Keagungan Tuhan. 

Meski sakit ada banyak hal juga yang dapat disyukuri, misalnya orang tua yang dengan sabar merawat kita. 

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Tuhan Yesus puji syukur terima kasih atas segala berkat dan penyertaan yang Engkau berikan sehingga ku. Kini secara khusus aku datang ke hadiratmu dan mendoakan ... (aku, sahabatku, keluargaku) yang tengah terbaring sakit beberapa hari kebelakang.

Aku tahu, Tuhan telah merencakanan sesuatu yang indah dibalik kesembuhannya. Aku percaya dibalik penyakit yang diderita pun ada hikmat yang bisa diambil sebagai ujian iman. 

Tuhan memberikan kebijaksanaan-Nya atas kesembuhan saudara kami.

Atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.  

Amin.

8. Doa sakit berat melalui perantaraan Santo Peregrinus

8. Doa sakit berat melalui perantaraan Santo Peregrinus
thegrotto.org

Dalam agama Katolik, kita mengenal adanya Santo Santa yang merupakan tokoh kudus dan merupakan orang-orang yang semasa hidupnya meneladani Kristus sampai ke titik yang heroik,

Kita dapat berdoa memohon perantaraan Santo Santa untuk kesembuhan kita. Ada banyak Santo Santa yang dapat membantu anak-anak Tuhan, khususnya ketika sakit. 

Santo Peregrinus sendiri dikenal merupakan Santo yang dapat membantu menyembuhkan orang yang sakit parah. Berikut ini adalah doa melalui perantaraan Santo Peregrinus:

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin

Santo Peregrinus yang mulia, engkau disebut sebagai “Yang mempunyai kuasa”, “Pembuat mukjizat”. Banyak mukjizat yang telah engkau peroleh dari Allah bagi mereka yang meminta pertolongan dengan perantaraanmu.

Engkau yang selama bertahun-tahun menyandang penyakit kanker dalam dirimu sendiri, penyakit yang menggerogoti badan. Kepada Allah, Sumber Segala Kuasa dan kepadamu kami memohon perlindungan ketika segala kuasa manusia sudah tidak lagi bermanfaat.

Engkau yang diberi penglihatan tentang Yesus yang turun dari salib untuk menyembuhkan penyakitmu, mintalah dari Allah dan Bunda Maria kesembuhan bagi mereka yang kusebut dan kupercayakan kepada dirimu:
(sebutlah nama-nama mereka yang didoakan).

Melalui perantaraan dan pertolonganmu, kami akan melambungkan nyanyian pujian bagi Allah, sekarang dan untuk selama-lamanya, nyanyian terima kasih karena mahakasih-Nya dan maha baik-Nya.
Santo Peregrinus, doakanlah kami. Amin.

(1x Bapa kami, 1x Salam Maria, 1x Kemuliaan.)

9. Mukjizat Doa Bersama Santo Stefanus Martir

9. Mukjizat Doa Bersama Santo Stefanus Martir
catholic.org

Selain Santo Peregrinus, ada juga Santo Stefanus Martir yang merupakan salah satu seorang diakon pada masa Gereja Perdana.

Santo Stefanus sering berbicara tentang Yesus, menunjukkan bahwa Ia adalah Juruselamat yang dijanjikan Tuhan. Hingga ia mendapatkan kemarahan dari ahli taurat dan kepala imam hingga meninggal. 

Santo Stefanus Martir juga dikenal sebagai Santo yang dapat membantu ketika sakit kepala. Berikut ini adalah doanya:

Ya Santo Stefanus, imanmu kuat dan teguh dalam mewartakan khabar gembira. Karena iman akan Yesus, engkau rela mengorbankan dirimu menjadi korban yang hidup bagi Allah. Engkau dirajam dengan batu hingga wafat

Sebagai seorang yang beriman kepada Kristus, aku juga ingin meneladan sikapmu, yang tidak gentar menghadapi tantangan. Namun saat ini aku sedang mengalami sakit kepala. Sakit ini, pada waktu-waktu tertentu, begitu menyiksa aku dan membuat aku tidak berdaya.

Ya Santo Stefanus, melalui perantaraan doa-doamu, aku berdoa kepada Allah Bapa agar mengaruniakan rahmat kesembuhan kepadaku. Berdoalah kepada Allah bagi kesembuhan sakitku ini agar aku dapat mewartakan khabar gembira seturut teladanmu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

Bapa Kami ..... Salam Maria ..... 3x Kemuliaan ....

10. Berdoa dengan perantaraan Santo Hugo dari Cluny

10. Berdoa perantaraan Santo Hugo dari Cluny
britannica.com

Santo Hugo (hugh) dari Cluny merupakan tokoh suci yang sepanjang hidupnya berjuang membawa damai kepada masyakarat dan gereja. 

Ia dikenal sebagai sahabat bagi para penderita kusta dan orang sakit yang terbaring di rumah sakit kota Marcigny.

Saat ini kita dapat berdoa melalui perantaraan santo Hugo dari Cluny ketika sakit demam. Berikut ini adalah doanya:

Ya Santo Hugo pencinta damai, sahabat kaum kusta dan semua orang yang sakit, jalan hidupmu sungguh mulia. Dengan penuh kasih dan kerendahan hati, engkau merawat semua orang-orang yang sakit. Semuanya itu engkau lakukan karena kasihmu yang besar kepada Tuhan dan sesama.

Oleh karena kasihmu itulah, kami datang kepadamu untuk memohonkan doamu bagi saudara kami yang sedang sakit demam ... (sebutkan nama). Dengan pertolonganmu, kami mohonkan kepada Tuhan agar ia menjamah dan meredekan demam saudara kami ini.

Dalam doamu ya Santo Hugo kami percaya bahwa engkau tidak akan membiarkan kami, khusus saudara kami ini terus menderita karena demam. Kami percaya bahwa engkau akan membantu dan menolong kami. Sampaikan harapan kami ini kepada Tuhan Yesus agar Ia memberikan kesembuhan kepada saudara kami ini, sebagaimana Yesus menyembuhkan ibu mertua St.Petrus. Amin

Bapa Kami...Salam Maria(3x)...Kemulian...

Mama dan Papa bisa membiasakan anak membaca salah satu dari 10 contoh doa untuk orang sakit Katolik di atas. Yuk, biasakan anak selalu mengandalkan kekuatan Tuhan Yesus dalam hidupnya!

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk