TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Film Anime yang Cocok Ditonton untuk anak

Siapkan camilan dan ayo kita nonton 10 anime ini!

19 September 2022

10 Film Anime Cocok Ditonton anak
Freepik/User21856044

Anime sering dihubungkan dengan hiburan atau tontonan anak-anak karena gambar dan grafiknya yang lucu dan ceria. Tidak heran jika anime disukai banyak anak-anak. 

Tidak berbeda jauh dari film kartun, anime juga menyimpan banyak nilai-nilai berharga untuk anak mama. Mereka dapat belajar menghargai orang lain, semangat pantang menyerah mengejar mimpi, dan lainnya.

Untuk kamu yang senang menonton anime, berikut ini Popmama.com telah merangkum film anime untuk anak terbaik. 

Mama dan Papa tetap bimbing dan pilih tontonan yang sesuai untuk anak-anak ya, karena tidak semua anime cocok untuk anime. 

1. My Neighbor Totoro

1. My Neighbor Totoro
Netflix.com

Jika mendengar mengenai studio animasi Ghibli, salah satu karya yang akan muncul di kepalamu pastinya adalah My Neighbor Totoro. 

My Neighbor Totoro merupakan film anak-anak yang tak redup oleh waktu. Film anime ini benar-benar menggambarkan persahabatan dan imajinasi anak yang polos dan penuh keajaiban. 

My Neighbor Totoro sendiri mengisahkan mengenai dua kakak-adik bernama Satsuki dan Mei yang hidup di pedesaan. Suatu hari mereka berdua bertemu dengan arwah hutan yang lucu bernama Totoro. Dari pertemuan inilah petualangan seru ketiganya dimulai. 

2. Stand by Me Doraemon

2. Stand by Me Doraemon
imdb.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan robot kucin ajaib satu ini? Benar sekali Doraemon merupakan robot baik hati dan lucu yang selalu ada untuk membantu Nobita, seorang anak kelas 4 yang selalu bernasib sial. 

Stand by Me Doraemon merupakan animasi 3D adaptasi dari manga Doraemon yang terkenal. Film ini hanya mengambil 7 cerita dari komiknya, mengenai kedatangan Doraemon hingga kepergiannya. 

Doraemon terpaksa meninggalkan Nobita untuk kembali ke abad 22 dimana ia tinggal. Kira-kira bisa tidak ya Nobita hidup sendirian tanpa bantuan alat-alat ajaibnya Doraemon?

Oh ya, ini merupakan salah satu film animasi untuk anak yang emosional. Dijamin kamu akan menetaskan air mata ketika menyaksikannya. 

3. Pokémon: I Choose You

3. Pokémon I Choose You
pokemon.com

Serial animasi Pokemon telah menemani masa kacil kita melalui petualangan seorang anak berusia 10 tahun yang bernama Ash Ketchum. 

Selain serial animasi, Pokemon juga memiliki sejumlah film yang tidak kalah seru dan biasanya fokus mengulik kisah dari Pokemon-pokemon legendaris. 

Berbeda dari film-film lainnya, Pokémon: I Choose You mengisahkan kembali petualangan Ash dari awal ketika ia bertemu dengan Pikachu. Mirip seperti ringkasan beberapa episode awal dari animasi Pokemon. 

Namun di sini, Ash ditantang untuk melatih Pokemonnya bukan hanya sebagai alat tetapi sebagai teman yang selalu ada untuknya. Film ini memberikan kita pandangan baru terhadap kisah klasik Pokemon yang selalu lekat di hati. 

4. The Secret World of Arrietty

4. The Secret World of Arrietty
jonathanlack.com

The Secret World of Arrietty mengangkat kisah fantasi mengenai dunia rahasia di dekat kita. Sebenarnya ini bukanlah hal yang benar-benar baru di dunia film, namun The Secret World of Arrietty mampu mengangkatnya ke level yang berbeda. 

Animasi keluaran studio Ghibli ini memiliki animasi yang indah, detail, dan khas. Dengan iringan musik yang menambah emosi sepanjang film berjalan. 

The Secret World of Arrietty mengisahkan mengenai anak laki-laki bernama Sho yang sakit, Tanpa sengaja Sho menemukan manusia kecil yang tinggal di bawah rumah mereka, yang bernama Arrietty.

Sho pun berteman dengan Arrietty dan hendak membantu menyelamatkan keluarganya sebelum Haru, pembantu rumah tangga Sho menemukan kebenarannya dan memanggil pengendali hama ke rumah mereka. 

Editors' Picks

5. Mirai

5. Mirai
nytimes.com

Film animasi untuk anak berjudul Mirai mengeksplorasi sisi kompleks dari dinamika keluarga yang selalu berubah sepanjang berjalannya waktu. 

Mirai sendiri merupakan kisah mengenai anak laki-laki nakal bernama Kun yang kabur dari rumah ketika baby sisternya, Mirai "mencuri" perhatian orang-orang di sekitar mereka. 

Hingga tanpa sengaja Kun masuk ke portal waktu yang menarik Kun dan memberikannya kesempatan lain untuk mengenal pengasuhnya tersebut. 

Mirai dipenuhi dengan emosi dan momen menyentuh hati. Mungkin kamu bisa menonton film ini bersama Mama dan Papa untuk lebih menghargai pentingnya nilai kebersamaan dalam keluarga. 

6. Ponyo

6. Ponyo
imdb.com

Jika kamu menyukai film-film bertema laut seperti Finding Nemo, Luca, Little Mermaid, kamu harus coba menyaksikan Ponyo. 

Film keluaran studio Ghibli ini memiliki pendekatan yang ramah anak-anak dengan animasi yang lucu, plot yang sederhana dan menghibur. 

Ponyo bercerita mengenai seekor ikan mas yang ingin menjadi manusia. Hingga suatu ketika ia bertemu dengan anak laki-laki bernama Sosuke. 

Pertemuannya dengan Sosuke memperkuat keinginan Ponyo menjadi manusia, hingga perlahan tubuhnya berubah menjadi seperti manusia. Ayah Ponyo membawanya kembali ke kerajaan di dasar laut, namun Ponyo ingin hidup di atas permukaan. Kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya ya?

7. Laputa: Castle in the Sky

7. Laputa Castle in the Sky
studioghiblimovies.com

Film-film anime dikenal karena unsur fantasinya yang luar biasa. Menyaksikan film-film ini seolah membawamu masuk ke dunia penuh imajinasi.

Laputa: Castle in the Sky merupakan cerita mengenai seorang anak yatim piatu bernama Pazu yang hidup di sebuah kota kecil yang sederhana. Hingga tiba-tiba datang masalah besar ketika ia hendak menolong seorang anak perempuan denga kristal ajaibnya. 

Film ini berhasil menggabungkan berbagai unsur fantasi namun tetap dalam satu harmoni. Kamu dapat menyaksikan keseruan petualangan Sheeta dan Pazu, pulau yang terbang ke angkasa, kota modern yang indah, dan masih banyak lagi. 

8. Kiki's Delivery Service

8. Kiki's Delivery Service
theedgesusu.co.uk

Anime Kiki's Delivery Service diadaptasi dari sebuah buku karya Eiko Kadono dengan judul yang sama, yaitu Kiki's Delivery Service. 

Kiki's Delivery Service mengisahkan mengenai seorang penyihir dalam pelatihan yang meninggalkan rumahnya di usia 13 tahun. Kiki melatih kemampuannya menjadi seorang penyihir sambil membantu orang-orang di sekitarnya. 

Film ini dianggap sebagai salah satu permata untuk anime anak. Kiki's Delivery Service sendiri dibangun dengan penuh perasaan dengan pesan bermakna yang tersimpan di dalamnya. 

Film anime untuk anak ini membawa banyak sekali aura positif yang membantu anak lebih merasa optimis mengenai lingkungan dan kehidupannya. 

9. The Cat Returns

9. The Cat Returns
characterdesignreferences.com

Anak-anak yang punya peliharaan atau suka hewan tentunya akan menyukai film anime untuk anak yang satu ini. 

The Cat Returns mengisahkan mengenai seseorang siswi SMA bernam Haru yang menemukan dunia di luar imajinasinya setelah menyelamatkan seekor kucing yang hampir mengalami kecelakaan. 

The Cat Returns membawakan cerita yang penuh imajinasi, seru, menghibur dan tidak pernah ada sebelumnya. 

10. My Neighbor The Yamadas

10. My Neighbor The Yamadas
netflix.com

My Neighbor The Yamadas merupakan film anime untuk anak yang dibuat dengan cukup berbeda namun tetap menyimpan daya tarik khas ala studio Ghibli. 

Film ini memiliki unsur komedi yang kental dengan animasi yang luar biasa. Ceritanya juga dibuat sederhana namun tetap menarik untuk diikuti karena memiliki karakter yang unik. 

Keluarga Yamadas sendiri merupakan keluarga normal yang ada di Jepang. Ada-ada saja ulah keluarga ini yang terdengar biasa namun sangat menghibur. Seperti ketika Takashi sang Papa berebut remot TV dengan Matsuke sang Mama. 

Itulah dia 10 rekomendasi film anime untuk anak terbaik. Yuk nonton bersama-sama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk