Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Kota Metropolitan di Indonesia, Kota yang Megah dan Padat Penduduk

Kamu pernah mengunjungi kota metropolitan ini belum?

25 November 2022

10 Kota Metropolitan Indonesia, Kota Megah Padat Penduduk
Pixabay/febriamar

Indonesia memiliki banyak sekali kota dengan kebudayaan yang memberikan warna berbeda. Bahkan jumlah kota besar atau kota metropolitan di Indonesia sendiri pun ada banyak lho. 

Sedikit informasi, kota metropolitan sendiri merupakan suatu perkotaan besar yang memiliki beberapa wilayah administratif dan dihuni oleh banyak penduduk. Umumnya sebuah kota metropolitan memiliki perkembangan pesat di bidang industrial, komersial, dan sosial. 

Kota metropolitan ditandai dengan beberapa hal berikut:

  • Memiliki keterkaitan fungsional dengan beberapa kota di sekitarnya. 
  • Kota dengan jumlah penduduk mulai dari satu juta jiwa hingga lima juta jiwa.
  • Pertumbuhan penduduk cepat. 
  • Pembangunan kota metropolitan terlihat dan bangunan kotanya lebih modern. 

Coba tebak kira-kira kota apa saja di Indonesia yang memenuhi ciri-ciri di atas?

Kalau bingung, Popmama.com sudah merangkum 10 Kota Metropolitan di Indonesia kok.

1. DKI Jakarta

1. DKI Jakarta
viator.com

Kota metropolitan pertama yang ada di daftar ini diisi dengan DKI Jakarta. Tentunya tidak perlu menjadi pertanyaan lagi mengapa Jakarta masuk sebagai kota metropolitan. 

DKI Jakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Mengutip dari databoks.katadata.co.id, DKI Jakarta memiliki luas  661,23 km persegi, dan dihuni oleh sekitar 11,25 juta penduduk. 

Sebagai Ibukota, Jakarta sendiri mengalami perkembangan pesat dari segi pembangunan. Lihat saja ada banyak gedung pencakar langit dan kereta MRT yang tahun lalu sempat viral. 

Jakarta juga memiliki wilayah metropolitan resmi yang diberi nama Jabodetabekpunjur, dan meliputi; DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Cianjur. 

2.  BANDUNG

2.  BANDUNG
bandung.go.id

Tidak jauh dari Jakarta, ada kota metropolitan berikutnya, yaitu Kota Bandung. 

Bandung merupakan salah satu kota metropolitan yang juga menjadi Ibu Kota dari Provinsi Jawa Barat. Bandung adalah kota terbesar ke-4 di Indonesia dan menjadi kota terpadat ke-2. 

Kota Bandung memiliki luas wilayah sebesar 16.729,65 Ha. Dengan jumlah penduduk mencapai 2,53 juta jiwa pada tahun 2021. 

Kota Bandung sendiri memiliki kemajuan yang cukup pesat. Dikenal sebagai salah satu kota wisata, kamu dapat menemukan berbagai objek wisata menarik di kota metropolitan satu ini. Beberapa yang terkenal seperti Gedung Asia-Afrika atau Museum Geologi.

Bandung juga memiliki wilayah metropolitan yang dinamai Cekung Bandung dan terdiri dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, juga Kabupaten Sumedang. 

3. Semarang

3. Semarang
indonesia-tourism.com

Berikutnya ada Kota Semarang yang menjadi Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tenngah dan menjadi kota paling berkembang di sana.

Seperti kota metropolitan lainnya, dalam beberapa tahun terakhir Kota Semarang juga mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini ditandai dengan banyaknya gedung pencakar langit seperti; PP Paltrow Alton Apartment I, Star Hotel & Star Apartment, dan Apartemen Warhol Residences. 

Kota Semarang memiliki luas sekitar 373,8 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk kota Semarang mencapai 1,65 juta jiwa. 

Kota Semarang juga termasuk ke dalam wilayah metropolitan besar di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki nama resmi Kedungsepur. Wilayah metropolitan ini terdiri dari Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Ungaran Kabupaten Semarang, Purwodadi Kabupaten Grobogan, dan Kota Salatiga.

4. Medan

4. Medan
authentic-indonesia.com

Kota Medan merupakan Ibu Kota dari provinsi Sumatra Utara dan menjadi kota terbesar ketiga setelah DKI Jakarta dan Surabaya juga kota terbesar di luar pulau jawa.

Medan menjadi salah satu pintu masuk di wilayah Indonesia bagian Barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia. 

Banyaknya akses menuju dan keluar Kota Medan menjadikan kota ini sebagai kota metropolitan dengan luas sekitar 26.510 Ha yang terdiri dari 11 kecamatan dengan 116 kelurahan. Terdapat sebanyak 2.435.252 jiwa penduduk menetap di Medan. 

Kota Medan sendiri memiliki wilayah metropolitan yang diberi nama Mebidangro, wilayah ini meliputi Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Karo. 

Editors' Picks

5. Makassar

5. Makassar
id.pinterest.com

Kota mertopilitan Indonesia berikutnya ialah Kota Makassar. Kota ini merupakan Ibu Kota provinsi Sulawesi Selatan dan menjadi kota metropolitan keempat terbesar di Indonesia. 

Kota Makassar sendiri terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Makassar sendiri memiliki pertumbuhan yang cukup pesat. Kota ini memiliki wilayah seluas 175,77 km² dengan jumlah penduduk lebih dari 1,5 juta jiwa. 

Kota Makassar juga punya wilayah metropolitan yang bernama Mamminasata dan terdiri dari Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Takalar. 

6. Surabaya

6. Surabaya
en.wikipedia.org

Semua tentunya tahu jika Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Surabaya sendiri adaah metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

Kota ini memiliki luas sekitar ±326,81 km², dan dihuni oleh 2.970.843 jiwa menurut survey penduduk pada tahun 2021 lalu.

Sebagai sebuah kota metropolitan, Surabaya memiliki banyak sekali infrastruktur mulai dari bandar udara, yakni Bandar Udara Internasional Juanda serta dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung. Belum lagi gedung-gedung pencakar langit 

Daerah metropolitan Surabaya disebut dengan Gerbangkertosusila dan terdiri dari wilayah berikut; Kota Suarabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bangkalan, Kota Mojokerto. 

7. Palembang

7. Palembang
cdn.britannica.com

Kota metropolitan berikutnya ialah Kota Palembang. Kota ini adalah kota terbesar sekaligus Ibu Kota di Provinsi Sumatera Selatan. Dan termasuk sebagai kota terpadat dan terbesar kedua di Sumatera setelah Medan

Kota Palembang memiliki luas wilayah sekitar 400,61 km² ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk menurut data tahun 2020.

Dalam beberapa tahun terakhir, kota Palembang dikembangkan oleh pemerintah pusat sebagai wilayah metropolitan di Indonesia.

Tidak heran jika Kota Palembang juga memiliki kawasan metropilitannya sendiri yang disebut Patungraya Agung atau Palembang Raya. Wilayah metropolitan ini terdiri dari Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan llir, Kota Prabumulih, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Ogan Kemring llir. 
 

8. Batam

8. Batam
localguidesconnect.com

Kota Batam adalah kota terbesar yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Kota Batam sendiri terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang juga pulau-pulau kecil lainnya yang terdapat di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

Kota Batam sendiri dihuni oleh sekitar 1.193.088 jiwa berdasarkan hasil survey tahun 2021, dengan kepadatan 1.153 jiwa/km².

Perkembangan pesat Kota Batam sebagai salah satu kota metropolitan didukung dengan letaknya yang strategi, yaitu di jalur pelayaran internasional. Kota Batam sendiri memiliki terbilang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia menjadikannya sebagai kota terencana yang selalu mengalami pertumbuhan. 

Kota Batam memiliki wilayah metropolitan yang disebut Babika dan terdiri dari wilayah Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, dan Kota Tanjung Pinang.

9. Pekanbaru

9. Pekanbaru
indonesia.travel

Pekanbaru adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia yang juga menjadi Ibu Kota di Provinsi Riau. Kota ini memiliki pertumbuhan ekonomi, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. 

Kota Pekanbaru mempunyai 15 kecamatan dan 83 kelurahan. Pada tahun 2017 yang lalu, jumlah penduduk Kota Pekanbaru sebesar 886.226 jiwa dengan luas wilayahnya 632,27 km² dan sebaran penduduk 1.401 jiwa/km².

Kota Pekanbaru memiliki wilayah metropolitan yang disebut dengan nama Pekansikawan. Wilayah mertopolitan ini merupakan gabungan dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Pelalawan. 

10. Malang

10. Malang
en.wikipedia.org

Kota metropolitan yang terakhir ialah Kota Malang. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya dan merupakan kota terbesar ke-12 di Indonesia.

Kota Malang berlokasi di daerah dataran tinggi dengan luas 145,28 km² yang merupakan enklave Kabupaten Malang. Kota ini terdiri dari  5 kecamatan dan 57 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 834.545 jiwa.

Malang juga memiliki wilayah metropolitan yang bernama Malang Raya yang merupakan gabungan dari wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. 

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Kota malang dikenal karena beberapa bagunan penting, seperti Begawan Apartment, atau universitas unggulan, yaitu Universitas Brawijaya juga Universitas Negeri Malang. 

Menurutmu apakah selain 10 kota di atas ada juga kota di Indonesia yang tergolong sebagai kota metropolitan? Tulis jawabannya di kolom komentar ya. Berikut tadi informasi mengenai 10 Kota Metropolitan di Indonesia.

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk