Materi IPA SD, Rantai Makanan pada Beragam Ekosistem

Apa sih rantai makanan itu?

17 Januari 2022

Materi IPA SD, Rantai Makanan Beragam Ekosistem
liveworksheets.com

Anak-anak tentunya tahu jika mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan memiliki peran yang berbeda-beda. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri, sedangkan hewan dan manusia mengonsumsi mahluk hidup lain untuk bertahan hidup. 

Hal yang kamu lakukan setiap hari ini ternyata juga ada lho di lingkungan sekitar kita. Peristiwa makan dan dimakan secara berurutan disebut dengan rantai makanan.

Rantai Makanan pada Ekosistem

Rantai makanan ada banyak sekali jenisnya, tergantung dari banyak hal, seperti ekosistem. Rantai makanan di ekosistem laut tentunya berbeda dengan rantai makanan di ekosistem sawah. 

Yuk kita belajar bersama-sama mengenai rantai makanan pada ekosistem di Popmama.com! Agar lebih paham, kamu juga dapat mengerjakan soal di akhir materi, lho!

1. Apa sih ekosistem itu?

1. Apa sih ekosistem itu
youmatter.world

Sebelum membahas mengenai rantai makanan, tidak ada salahnya kita mengulas sedikit mengenai ekosistem untuk mengasah kembali ingatanmu. 

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk akibat hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara mahluk hidup dan lingkungannya. 

Ekosistem memiliki beragam jenis, seperti ekosistem darat (contohnya ekosistem hutan, ekosistem savanah, ekosistem gunung), dan ekosistem air (ekosistem danau, ekosistem sungai, ekosistem laut). Setiap ekosistem ini dibedakan berdasarkan unsur biotik dan abiotik yang menyusunnya.

Pada setiap ekosistem terdapat unsur biotik dan abiotik. Unsur biotik meruapakan mahluk hidup yang menempati ekosistem. Sedangkan unsur abiotik ialah benda tidak hidup yang terdapat di suatu ekosistem, seperti batu, air, udara.  

Editors' Picks

2. Apa itu rantai makanan?

2. Apa itu rantai makanan
teachhub.com

Pada dasarnya rantai makanan ialah sebuah proses makan dan dimakan antara mahluk hidup dalam urutan-urutan tertentu. Rantai makanan juga merupakan arus perpindahan energi dari produsen ke konsumen puncak.

Rantai makanan dalam suatu ekosistem dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan populasi pada ekosistem tersebut. Sebab jika satu mahluk hidup musnah maka akan mengganggu keberlangsungan rantai makanan. 

Contohnya ketika ulat sebagai konsumen 1 di taman musnah, maka burung akan kekurangan makanan dan jumlahnya berkurang. Sedangkan tumbuhan akan tumbuh subur karena tidak memiliki hama. 

Dalam suatu rantai makanan dikenal mahluk hidup yang memiliki peran sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.

Produsen berperan sebagai sumber utama makanan, dan peran ini umumnya dimiliki oleh tumbuhan. Konsumen merupakan mahluk hidup yang berperan mengonsumsi mahluk hidup lain, peran ini dimiliki oleh hewan (herbivora, karnivora, dan omnivora) termasuk manusia.

Hewan-hewan herbivora menduduki posisi sebagai konsumen tingkat 1 karena mereka langsung mengonsumsi makanan dari tumbuhan. Sedangkan hewan karnivora menduduki posisi sebagai konsumen tingkat 2 atau konsumen. 

Terakhir ada juga pengurai yang berperan menguraikan tubuh konsumen yang telah mati menjadi nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh produsen atau tumbuhan. Contohnya seperti cacing, jamur, atau bakteri. 

3. Contoh rantai makanan pada beragam ekosistem

3. Contoh rantai makanan beragam ekosistem
onlypassionatecuriosity.com

Setelah mengetahui mengenai penjelasan rantai makanan, sekarang kita akan membahas beberapa contoh dari rantai makanan pada beragam ekosistem yang berbeda. 

  • Ekosistem sawah

Pada ekosistem sawah, padi merupakan tanaman yang banyak ditanam dan tumbuh di sana, maka ia berperan sebagai produsen. Sebagai konsumen tingkat 1 terdapat belalang yang akan langsung memakan padi di sawah.

Di atasnya terdapat katak sebagai konsumen tingkat 2 yang akan memakan belalang, lalu ular sebagai konsumen tingkat 3 yang akan memangsa katak. Lalu zat-zat dan bakteri pengurai sebagai pengurai.  

Alur berjalannya ekosistem sawah ini juga dipengaruhi unsur-unsur abiotik, seperti suhu yang mendukung pertumbuhan padi, kondisi air, luasnya sawah, dan lain-lain. 

Ada pula alur rantai makanan ekosistem sawah secara singkat adalah sebagai berikut:

Padi - Belalang - Katak - Ular - pengurai atau dekomposer.

  • Ekosistem laut 

Berbeda dari ekosistem sawah, pada ekosistem laut mahluk hidup yang menjadi produsen ialah fitoplankton, yaitu plankton yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. 

Fitoplankton kemudian akan dikonsumsi oleh zooplankton sebagai konsumen tingkat 1. Lalu zooplankton kemudian dimakan oleh ikan kecil seperti sarden atau makarel sebagai konsumen tingkat 2. Sebagai konsumen tingkat 3 terdapat ikan besar seperti hiu dan tuna. 

Sebagai pengurai terdapat cacing laut, bakterioplankton, dan bintang laut yang beperan menguraikan konsumen tingkat 3 menjadi zat yang dibutuhkan oleh produsen. 

Seperti pada ekositem sawah, unsur abiotik seperti suhu air laut, kedalaman air laut, ataupun sampah yang mencermari laut dapat mempengaruhi rantai makanan ini. 

Ada pula alur rantai makanan ekosistem laut secara singkat adalah sebagai berikut:

Fitoplankton → zooplankton → ikan sarden → ikan tuna → cacing laut (pengurai)

4. Contoh soal dan pembahasan

4. Contoh soal pembahasan
id.pinterest.com

Agar kamu lebih memahami materi rantai makanan, ada baiknya kamu mencoba mengisi beberapa latihan soal ini.

Selamat mengerjakan!

  1. Perhatikan rantai makanan berikut!
    jagung -> (X) -> katak -> (Y) -> elang
    Mahluk hidup yang menduduki huruf X dan Y berturut-turut adalah ….

    A. tikus dan ular
    B. belalang dan ular
    C. ulat dan belalang

  2. Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem taman adalah ….

    A. daun -> tikus -> ular
    B. daun -> ulat -> burung gereja 
    C. daun -> belalang -> katak -> burung elang
     

  3. Perhatikan rantai makanan berikut!
    fitoplankton -> zooplankton -> (X) -> (Y) 
    Mahluk hidup yang menduduki huruf X dan Y berturut-turut adalah ….

    A. bawal dan hiu
    B. hiu dan paus
    C. lumba-lumba dan paus
     

  4. Tanaman kedelai -> belalang -> (X) -> ular -> pengurai

    Makhluk hidup yang tepat menduduki rantai makanan pada huruf (X) adalah ….

    A. musang
    B. elang
    C. katak

  5. Perhatikan rantai makanan berikut!
    jagung -> belalang -> katak -> ular -> elang
    Jika petani membasmi ular pada rantai makanan di atas, maka apa yang akan terjadi?
    A. Jagung ikut habis
    B. Populasi katak berkurang
    C. Populasi elang berkurang

Kunci jawaban:

  1. B
  2. B
  3. A
  4. C
  5. C

Bagaimana? Apakah kamu berhasil menjawab semuanya dengan tepat? Kalau belum jangan menyerah dahulu ya, tetap semangat belajar!

Berikut tadi materi IPA untuk SD mengenai rantai makanan pada ekosistem. Agar lebih paham, kamu juga dapat mengerjakan soal diatas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk