Mimikri, Kemampuan Penyamaran Untik Milik Hewan Untuk Bertahan Hidup

Coba tebak mana hewan mana daun?

11 Mei 2022

Mimikri, Kemampuan Penyamaran Untik Milik Hewan Bertahan Hidup
learningspy.co.uk

Hidup hewan tidak lepas dari kegiatan berburu dan diburu. Ada banyak hewan-hewan pemangsa yang senang menyerang dan memangsa hewan-hewan kecil. 

Meskipun begitu, hewan-hewan ini dibekali dengan kemampuan pertahanan diri mereka, ada yang tubuhnya memiliki racun, melepas anggota tubuh, berkamuflase hingga mimikri. 

Apakah kamu pernah mendengar istilah mimikri? Mimikri sendiri merupakan salah satu kemampuan hewan yang digunakan untuk mencari makanan, atau menghindari pemburu. 

Kira-kira apa itu mimikri? Hewan apa saja sih yang bisa melakukannya? Simak jawabannya di Popmama.com yuk!

1. Apa itu mimikri?

1. Apa itu mimikri
topbest.ph

Pada dasarnya mimikri adalah kemampuan hewan untuk memakai bagian tubuhnya atau warna kulitnya agar dapat menyerupai sesuatu, bisa saja hewan lainnya, benda, perilaku atau bahkan suara. Mimikri tidak berarti hewan mengubah tubuhnya tetapi hanya menyesuaikan tubuhnya sesuai lingkungan atau hewan lain.  

Umumnya hewan-hewan yang memiliki kemampuan ini memilih tempat tinggal yang sesuai dengan bentuk atau warna tubuhnya sehingga dapat dimanfaatkan untuk berburu atau berlindung. 

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa hewan melakukan mimikri. Seperti misalya untuk beradaptasi, memudahkan mereka untuk menangkap mangsa, dan bersembunyi atau mengamankan diri dari pemangsa. 

Memang jika dilihat sekilas, mimikri dan kamuflase memiliki banyak sekali kesamaan. Khususnya karena keduanya digunakan oleh hewan untuk menyerupai sesuatu. 

Meski begitu hewan dengan kemampuan mimikri tidak memiliki kemampuan untuk mengubah tubuhnya. Mereka hanya menggunakan bagian tubuhnya yang mirip dengan kondisi lingkungan. Berbeda dengan mereka yang memiliki kemampuan berkamuflase (contohnya bunglon). 

Berikut ini adalah hewan-hewan yang dapat melakukan mimikri:

2. Belalang daun

2. Belalang daun
sciencephoto.com

Seperti namanya, belalang daun merupakan serangga kecil yang tubuhnya mirip seperti sehelai daun berwarna hijau. Hewan ini menggunakan kemampuan mimikrinya agar terlihat seperti daun hijau di batang pohon. 

Belalang daun menggunakan kemampuan mimikri mereka untuk dua hal utama, yaitu berburu serangga yang menjadi mangsanya juga untuk menghindari hewan predator. 

Editors' Picks

3. Ular berbisa ekor laba-laba

3. Ular berbisa ekor laba-laba
sciencefocus.com

Ulat asal Iran ini memiliki ekor yang unik. Pasalnya ekor ular ini memiliki bentuk mirip laba-laba lengkap dengan beberapa kaki kecilnya. 

Ekor mirip laba-laba digunakan untuk memancing mangsa ular berbisa ini, yaitu burung. Ekor milik ular berbisa ekor laba-laba akan bergerak di atas bebatuan sehingga mangsa hewan ini akan melihatnya sebagai laba-laba sungguhan. 

Selagi menunggu, tubuh ular ini akan berkamuflase juga dengan kondisi bebatuan di sekitar. Dan ketika burung yang mendarat, hewan ini akan langsung melahap mangsanya. 

4. Ngengat kepala maut

4. Ngengat kepala maut
projectnoah.org

Ngengat kepala maut memiliki corak tubuh yang mirip dengan lebah, tetapi ini bukanlah cara mereka melakukan mimikri.

Hewan ini mampu mengeluarkan aroma yang mirip dengan aroma lebah madu. Aroma inilah yang memungkinkan ngengat ini masuk ke sarang lebah dan memakan madu tanpa dibunuh atau diserang oleh lebah di sana. 

Banyak juga yang berpendapat jika hewan ini mengeluarkana suara mirip suara ratu lebah memungkinkan ngenat kepala maut mendapat perlindungan ekstra ketika masuk ke sarang lebah. 

5. Alligator Snapping Turtle

5. Alligator Snapping Turtle
animals.howstuffworks.com

Kamu tahu tidak jika kura-kura ganas seperti alligator snapping turtle memiliki kemampuan mimikri juga lho. Padahal gigi-giginya yang tajam sudah jadi lebih dari cukup untuk berburu dan bertahan hidup. 

Coba deh perhatikan bagian mulut dari kura-kura ini. Jika kamu teliti kamu akan menyadari lidah alligator snapping turtle yang berbentuk seperti cacing kecil. 

Kura-kura ini akan diam di antara pohon tua atau lumpur lalu membuka mulut mereka menunjukkan bagian kecil dari lidahnya yang bergerak mirip cacing. Ketika ada ikan yang datang, kura-kura ini langsung menutup mulutnya dengan cepat. 

6. Anglerfish

6. Anglerfish
a-z-animals.com

Siapa sangka ikan laut dalam yang mengerikan ini ternyata memiliki kemampuan mimikri juga. Ikan anglerfish memancing mangsanya dengan menjadi sesuatu yang tidak terlalu menakutkan

Lampu milik anglerfish bukan hanya hiasan. Lampu inilah yang berperan seperti pancing, dan digunakan untuk memikat ikan lain yang berukuran dua kali lipat dari anglerfish. 

7. Stick Bug

7. Stick Bug
a-z-animals.com

Stick bug atau belalang batang merupakan hewan yang mirip sekali dengan batang pohon. Hewan satu ini bahkan diduga telah melakukan mimikri sejak 126 juta tahun yang lalu.

Tubuh belalang ini mirip sekalai rantik dan batang kayu. Dengan mudahnya hewan ini dapat diam di atas pohon dan terlihat seperti salah satu bagian pohon tersebut. 

Terdapat hingga 3.000 spesies dari belalang batang di dunia. Uniknya hewan ini akan terlihat mirip seperti batang pohon yang ditemukan di daerah mereka.

Itulah dia pembahasan mengenai mimikri dan hewan-hewan yang memiliki kemampuan unik ini. Ada lagi hewan dengan kemampuan mimikri yang kamu tahu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk