Seru! Inilah 6 Permainan Kartu Edukatif untuk Anak

Yuk ajak anak belajar sambil bermain melalui permainan kartu

6 September 2021

Seru Inilah 6 Permainan Kartu Edukatif Anak
Freepik/pvproductions

Ada banyak cara menghabiskan waktu yang seru dan menyenangkan. Selain main game di hp ataupun console, bermain card game atau kartu bersama teman, saudara, ataupun keluarga pun tidak kalah serunya.

Bermain kartu seperti Uno, ataupun permainan kartu kuartet rasanya sangat menyenangkan. Waktu akan terkuras dengan cepatnya, dan anak-anak tentunya bahagia memainkan ini bersama.

Selain jenis-jenis kartu itu, ada juga lho permainan kartu lain yang tidak kalah serunya. Bukan hanya itu, kartu-kartu ini pun bersifat edukatif. Sehingga anak-anak bisa belajar pengetahuan dan hal-hal baru yang bermanfaat sambil mereka bermain. 

Belajar sambil bermain kartu pun tentu akan lebih efektif bagi anak. Bagaimana tidak, kegiatan belajar yang dilakukan dengan menyenangkan dan penuh manfaat akan diingat lebih lama oleh si Anak. 

Yuk ajak si Anak bermain kartu! Popmama.com sudah menyediakan 6 rekomendasi kartu edukatif bagi si Anak. Coba cek selengkapnya ya Ma!

1. Aquatico

1. Aquatico
shopee.co.id

Kira-kira di laut dan air tawar ada mahluk hidup apa saja ya? Anak mama dapat belajar hal tersebut melalui permainan kartu Aquatico. 

Dalam aquatico, anak akan berperan sebagai komunitas yang ditugaskan untuk menjaga ekosistem air laut dan tawar agar tetap sehat dan terawat. Mereka yang berhasil mengumpulkan poin hewan terbanyak akan menjadi pemenang di akhir permainan.

Melalui permainan kartu ini, mereka akan belajar banyak seputar ekosistem air laut dan tawar, mulai dari komponen lingkungan yang tidak hidup (seperti tanah,air dan mineral) sampai komponen hidupnya, melingkupi serta hewan yang hidup di dalam ekosistem tersebut. Secara tidak langsung permainan ini meningkatkan kesadaran anak akan bahaya ekosistem yang tercemar.

Aquatico cocok dimainkan oleh anak berusia 8 tahun. Permainan kartu ini bertipe strategi dan dimainkan dengan 2-5 pemain selama ±15 menit. Aquatico dibanderol mulai dari Rp 231.000,00. 

2. Gamez Alkisah Ceritakan Kisahmu

2. Gamez Alkisah Ceritakan Kisahmu
shopee.co.id

Inilah card game yang cocok untuk anak mama yang gemar bercerita dan membaca dongeng! Alkisah merupakan permainan kartu unik dan seru untuk dimainkan bersama. 

Dalam permainan Alkisah, setiap pemainnya perlu menyambungkan kata per kata menjadi sebuah cerita berdasarkan kartu-kartu yang tersedia. Setiap pemain yang berhasil menjawab kata sesuai kartu akan mendapatkan poin.

Permainan kartu Alkisah dapat membantu anak mengasah imajinasinya, juga kemampuannya berbahasa dan menyusun kata menjadi sebuah kalimat yang padu. 

Permainan kartu ini sebaiknya dimainkan oleh anak berusia 6 tahun ke atas, dengan jumlah pemain 3-6 pemain selama ± 1-2 menit (dalam sekali giliran). 

Permainan kartu edukatif ini dapat Mama peroleh seharga Rp116.000,00. 

Editors' Picks

3. Kakak Teladan : Episode Belanja

3. Kakak Teladan Episode Belanja
shopee.co.id

Ini merupakan salah satu card game pengasah memori anak dengan memiliki konsep bermain yang unik. Itulah Kakak Teladan : Episode Balanja. 

Dalam permainan kartu ini, diceritakan bahwa Ibu pergi dan meninggalkan tugas untuk pemain sebagai kakak pergi berbelaja. Tetapi daftar belanja di rumah dan kalian perlu mengingat setiap barang yang perlu dibeli.

Dalam permainan Kakak Teladan : Episode Balanja, setiap pemain diminta untuk mengingat kata kunci dan barang dari daftar belanjanya. Jika berhasil, barang tersebut baru akan ditambahkan sampai salah satu pemain gagal melakukannya.

Permainan pengasah memori dan ingatan ini dapat dimainkan oleh anak berusia 8 tahun ke atas. Dimainkan oleh 3-8 pemain dalam waktu 15-30 menit setiap permainannya. 

Kartu Kakak Teladan : Episode Balanja ini dapat kamu peroleh seharga Rp174.000,00 untuk 60 kartu bermain dan 1 rule book di dalamnya. 

4. Linimasa

4. Linimasa
shopee.co.id

Belajar sejarah seringkali terasa membosankan, ada banyak tokoh penting, perisiwa, peninggalan, juga masa yang perlu kita ketahui. Tetapi kini belajar sejarah tidak lagi menjadi sesulit itu melalui permainan kartu Linimasa. 

Permainan kartu Linimasa menyuguhkan cara bermain kartu yang berbeda. Di sini para pemainnya diajak menyusuri kembali jejak-jejak perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan.

Di dalamnya, ada berbagai peristiwa sejarah penting Indonesia dari masa penjajahan di tahun 1900-an hingga kemerdekaan. Contohnya seperti peristiwa sejarah: terbentuknya Budi Utomo, momen pembacaan teks Proklamasi dan lainnya.

Linimasa sendiri juga dilengkapi dengan aplikasi kuis dan AR (Augmented Reality). Anak mama dapat menscan kartu tokoh sejarah dan nantinya mereka dapat melihatnya dalam bentuk animasi 3 dimensi (3D) lengkap dengan narasi serta suara asli pada tokoh-tokoh tersebut, seperti Pidato Proklamasi Bung Karno, ataupun Orasi Bung Tomo saat Pertempuran Surabaya.

Permainan ini dimainkan oleh 1-4 orang dengan durasi bermain 15 Menit dan sebaiknya diberikan pada anak berusia 8 tahun ke atas. Permainan kartu Linimasa dibanderol dengan harga Rp 85.000,00. 

5. MathCat

5. MathCat
shopee.co.id

Belajar sambil bermain tentunya sangat menyenangkan. Pelajaran sesulit apapun jika dilakukan sambil bermain akan lebih mudah anak pahami, termasuk pelajaran sesulit matematika. 

Math Cat merupakan permainan kartu yang mengajak anak belajar matematika sambil bermain bersama kucing-kucing lucu yang menggemaskan. MathCat memiliki 2 mode permainan yang bisa kamu pilih, yaitu: mode santai dan mode cepat.

Dalam MathCat, pemain diharuskan menarik perhatian lucing-kucing lucu dengan cara memberi umpan-umpan melalui angka tertentu. Pemain dapat melakukannya menggunakan pertambahan, pengurangan, pembagian, ataupun perkalian. Jika total angka dari kartu-kartu umpan sesuai angka kemauan si Kucing, maka kartu kucing, dapat diambil dan menjadi 1 poin. Menarik bukan?

Permainan kartu ini dimainkan oleh 2-4 orang selama 15-30 menit untuk usia anak 8 tahun ke atas. Mama dapat memperoleh permainan kartu edukatif ini seharga Rp 90.000,00 saja. 

6. Wilah

6. Wilah
shopee.co.id

Polusi, lingkungan yang rusak, dan sampah akhir-akhir ini menjadi salah satu permasalahan global yang sangat diperhatikan. Anak-anak sebagai calon generasi penerus sedari dini perlu mengetahui pentingnya menjaga lingkungan. Mama dapat memulainya dari permainan kartu ini. 

Wilah merupakan permainan kartu yang mendidik anak memilah sampah dengan baik. Sampah-sampah seperti sampah organik dan anogranik perlu dipilah. Mengapa? Agar sampah organik lebih mudah terurai, juga mengurangi bau tak sedap yang dihasilkan. 

Permainan kartu Wilah ditunjukan untuk anak berusia 7 tahun ke atas dengan jumlah pemain 2-6 orang. Permaian ini dilakukan selama 5-15 menit dengan mekanik berupa dexterity, real-time, picture recognition. 

Mama dapat memperoleh kartu edukatif ini seharga Rp65.000,00. Dalam setiap paketnya kamu akan mendapatkan 52 Kartu Wilah dan 1 buku petunjuk cara bermain. 

Itulah dia 6 rekomendasi permainan kartu yang edukatif buat anak mama. Belajar tidak perlu selamanya dari buku, permainan kartu pun dapat menjadi sarana anak memperkaya pengetahuan dan keterampilan anak-anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.