Menjaga Kesehatan Pencernaan, Ini Rekomendasi Suplemen Probiotik Anak

Pastikan sistem pencernaan anak terjaga melalui suplemen probiotik ini.

2 Februari 2021

Menjaga Kesehatan Pencernaan, Ini Rekomendasi Suplemen Probiotik Anak
Freepik/8photo

Kesehatan pencernaan anak sangatlah penting karena mempenagruhi tumbuh kembang anak. Itulah mengapa seringkali kamu memberikan beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan pencernaannya, termasuk probiotik. 

Probiotik merupakan mikroorganisme yang berada di dalam pencernaan manusia. Probiotik ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti lambung dan usus anak dari berbagai penyakit, termasuk diare.

Probiotik bekerja dengan cara mengganti bakteri "baik" yang hilang di dalam tubuh dan menyeimbangkannya agar pencernaan berfungsi dengan baik. Probiotik juga berperan meneruskan makanan atau minuman yang telah ditelan sehingga dapat dicerna dengan baik. 

Ada berbagai cara bagi anakmu untuk memperoleh kebaikan probiotik. Seperti salah satunya mengonsumsi suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan probiotik anak.

Popmama.com akan memberikan 6 rekomendasi suplemen probiotik untuk anak. Selalu jaga kesehatan si Anak dengan baik ya!

1. Perhatikan hal ini sebelumnya

1. Perhatikan hal ini sebelumnya
Freepik/Poringdown

Suplemen probitik tersebar secara luas di pasaran dan dapat kamu peroleh dengan cukup mudah, baik dalam bentuk kapsul, bubuk, tablet juga ekstrak cair. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan sebelumnya. 

Umumnya pemberian suplemen probiotik diberikan sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Dokter akan merekomendasikan suplemen ini pada anak-anak dengan masalah pencernaan, seperti diare yang terjadi berhari-hari.

Suplemen probiotik juga sebaiknya diberikan pada anak dengan beberapa kondisi tertentu. Anak yang sering mengonsumsi antibiotik membutuhkan suplemen probiotik guna mengganti bakteri "baik" yang hilang di dalam tubuhnya. Anak dengan turunan alergi juga membutuhkan suplemen ini agar meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. 

Jika anak mama tidak termasuk keduanya, lebih baik mereka mendapatkan asupan probiotik melalui sumber makanan, seperti yoghurt, kefir, tempe, juga kimchi. Gunakan suplemen hanya sebagai tambahan saja, bukan yang utama. 

2. Fit-O

2. Fit-O
shopee.co.id

Apakah Mama pernah mendengar mengenai Fit-O? Akhir-akhir ini produk suplemen harbal Fit-O menjadi viral karena efektif membantu kesembuhan beberapa pasien virus corona. Produk suplemen dari malang ini bahkan telah melalui uji coba sejak Maret 2020 lalu juga telah mendapat izin resmi dari TR BPOM. T

Fit-O sendiri merupakan produk herbal probiotik yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menyembuhkan penyakit akibat virus. Suplemen herbal ini merupakan formula probiotik yang telah diformulasi dengan teknologi Jepang sehingga terjamin kualitasnya. 

Fit-O mengandung ekstrak temulawak, ekstrak kunyit, dan juga ektrak tanaman brotowali. Bahan-bahan tersebut termasuk bahan herbal yang aman bagi tubuh. Untuk penggunaannya, anak mama yang berusia 5 tahun ke atas dapat mengonsumsi suplemen ini 1 sendok teh (2,5 ml) satu kali sehari dan dapat dicampurkan dengan air putih atau madu. 

Suplemen Probiotik Fit-O tersedia dengan harga Rp80.000,00 sampai Rp110.000,00. 

Editors' Picks

3. Lacto-B

3. Lacto-B
shopee.co.id

Lacto-B merupakan produk suplemen probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, dan Streptococcus thermophilus. Dalam setiap sachetnya, Lacto-B memiliki kandungan sekitar 10 juta bakteri hidup. 

Suplemen probiotik ini bermanfaat membantu mengatasi diare, intoleransi laktosa, juga sembelit. Produk ini bermanfaat karena mengandung berbagai bakter "baik" termasuk beberapa vitamin dan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, protein, zinc, dan niasin. 

Suplemen probiotik ini dapat dikonsumsi oleh anak berusia 1-12 tahun, Dengan dosis anak usia 1-6 tahun 3 sachet sehari. Gunakan Lacto-B sesuai dengan aturan yang terdapat pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Lacto-B ini dapat Mama peroleh dengan harga sekitar Rp56.000,00 sampai Rp76.000,00 per kemasan dengan isi 10 sachet. 

4. Liprolac

4. Liprolac
gogobli.com

Liprolac merupakan suplemen untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan anak, termasuk mencegah penyakit seperti diare, IBS, IBD, konstipasi, dan intoleransi laktosa. Produk suplemen ini merupakan kombinasi dari prebiotik dan probiotik yang diproduksi dengan teknologi dual coating

Liprolac mengandung 5 kombinasi probiotik dan FOS dan dikemas dalam bentuk bubuk dengan rasa yang disukai anak-anak. Tidak hanya itu, suplemen probiotik ini juga mengandung vitamin dan mineral sebagai suplemen makanan. 

Anak mama dapat mengonsumsi suplemen ini sebelum ataupun sesudah makan, dengan cara diminum langsung atau dicampur ke dalam susu, air putih atau makanan. 

Liprolac tersedia dengan harga Rp186.000,00 - Rp220.000,00 per 1 box dengan isi 30 sachet. 

5. Rillus

5. Rillus
kalbemed.com

Suplemen probiotik selanjutnya dikenal dengan nama Rillus. Produk suplemen ini merupakan sinbiotik kombinasi dari probiotik dan prebiotik. Dan berguna untuk menyeimbangkan mikroflora di dalam saluran pencernaan anak. 

Rillus juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk menjaganya dari bahaya bakteri patogen yang mengganggu keseimbangan mikroflora. Termasuk menjaga tubuh dari penyakit pencernaan seperti diare. 

Rillus merupakan tablet kunyah, namun dapat juga dikonsumsi dengan cara ditelan langsung. Suplemen ini dapat dikonsumsi setelah ataupun sebelum makan. Dengan dosis satu tablet sehari atau sesuai dengan anjuran dokter. 

Oh ya, suplemen probiotik ini dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp190.000,00 sampai Rp248.000,00 per 1 box dengan isi 30. 

6. Synbio

6. Synbio
shopee.co.id

Produk suplemen probiotik untuk anak mama ialah Synbio. Suplemen ini merupakan sinbiotik, kombinasi probiotik dan prebiotik sebagai makanannya. Kombinasi keduanya membantu menyeimbangkan mikroflora di dalam saluran pencernaan. 

Synbio berkhasiat untuk menjaga saluran pencernaan dari beberapa gangguan cerna, seperti diare, IBS, IBD,, konstipasi, serta meningkatkan imunitas. Synbio diproduksi dengan kandungan Lactobacillus acidophilus dan Fructooligosaccharide (FOS). 

Anak usia 1-12 tahun dapat mengonsumsi suplemen ini 1 kapsul setiap harinya sebelum makan. Synbio ini tersedia dengan harga Rp118.000,00-Rp135.000,00 dengan isi 30 kapsul. 

Itulah rekomendasi merek suplemen probiotik untuk anak. Perhatikan pemberian suplemen probiotik sesuai dengan keterangan kegunaan ataupun anjuran dari dokter ini ya Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.