Atasi dengan Mudah, 7 Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan untuk Anak

Jika anak mama radang, kamu dapat mencoba memberikan obat-obat ini.

2 Februari 2021

Atasi Mudah, 7 Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Anak
Freepik

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering terjadi dan menganggu aktivitas anak-anak. Penyebab utama penyakit ini ialah infeksi virus. Namun ada juga penyebab lainnya, mulai dari konsumsi makanan pedas juga berminyak secara berlebih, atau bahkan akibat perubahan cuaca yang tidak menentu. 

Peradangan yang terjadi pada tenggorokan akan membuat anak merasa tidak nyaman. Mereka akan merasa sakit dan gatal pada bagian tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan anak akan kesulitan untuk makan. Tidak jarang jika mereka jadi tidak mau makan saat mengalami radang tenggorokan. 

Tidak cukup menganggu anak, radang tenggorokan juga dapat terjadi disertai demam dan membuat tubuh menjadi lemas. Kasihan sekali ya jika anak sampai terkena penyakit satu ini. 

Untungnya saat ini ada berbagai macam obat radang yang dapat anak mama konsumsi. Popmama.com punya rekomendasi obat radang tenggorokan untuk anak. Perhatikan baik-baik, Ma!

1. Cooling 5 Spray

1. Cooling 5 Spray
shopee.co.id

Cooling 5 adalah antiseptik untuk mulut dan tenggorokan yang memiliki bentuk spray. Mungkin Mama atau si Anak belum biasa mencoba obat jenis ini, tapi tenang saja karena Cooling 5 sangat berkhasiat dan mudah digunakan. 

Bahan aktif di dalamnya, yaitu phenol crystal berfungsi meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kuman, gejala flu, kurang minum, ataupun cuaca yang berubah. 

Obat ini sebaiknya Mama berikan pada anak berusia 7 tahun ke atas. Mama dapat menggunakannua dengan cara menyemprotkan ke tenggorakan, bukan ke lidah anak. Obat ini sebaiknya disemprotkan setiap  2-3 kali untuk sekali pemakaian, dan dapat diulang setiap 3 jam sekali sampai gejala radang tenggorokan reda. 

Obat ini tersedia di apotek ataupun toko online dengan kisaran harga Rp 27.000,00 – Rp 37.500,00. 

2. Enkasari

2. Enkasari
blibli.com

Kini kita beralih ke obat dengan bahan alami, yaitu Enkasari. Obat Enkasari sendiri termasuk sebagai obat kumur yang berfungsi menyegarkan mulut, termasuk mengobati sariawan dan radang tenggorokan. 

Enkasari terbuat dari bahan alami yang berkhasiat bagi tenggorokan, seperti sari daun saga, sari daun sirih, dan sari akar kayu manis. Karena berbahan dasar alami, obat ini dapat anak-anak telan.

Anak mama dapat mengonsumsi obat ini sebelum ataupun sesudah makan. Dengan takaran 2x sehari sebanyak15 ml. Gunakan obat ini dengan cara kumur-kumur lalu telan.

Enkasari dapat kamu beli seharga Rp24.000,00 per botolnya.

Editors' Picks

3. Hau fung san

3. Hau fung san
tokopedia.com

Tidak hanya Enkasari, obat herbal seperti Hau Fung San juga dapat membantu meredakan radang anak. Hau Fung San merupakan obat tradisional yang terbuat dari bahan bubuk jamu. Obat ini dikenal mampu mengatasi radang tenggorokan, sariawan, infeksi, tenggorokan kering, bahkan bau mulut.

Hau Fung San sebagai obat herbal bekerja dengan cara membunuh kuman yang berada di tenggorokan anak. Obat ini juga bekerja meningkatkan cairan di selaput lendir agar melumasi permukaan tenggorokan sehingga mengurangi rasa sakit akibat radang. 

Karena berbentuk bubuk, Mama dapat menaburkan obat ini sebanyak 100-200 mg atau secukupnya pada bagian mulut atau tenggorokan yang terasa sakit. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat kumur dengan menggunakan air hangat. Perlu diingat, obat ini sebaiknya tidak diberikan pada anak yang berusia 4 tahun ke bawah. 

Hau Fung San tersedia dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 6.000,00 sampai Rp 23.000,00.

4. Kurmaqu

4. Kurmaqu
shopee.co.id

Kurma memang dikenal sebagai buah yang memiliki khasiat bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi tenggorokan. Kurmaqu merupakan produk yang dibuat dari sari kurma dan madu herbal. Sehingga obat ini aman dan tidak memberikan dampak buruk ketika dikonsumsi anak. 

Produk herbal alami ini sangat bermanfaat bagi tubuh anak. Manfaatnya mulai dari menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan anak, mengatasi radang tenggorokan, serta menambah dan menormalkan tekanan darah. 

Anak mama dapat mengonsumsi Kurmaqu sehari 2 kali 1 sendok makan di pagi dan malam hari. Oh ya, Mama dapat memperoleh produk ini seharga Rp55.000,00 di apotek terdekat. 

5. Madu Antariksa

5. Madu Antariksa
Bukalapak.com

Selain kurma, madu merupakan bahan alami lainnya yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Mama dapat menemukan khasiat dari madu untuk mengatasi radnag tenggorokan anak melalui Madu Antariksa

Madu Antariksa merupakan obat herbal natural hasil dari kombinasi madu asli, temulawak, albumin ikan gabus dan juga gamat emas. Membuat Madu Antariksa memiliki berbagai manfaat, mulai dari meningkatkan sistem imun, mempercepat penyembuhan sakit, nutrisi pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan anak, serta mengatasi radang ternggorokan. 

Anak mama dapat mengonsumsi Madu Antariksa setiap harinya secara teratur dengan dosis 1 sendok makan, 3x sehari. 

Madu ini tersedia dengan harga sekitar Rp90.000,00 di apotek ataupun toko online. 

6. Sanjin Watermelon Frost

6. Sanjin Watermelon Frost
bukalapak.com

Sanjin Watermelon Frost merupakan obat hisap untuk masalah tenggorokan dengan rasa semangka yang pasti si Anak sukai. Obat ini mampu meredakan peradangan dalam tenggorokan, menghilangkan bengkak dan sakit, radang amandel, sariawan, serta menjernihkan suara. 

Sanjin Watermelon Frost memiliki bahan utama yaitu Watermelon Frost. Bahan utama tersebut juga dikombinasi dengan Herbal Fritillaria Cirroseae Bulbus. Produk tersebut dibuat berdasarkan resep tradisional lalu diproses dan diolah secara khusus dengan teknologi tinggi. Sehingga kualitas dan manfaat obat ini sudah tentu terjamin. 

Obat ini tergolong sebagai obat hisap yang dikonsumsi seperti memakan permen, pasti si Anak menyukainya, Sanjin Watermelon Frost dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp28.500,00 sampai Rp35.500,00. 

7. Strepsil

7. Strepsil
shopee.co.id

Mama mungkin pernah mendengar atau mencoba menggunakan obat hisap satu ini. Strepsil memang dikenal sebagai obat permen hisap yang berkhasiat meredakan peradangan tenggorokan, sakit tenggorokan akbiat infeksi, juga bau mulut. 

Dalam satu butir Strepsil terdapat 1,2 mg dichlorobenzyl alcohol dan 600 mcg amylmetacresol. Kedua kandungan ini merupakan antiseptik yang bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan juga keluhan peradangan di mulut. Termasuk membasmi bakteri dan virus yang menjadi penyebabnya. 

Anak mama dapat mengonsumsi permen hisap ini 1 butir setiap 2-3 jam. Sebaiknya Mama menghindari pemberian obat ini jika anakmu memiliki kondisi hipersensitif terhadap komponen juga intoleransi fruktosa. 

Strepsil termasuk obat bebas yang dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 12.000,00 – Rp 117.800,00. 

Perhatikan selalu ya Ma obat-obat radang yang kamu berikan pada si Anak. Pilihlah obat yang sesuai dengan usianya dan benar-benar bermanfaat untuknya.

Semoga informasi rekomendasi merek obat radang tenggorokan untuk anak, bisa berguna.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.