Tingkat Kemampuan Anak, Rekomendasi 7 Sekolah Sepakbola di Jakarta

Ada beberapa sekolah sepakbola di Jakarta yang bisa mengasah kemampuan anak, ini dia daftarnya!

2 Agustus 2020

Tingkat Kemampuan Anak, Rekomendasi 7 Sekolah Sepakbola Jakarta
Maxpixel/ CC0 Public Domain

Apakah anak mama suka bermain bola? Atau mungkin ia malah berkeinginan menjadi pemain sepak bola profesional di masa depan nanti. 

Memiliki cita-cita seperti itu sangatlah baik, karena dapat memotivasi anak dan meningkatkan kemampuan serta keterampilannya.

Di balik itu, si Kecil masihlah membutuhkan dukungan dan bantuan dari orangtua. 

Salah satu cara yang dapat orangtua lakukan untuk membantu anak merealisasikan kesukaannya terhadap dunia sepakbola, ialah dengan mendaftarkannya masuk ke sekolah sepakbola.

Mama tidak perlu khawatir, terdapat beberapa sekolah sepakbola yang telah berhasil mencetak para pemain hebat di Indonesia.  

Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi sekolah sepakbola di Jakarta.

Simak selengkapnya yuk!

1. Sekolah Sepakbola Liverpool Soccer Academy

1. Sekolah Sepakbola Liverpool Soccer Academy
liputan6.com

Ada beberapa klub sepakbola terkenal asal Eropa yang membuka sekolahnya di Indonesia guna melihat dan mengasah potensi pemain sepak bola muda di Indonesia.

Sekolah Sepakbola (SSB) ini tergolong bagus karena memiliki fasilitas lengkap dan pelatih yang bersertifikasi. Hal tersebut sesuai dengan harga yang mereka tawarkan untuk mendaftar masuk.

Mendaftar ke sekolah sepakbola ini membutuhkan biaya sebesar Rp 1,75 juta. Belum termasuk iuran bulanan yang tergantung dari jumlah pertemuan yang diinginkan. Jumlah pertemuan seminggu sekali membutuhkan biaya Rp 750.000 per bulan. Sedangkam pertemuan dua kali seminggu bernilai Rp 1,2 juta per bulan, dan tiga kali pertemuan seminggu bernilai Rp 1,6 juta per bulan. Dengan durasi latihan 2 jam setiap pertemuannya.

2. Sekolah Sepakbola Chelsea Soccer School indonesia

2. Sekolah Sepakbola Chelsea Soccer School indonesia
idntimes.com

Sekolah sepakbola berikutnya juga masihlah merupakan sekolah yang didirikan oleh klub sepakbola ternama Eropa. SSB Chelsea FC Indonesia didirikan di Jakarta Utara.

Tak kalah dengan sekolah sepakbola lainnya, sekolah ini juga mampu memfasilitasi anak-anak yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional. Dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan pelatih profesional dengan sertifikasi langsung dari FC Chelsea. Jumlah pelatih pun sangat memadai dan memungkinkan sekolah ini untuk menampung banyak peserta didik.

Untuk masalah biaya, sekolah ini memakan biaya yang cukup besar. Sekitar Rp 1,2 juta untuk biaya masuk, dan sebesar Rp. 880.000,00 untuk biaya setiap sesinya. Oh iya, setiap sesi latihan berlangsung selama 1,5 jam saja. 

Editors' Picks

3. FC Barcelona Escola Indonesia

3. FC Barcelona Escola Indonesia
idntimes.com

Sebagai salah satu klub sepakbola yang terkenal di dunia, FC Barcelona juga mendirikan sekolah sepakbolanya di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Sekolah satu ini bertempat di Jl. M.H. Thamrin, The Plaza Ofice Tower, Jakarta.

Untuk masalah tempat dan pelatih, Mama tak perlu khawatir. Sekolah ini memiliki tempat latihan yang cukup luas, yaitu terdapat di lapangan Sentul (Bogor). Lengkap dengan pelatih senior yang akan mendidik anak mama dengan gaya permainan ala Barcelona.

Setiap tahunnya, SSB milik FC Barcelona ini membuka pendaftaran bagi 250 orang. Dengan syarat berusia 5-11 tahun.

Namun biaya sekolah inicukuplah mahal, yaitu sebesar 10 juta per bulannya. Mengingat sekolah ini memberi kesempatan peserta didiknya untuk langsung bermain di luar negeri ketika mereka lulus.

4. Sekolah Sepakbola Real Madrid

4. Sekolah Sepakbola Real Madrid
bola.okezone.com

Beralih ke sekolah sepak bola miliki grup ternama dunia lainnya, yaitu Sekolah Sepakbola Real Madrid. Sekolah ini merupakan binaan langsung dari klub besar Real Madrid. 

Untuk memasuki sekolah, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Seperti harus berusia antara 6-16 tahun. Juga membayar biaya masuk sekitar Rp. 100.000,00. Namun biaya itu sudah lebih dari cukup mengingat anak mama berkesempatan bertemu dan berlatih langsung dengan pemain utama Real Madrid.

4. Sekolah Sepakbola ASIOP APACINTI

4. Sekolah Sepakbola ASIOP APACINTI
indonesiajuniorleague.com

Berdiri sejak tahun 1997, sekolah satu ini merupakan salah satu SSB terbaik di Indonesia. Terbukti karena berhasil mencetak pemain-pemain berkualitas secara konsisten.

Ada banyak pemain tim nasional yang berasal dari sekolah ini. Sebut saja seperti Adam Alis, Andritany Ardhiyasa, Egy Melgiansyah dan Achmad Jufriyanto. Mereka semua merupakan pemain yang berasal dari ASIOP.

Tidak hanya melahirkan para pemain bagus, ASIOP sendiri juga telah meraih banyak prestasi di dalam negeri maupun internasional. Dari tahun 2010, akademi ini sudah meraih kurang lebih 30 gelar. Salah satunyaialah gelar juara Danone Nations Cup pada tahun 2013 silam. 

6. Sekolah Sepakbola Indonesia Muda

6. Sekolah Sepakbola Indonesia Muda
ssbimutara.wordpress.com

Sekolah sepakbola satu ini telah berdiri cukup lama, yaitu sejak tahun 1996. Sekretariatnya dan tempat latihannya terletak di Stadion Tugu, Jalan Logistik no. 1, Jakarta Utara.

Sekolah ini didirikan sebagai upaya memerangi penyalahgunaan obat-obatan terlarang pada anak muda Indonesia. Salah satu cara yang mereka lakukan ialah dengan mendukung minat dan bakat anak-anak muda pada dunia olahraga. 

Tidak berhenti di situ, sekolah ini dikekola oleh sejumlah tenaga pendidik yang berkualitas, bahkan terdapat satu instruktur yang bersertifikat dari FIFA. Inilah mengapa sekolah ini berhasil meraih beberapa prestasi yang membanggakan.

7. Sekolah Sepakbola Palapa

7. Sekolah Sepakbola Palapa
findglocal.com

SBB rekomendasi terakhir ialah Sekolah Sepak Bola Palapa. Sekolah ini sendiri didirikan di DKI Jakarta pada tahun 1999 dan masih aktif hingga tahun 2020 kini. Terdapat sekitar 40 orang peserta didik yang menuntut ilmu di sekolah ini

Selama 20 tahun lebih sekolah ini juga telah mencetak beberapa prestasi, seperti menjadi juara II Piala soeratin DKI Jakarta tahun 2020 untuk kategori U-16. 

Mama dapat menemukan SBB Palapa di perumahan Mahkota Simprug Blok D 5 Nomor 12 Larangan Selatan. Sekolah ini juga memiliki kandang (home base) di Lapangan Pemadam, Jalan Joglo Baru RT05/06, Kelurahan Joglo, Jakarta Barat.

Itulah beberapa rekomendasi sekolah sepakbola untuk anak di Jakarta. Semoga si Kecil bisa mengasah bakatnya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.