7 Tanaman Unik Ini Ternyata Dapat Tumbuh di Air, Beri Tahu Anak Yuk

Yuk berkenalan dengan tanaman-tanaman unik ini!

15 September 2021

7 Tanaman Unik Ini Ternyata Dapat Tumbuh Air, Beri Tahu Anak Yuk
Pexels/Hiếu Hoàng

Dunia tumbuhan rasanya tidak pernah habis untuk dibahas. Ada banyak sekali jenis tumbuhan yang unik bahkan aneh di dunia. Tumbuhan pemakan serangga, yang berbau, yang bunganya cantik, dan masih banyak lagi. Salah satunya tumbuhan yang hidup di atas air. 

Tumbuhan memiliki berbagai tempat hidup yang berbeda, ada yang hidup di darat, di tanah, di padang pasir, bahkan di air. Tumbuhan yang hidup di air sering disebut sebagai hidrofit. 

Tumbuhan air memiliki ciri-ciri dapat mengapung di atas air, memiliki permukaan daun berongga, akar yang kecil, dan batang yang berongga. Tumbuhan ini hidup dengan mengekstraksi oksigen dari air. 

Kamu penasaran tidak tumbuhan apa saja yang dapat hidup di air? Bersama Popmama.com, yuk kita cari tahu 7 jenis tumbuhan yang hidup di air!

1. Teratai

1. Teratai
Pixabay/kimdaejeung

Ketika membayangkan bunga yang dapat hidup di air, pastinya kita langsung membayangkan teratai. Tidak salah, sebab teratai memang salah satu tumbuhan yang kita sering jumpai tumbuh di air.

Bunga teratai umumnya hidup di danau, kolam, atau perairan yang tenang.Dan dapat tumbuh hingga mencapai ukuran yang cukup besar, yaitu hingga 45 sampai 90 cm. 

Tanaman air ini memiliki bunga warna-warni dengan daun yang indah. Tidak heran, teratai sering digunakan sebagai tanaman untuk menghias kolam ikan.

2. Eceng gondok

2. Eceng gondok
gardeningknowhow.com

Tidak kalah populer dari teratai, ada juga bunga hias eceng gondok. Tanaman air satu ini berasal dari Brazil dan dapat berkembang biak dengan cepat. 

Eceng gondok merupakan tanaman hias air yang terkenal di Indonesia. Tanaman ini eceng gondok bahkan dapat dibudidayakan sebagai bahan pakan ternak dan kerajinan. Eceng gondok sendiri dapat tumbuh secara liar di danau, sungai, dan rawa.

Dalam jumlah banyak, eceng gondok dapat dianggap sebagai gulma. Sebab tanaman ini dapat menghalangi mahluk hidup di dalam air untuk mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Editors' Picks

3. Bambu air

3. Bambu air
weedbusters.org.nz

Bambu yang biasa kita jumpai merupakan tanaman yang unik. Lihat saja, bambu memiliki batang yang tebal dan beruas-ruas. Namun faktanya ada bambu unik lainnya yang dapat hidup di air. 

Bambu air merupakan tumbuhan air dan dapat dijadikan tanaman hias. Bambu ini memiliki habitat asli di tepi sungai dan rawa-rawa. Bambu air tidak dapat tumbuh tinggi seperti bambu pada umumnya. Ia hanya dapat tumbuh sepanjang 3 meter saja.

4. Melati air

4. Melati air
projectnoah.org

Anak-anak pastinya tidak asing dengan bunga cantik dengan aroma yang harum ini. Ya betul, inilah bunga melati. Tahu tidak kalau ternyata melati tidak hanya tumbuh di darat saja. Faktanya ada juga lho bunga melati yang tumbuh di air. 

Melati air merupakan salah satu tanaman unik yang hidup di air, Bunga ini memiliki kelopak putih dan besar. Di tengahnya juga terdapat putik atau benang sari berwarna kuning. 

Berbeda dengan melati pada umumnya, melati air tidak memiliki wangi yang semerbak.

5. Lotus

5. Lotus
powo.science.kew.org

Banyak yang menyangka tanaman lotus dan teratai itu jenis tumbuhan yang sama. Meskipun memiliki banyak kesamaan, ternyata teratai dan lotus sangatlah berbeda. 

Lotus dan teratai sama-sama hidup di air. Lotus memiliki kelopak bunga yang lebih bulat dan besar dibandingkan dengan teratai yang memiliki kelopaak agak panjang dan runcing. 

Lotus memiliki batang bunga yang dapat menjulang ke atas air hingga satu meter. Sehingga daun dan bunganya tidak mengambang di atas air. Berbeda dengan teratai yang bunganya berada di atas air. 

6. Apu-apu

6. Apu-apu
gardeningknowhow.com

Apu-apu memiliki bentuk dan warna yang lucu, Tanaman ini merupakan tanaman air yang umumnya hidup di perairan yang tenang seperti kolam, ataupun danau. 

Apu-apu memiliki nama latin Pistia Stratiotes. Tumbuhan ini sering ditemukan mengapung pada permukaan air. Tidak hanya tinggal di perairan yang tenang, terkadang apu-apu juga dapat ditemukan di rawa-rawa dengan kadar airnya cukup. 

Tanaman ini sering digunakan sebagai pelindung akuarium. 

7. Cape pond

7. Cape pond
randomharvest.co.za

Tanaman unik terakhir yang dapat hidup di air ialah cape pond. Tanaman ini memiliki nama latin Aponogeton distachyos dan berasal dari Afrika Selatan. 

Cape pond merupakan tanaman yang unik. Bukan hanya bentuk bunganya yang mirip seperti bunga di daratan, tanaman ini juga memiliki banyak fungsi. Seperti dapat digunakan sebagai hiasan akuarium, bahkan dapat dimakan dan sering digunakan dalam hidangan khas Afrika Selatan.

Itulah 7 tanaman unik yang dapat hidup di air. Ada banyak sekali jenis-jenis tanaman unik lainnya yang perlu kamu ketahui. Yuk pertambah ilmumu dengan membaca atau mencari informasi baru yang bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.