Dalil Hari Kiamat yang Perlu Orangtua Ajarkan pada Anak

Hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui kapan datangnya hari Kiamat

2 April 2021

Dalil Hari Kiamat Perlu Orangtua Ajarkan Anak
Pexels/Gabby K

Setiap umat Islam wajib meyakini datangnya hari akhir atau Kiamat. Maka, orangtua perlu mengajarkan anak untuk beriman pada hari Kiamat karena perkara ini telah tertera dalam rukun iman.

Hari Kiamat merupakan hari dimana seluruh bumi dan isinya musnah. Meski datangnya hari Kiamat hanya Allah SWT yang mengetahuinya, tetapi hari itu pasti datang sehingga setiap muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah dan ajaran-ajaran agama Islam lainnya dengan sebaik mungkin. 

Hal ini karena seluruh umat akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT semasa hidup di dunia. Jadi, sampaikanlah pada anak mama untuk tidak menyia-nyiakan waktu karena perbuatan baik dan buruk yang dilakukan akan ada balasannya. 

Selain itu, ajarkanlah anak tentang dalil-dalil yang menyebutkan tentang hari Kiamat. Bukan untuk menakut-nakuti, melainkan agar anak mengimani dan memahami hari Kiamat secara menyeluruh. 

Berikut Popmama.com rangkum firman Allah SWT dalam Alquran dan hadis Rasulullah SAW yang menjadi dalil tentang Hari Kiamat sebagai bahan pembelajaran bagi anak, Ma. 

1. Hanya Allah SWT yang mengetahui hari Kiamat

1. Ha Allah SWT mengetahui hari Kiamat
Pexels/Mukhtar Shuaib

Sama seperti penjelasan sebelumnya, tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan datangnya hari Kiamat. Hanya Allah SWT Sang Pencipta lah yang Maha Mengetahui. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran berikut ini. 

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir: "Kapankah terjadinya?"

Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba."

Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.

Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."” 

(QS. Al-A'raaf: 187)

Editors' Picks

2. Kelak, hari Kiamat pasti akan datang

2. Kelak, hari Kiamat pasti akan datang
Pexels/Rayn L

Meski hanya Allah SWT yang mengetahui hari Kiamat, tetapi setiap umat Islam wajib meyakini dan mempercayai bahwa Kiamat memang akan datang kelak. 

Hal ini telah dijelaskan dalam Alquran yang berbunyi.

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Artinya: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS. Al-Hajj: 7)

Jadi, ajarkanlah pada anak untuk beriman pada hari Kiamat. Selain itu, arahkan juga mereka untuk menunaikan ibadah serta mengerjakan ajaran-ajaran agama Islam lainnya sebagai bekal yang dapat melindungi diri dari siksa kubur dan api neraka. 

3. Hari Kiamat akan terjadi pada hari Jumat

3. Hari Kiamat akan terjadi hari Jumat
Pexels/Gabby K

Perlu anak mama ketahui bahwa meskipun hanya Allah SWT yang mengetahui kapan datangnya hari Kiamat, tetapi menurut penjelasan hadis, Allah SWT memberi tahu bahwa kiamat terjadi pada hari Jumat.

Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Sebaik-baik matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukan ke dalam surga dan pada hari Jumat itu juga dia dikeluarkan dari surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim No. 854)

Terdapat juga hadis lain yang menegaskan bahwa hari Kiamat terjadi pada hari Jumat. 

Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ 

Artinya: “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” (HR. Abu Daud)

4. Dalil yang menggambarkan kondisi hari Kiamat

4. Dalil menggambarkan kondisi hari Kiamat
Pexels/Pixabay

Terdapat banyak dalil dalam Alquran yang berkaitan dengan hari Kiamat. Hingga kondisi hari Kiamat pun dijelaskan secara rinci. 

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Al-Qariah ayat 4-5:

يَوْمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلْفَرَاشِ ٱلْمَبْثُوثِ

Artinya: “Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,”

وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ

Artinya: “Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”

Allah SWT juga menggambarkan betapa dahsyat kondisi hari Kiamat karena seluruh bumi dan isinya akan lenyap. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Surat Az-Zalzalah ayat 1-2.

إِذَا زُلْزِلَتِ ٱلْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

Artinya: “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),”

وَأَخْرَجَتِ ٱلْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

Artinya: “Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya.”

Selain itu, Allah SWT berfirman dam Surat Al-Muzzammil Ayat 18 yang berbunyi:

ٱلسَّمَآءُ مُنفَطِرٌۢ بِهِۦ ۚ كَانَ وَعْدُهُۥ مَفْعُولًا

Artinya: “Langit(pun) menjadi pecah belah pada hari itu. Adalah janji-Nya itu pasti terlaksana.”

5. Seluruh umat muslim akan dimintai pertanggungjawaban

5. Seluruh umat muslim akan dimintai pertanggungjawaban
Pexels/Hebert Santos

Setelah menjelaskan dalil-dalil datangnya hari Kiamat yang pasti akan terjadi. Orangtua juga sebaiknya menyampaikan pada anak bahwa setiap umat muslim di dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban atas seluruh perbuatannya semasa hidup.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran berikut ini.

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya: “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az-Zumar: 68)

Jadi, ajarkanlah anak mama untuk menunaikan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Sesungguhnya, perbuatan baik dan buruk akan memperoleh balasan. 

Hal ini telah diterangkan dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

ٱسْتَجِيبُوا۟ لِرَبِّكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ يَوْمٌ لَّا مَرَدَّ لَهُۥ مِنَ ٱللَّهِ ۚ مَا لَكُم مِّن مَّلْجَإٍ يَوْمَئِذٍ وَمَا لَكُم مِّن نَّكِيرٍ

Artinya: “Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu).” (QS. Asy-Syura: 47)

Itulah dalil tentang Hari Kiamat yang sebaiknya Mama dan Papa sampaikan pada anak. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.