Manfaat Membiasakan Bercanda dalam Keluarga, Biar Tambah Harmonis

Bercanda menjadi kegiatan sederhana yang memiliki banyak dampak positif, Ma

28 Oktober 2020

Manfaat Membiasakan Bercanda dalam Keluarga, Biar Tambah Harmonis
Unsplash/Nathan Dumlao

Keluarga menjadi tempat pertama bagi anak-anak untuk bermain, belajar, hingga bersosialisasi. Jadi, peran orangtua sangat penting bagi si Kecil. 

Salah satu kegiatan yang melibatkan permainan dan sosialisasi, yaitu bercanda. Dengan bercanda, Mama dan Papa dapat mengenalkan anak pada batasan humor yang sehat. 

Bercanda bisa menjadi pilihan hiburan di rumah. Keharmonisan dalam keluarga pun dapat terbentuk melalui bercanda.

Selain itu, ada banyak dampak positif yang akan didapatkan keluarga Mama dari bercanda, lho. Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan manfaat bercanda dalam keluarga agar keluarga harmonis

1. Hiburan setelah lelah beraktivitas

1. Hiburan setelah lelah beraktivitas
Unsplash/Allen Taylor

Setiap orang yang telah beraktivitas seharian, tentu saja akan merasa lelah sehingga perlu waktu istirahat. Selain beristirahat dengan tidur, baik orangtua maupun anak-anak membutuhkan suasana yang santai di rumah. 

Apabila antar anggota keluarga cukup sering bercanda, suasana santai nan menenangkan akan mudah didapatkan. Selain itu, seringnya bercanda dalam keluarga bisa menjadi pilihan hiburan di kala lelah. 

Berbeda dengan hiburan di gadget, hiburan dalam bentuk bercanda dalam keluarga ini akan lebih efektif untuk menghilangkan penat.

Dengan terbiasa bercanda, orangtua dan anak-anak pun akan lebih mudah mendapatkan hiburan yang seru nan murah di rumah. 

Editors' Picks

2. Menciptakan hubungan yang erat antar orangtua dan anak

2. Menciptakan hubungan erat antar orangtua anak
Unsplash/Yoab Anderson

Adanya perbedaan usia maupun zaman antara orangtua dengan anak-anak seringkali menghadirkan hubungan yang kaku. Namun, permasalahan ini dapat diatasi dengan bercanda di rumah. 

Apabila kebiasaan bercanda dalam keluarga telah terbentuk, hubungan Mama dan Papa dengan buah hati akan melekat. Jadi, tidak hanya dekat secara fisik, tetapi erat juga dengan batin. 

Bahkan, kebiasaan humor ini bisa membuat hubungan keluarga menjadi layaknya teman. Orangtua dan anak-anak pun akan saling merasa nyaman. 

3. Si Kecil akan lebih terbuka pada Mama dan Papa

3. Si Kecil akan lebih terbuka Mama Papa
Unsplash/National Cancer Institute

Seringnya candaan dalam keluarga akan membentuk rasa nyaman dan aman bagi anak-anak terhadap orangtua. Jadi, si Kecil dapat lebih terbuka dalam beragam hal, Ma. 

Kebiasaan saling bertawa canda akan memudahkan anak untuk bercerita pada Mama dan Papa tentang masalah yang dihadapinya. Orangtua pun akan lebih memahami apa yang dirasakan anak. 

Selain itu, orangtua juga akan lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu pada anak. Bahkan, sesuatu yang cukup sensitif sekalipun. Hal ini karena suasana yang nyaman dan aman telah terbentuk dengan baik. 

4. Terhindar dari pertengkaran

4. Terhindar dari pertengkaran
Unsplash/National Cancer Institute

Dengan adanya suasana yang penuh tawa dan keceriaan di rumah karena bercanda, hubungan keluarga akan berjalan lebih harmonis.

Pertengkaran pun dapat dihindari, seberat apapun masalahnya. Jadi, masalah apa saja tetap bisa dibawa santai. 

Sebaliknya, jika di rumah terbiasa kaku tanpa humor. Masalah sepele mungkin saja menyebabkan cek cok antara orangtua dan anak. 

5. Hubungat tetap lekat, meski jarak tidak lagi dekat

5. Hubungat tetap lekat, meski jarak tidak lagi dekat
Unsplash/Natalya Zaritskaya

Suasana rumah yang penuh tawa canda akan menghadirkan kedekatan dalam keluarga. Momen seperti ini biasanya akan selalu teringat dalam hati orangtua maupun anak. 

Jadi, hubungan keluarga akan tetap erat, meski Mama, Papa, dan buah hati mungkin saja akan tinggal terpisah. Tak bisa dipungkiri karena ketika anak-anak dewasa, mereka pasti akan menjalani hidup mandiri.

Entah untuk pergi merantau karena kerja, kuliah, atau mungkin menikah. Meskipun tak memungkinkan untuk sering pulang menjenguk orangtua, obrolan melalui telepon atau video call pun akan terasa hangat dan lekat.

Itulah manfaat bercanda dalam keluarga yang bisa membuat hubungan keluarga harmonis. Selama ini, Mama mungkin menganggap bercanda dalam keluarga merupakan hal yang sepele. Namun, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, ya.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.